• Ini Pemenang Final Show ANFA 2020 yang Mewakili Indonesia

    Fashion / News


    Ini Pemenang Final Show ANFA 2020 yang Mewakili Indonesia

    Melihat tampilan ajang kompetisi mode dalam visualisasi yang baru dengan pengumuman dua nama pemenang.


    Asia NewGen Fashion Award (ANFA) 2020 akhirnya tiba di babak final tahap nasional yang digelar untuk pertama kalinya dalam format visual motion, menyuguhkan pengalaman fashion show yang baru di tengah pandemi Covid-19.

    Tahun ini, agenda rutin inisiasi majalah Harper's Bazaar wilayah Asia Tenggara tersebut mengusung tema sustainability sebagai gerakan peduli terhadap lingkungan dan juga mengurangi limbah fashion. Delapan finalis berhasil ke tahap akhir dengan memamerkan koleksi mereka Sabtu malam kemarin melalui Cinematic Virtual Fashion Show kreasi multimedia artist Eldwin Pradipta.

    Satu per satu model yang telah dirias oleh tim Sari Ayu berpose mengikuti alur konsep rancangan seraya unjuk inovasi dan karakter desain para finalis yang apik dalam mengolah material upcycle serta penerapan teknik pembuatan yang minimal to zero-waste. Sejumlah look juga diperkaya masker modis sebagai pelindung dan objek gaya kala kini. 





    Mereka adalah adalah Alyza Bachmid yang terinspirasi dari gaya bohemian khas 1960-an dan memakai material organik dari sumber pengrajin lokal untuk rancangannya;

    Astrid Nadia Wiranata menggambarkan kisah pribadinya lewat setelan jas hingga kebaya dalam kemasan kontemporer;


    Aulya Akhsan yang menggabungkan dunia otomotif dengan panorama street style lewat tekstil bekas;


    Clara Valencia mengeksplorasi power suit movement era 1980-an dalam wujud mantel, jaket, dan blus atraktif;



    Denniel Richard menyulap material vintage atau bahan sisa dalam potongan dekonstruksi tanpa lintas gender;


    Gracelyn Liauw dengan tajuk Consumerism mengusung teknik patchwork dari modifikasi bahan upcycle;



    Monique Lovita meramu flora dan fauna Indonesia dalam nuansa organik serta teknik eco-friendly;


    Sementara, Stefanie Evelyn mewujudkan imaji sains, alam, dan lingkungan dengan permainan 3D print ke dalam busana sculptural namun tetap wearable


    Setelah melalui penjurian ketat oleh para tokoh mode Tanah Air, yakni Ria Lirungan (Editor-in-Chief of Harper's Bazaar Indonesia), Michael Pondaag (Fashion Director of Harper's Bazaar Indonesia), Christine Barkie (Head of Fashion & Toys, Home Living Beauty and Sports Business Unit JD.ID), Stephanie Susilo (Head of Fashion and Toys Category JD.ID), Jeremy Quek (Commercial Director PT. Sri Rezeki Isman TBK), Ria Juwita (Event Promotion Senior Manager & Creative Services PT. Plaza Indonesia), fashion desainer Didi Budiardjo dan Sebastian Gunawan; maka hadirlah nama pemenang dari kompetisi bergengsi ini. 



    Alyza Bachmid memperoleh predikat juara pilihan Plaza Indonesia.



    Kemudian, Denniel Richard dan Stefanie Evelyn didaulat sebagai pemenang ANFA 2020 yang akan melaju ke tingkat regional juga mendapat pendidikan di Instituto di Moda Burgo. 



    Denniel dan Stefanie turut berkesempatan untuk membangun capsule collection mereka dengan tekstil persembahan Sritex yang diluncurkan secara eksklusif di situs e-commerce JD.ID. 


    Acara ini disponsori oleh JD.ID dan didukung oleh Plaza Indonesia, Instituto di Moda Burgo, Sritex, Optik Seis, dan Sari Ayu. 

    (Photo: Dok. Bazaar)









- RELATED ARTICLE -