• Sambut HUT RI, Ini 15 Rekomendasi Film Indonesia di Netflix!

    Culture / News


    Sambut HUT RI, Ini 15 Rekomendasi Film Indonesia di Netflix!

    Kibarkan kembali semangat nasionalisme Anda dengan karya anak bangsa!


    Menyambut hari jadi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk ikut serta memperingatinya. Salah satunya adalah dengan mengibarkan kembali semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air lewat menonton film-film karya anak bangsa.

    Sekarang ini, koleksi film Indonesia telah banyak tersedia di platform streaming online, seperti Netflix. Di bawah ini Bazaar telah memilih 15 judul film Indonesia yang mungkin dulu Anda lewatkan di bioskop, dan kini dapat Anda tonton bersama keluarga di rumah.

    1. Semesta





    Tayang perdana pada awal tahun ini, Semesta yang merupakan hasil produksi aktor kawakan Tanah Air, Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin adalah sebuah film dokumenter yang mengangkat tujuh kisah dari tujuh provinsi yang ada di Indonesia, menyimpulkan satu keprihatinan yaitu isu alam dan lingkungan.

    Nyatanya tidak memandang agama, etnis, maupun golongan, urgensi mengenai perubahan iklim terkhususnya di Indonesia yang makin hari makin memprihatinkan menjadi topik utama yang dibahas selama 90 menit. Akan mulai tayang di Netflix pada tanggal 17 Agustus 2020, kabar bahagia ini pun dibagikan langsung oleh Nicholas Saputra lewat akun resmi Twitter-nya. “#filmsemesta akan mulai tayang di Netflix tanggal 17 Agustus 2020, dan bisa diakses dari seluruh dunia. Selamat Menonton :),” ungkapnya.


    2. Guru-Guru Gokil



    Juga akan hadir di platform Netflix pada 17 Agustus 2020, film yang dibintangi oleh Gading Marten dan juga Dian Sastrowardoyo (film ini juga diproduseri sendiri oleh Dian Sastrowardoyo) mengisahkan tentang sosok pria bernama Taat Pribadi (diperankan oleh Gading Marten) yang terpaksa harus beralih profesi menjadi seorang guru walaupun itu merupakan pekerjaan yang paling tidak ia sukai.

    Membayangkan pekerjaan barunya akan lancar? Semua itu pun sirna ketika tiba-tiba terjadi pencurian di sekolah tempat ia mengajar. Terancam tidak akan menerima gaji karena insiden tersebut, Taat pun akhirnya bekerja sama dengan para guru dan anak muridnya untuk mengambil kembali uang curian dari tangan para penjahat.

     

    3. Soekarno



    Mengangkat kisah dari sosok yang memiliki andil paling besar di balik kemerdekaan NKRI, film Soekarno yang dirilis pada tahun 2013 lalu dan diperankan oleh aktor Ario Bayu, menceritakan tentang perjuangan Soekarno muda yang memiliki cita-cita untuk membebaskan bangsanya dari tangan penjajahan Belanda.

    Dalam film ini kita dapat melihat bagaimana perjuangan Bung Karno membawa Indonesia menuju kemerdekaan. Tentunya film ini sangat cocok untuk Anda tonton kembali untuk mengobarkan semangat nasionalisme dalam diri Anda!


    4. Aruna & Lidahnya



    Kembali mempertemukan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo setelah sama-sama membintangi salah satu film paling fenomenal di tahun 2002 dengan judul Ada Apa Dengan Cinta?, Aruna & Lidahnya mengisahkan tentang perjalanan empat sahabat yang melakukan perjalanan keliling kota-kota di Indonesia Indonesia untuk mencoba dan memperkenalkan makanan khas Nusantara.

    Melakukan tur ke lima kota antara lain Jakarta, Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang, kita dapat melihat dan mengenal hidangan khas setiap kota disuguhkan dengan sangat apik hingga pastinya akan membuat Anda ingin mencoba hidangan tersebut!


    5. Humba Dreams



    Mengangkat sisi lain dari keindahan Tanah Sumba lewat kacamata Martin, seorang mahasiswa jurusan perfilman yang menemukan dirinya harus pulang ke tanah kelahirannya dan mendapatkan tugas dari sang ibu untuk mengungkap warisan peninggalan dari almarhum ayahnya.

    Tidak hanya itu saja, Humba Dream yang merupakan hasil garapan sutradara Riri Riza, juga menampilkan keindahan alam dari Tanah Sumba yang mungkin selama ini belum pernah terekspos dan bagaimana masyarakat asli Sumba berjuang untuk mempertahankan tradisi dan budaya para leluhur mereka di tengah zaman modern ini.  


    6. Guru Bangsa: Tjokroaminoto



    Menceritakan kisah dari salah satu pahlawan bangsa, Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, Guru Bangsa: Tjokroaminoto menampilkan perjalanan hidup Tjokroaminoto yang rela melepaskan jabatannya sebagai salah satu anggota keluarga ningrat dan bekerja sebagai kuli bersama dengan rakyat jelata lainnya.

    Di saat itu ia melihat bagaimana penderitaan para rakyat di masa penjajahan Belanda. Ia pun juga melihat bagaimana kaum Belanda memecah persatuan antara etnis pribumi dan Tionghoa pada masa itu. Tidak hanya memiliki jalan cerita yang menarik, akting mumpuni dari Reza Rahadian yang memerankan karakter Tjokroaminoto juga patut menjadi pertimbangan dalam menyaksikan film ini!


    7. Sokola Rimba



    Diangkat dari buku dengan judul yang sama, Sokola Rimba yang berlatar di Hutan Bukit Duabelas, Jambi, Sumatera menampilkan akting dari artis cantik Prisia Nasution yang memulai perjalanan ke daerah pedalaman Sumatera untuk mengajarkan baca tulis serta menghitung kepada anak-anak di pedalaman yang dikenal sebagai orang Rimba.

    Selama di sana, ia pun melihat penderitaan dan ketidakadilan yang dialami oleh para rakyat asli daerah tersebut karena adanya kepentingan para penguasa. Tonton lebih lanjut perjuangan Butet Manurung (diperankan oleh Prisia Nasution) ketika berjuang berdampingan melawan kaum penguasa.


    8. Cahaya Dari Timur: Beta Maluku




    Diangkat dari kisah nyata yang terjadi di daerah Maluku dan diproduseri oleh mendiang Glenn Fredly, film yang dirilis pada tahun 2014 ini mengangkat kisah perjuangan anak-anak muda yang tergabung dalam tim sepak bola di kota Maluku yang terjebak dalam konflik agama yang telah berlangsung selama lebih dari lima tahun.

    Melihat kondisi ini, Sani Tawainella (diperankan oleh Chicco Jericho) yang merupakan mantan pemain sepak bola akhirnya tergerak untuk pulang ke kampungnya dan menyatukan kembali para anak-anak muda dalam satu tim sepak bola dan harus berjuang mematahkan perpecahan yang terjadi di antara anggota tim yang memiliki keyakinan agama yang berbeda. 


    9. Laskar Pelangi


    FIlm yang dirilis pada tahun 2008 ini menampilkan lika-liku perjuangan 10 anak-anak dari sekolah dasar Muhammadiyah di Belitung yang begitu mengharukan. Mulai dari terancamnya sekolah mereka ditutup, bangunan sekolah yang terancam rubuh, hingga perjuangan mereka setiap harinya untuk dapat bisa sampai ke sekolah.

    Keindahan dari pulau Belitung juga tak luput ditampilkan selama 125 menit film diputar. Film ini tentunya adalah salah satu film yang layak untuk dinikmati atau tonton kembali! 


    Tidak hanya menonton kisah-kisah yang menangkat keindahan alam Indonesia atau tokoh-tokoh besar bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan, di bawah ini kami juga telah memilih enam film hasil karya anak bangsa yang tak kalah seru dan menarik!

    10. Toko Barang Mantan


    Menceritakan kisah seorang pria bernama Tristan yang membuka toko khusus menjual barang-barang pemberian mantan bernama Toko Barang Mantan. Kehidupan tenang Tristan seolah berubah ketika suatu hari seorang perempuan yang pernah ia sukai bernama Laras datang ke tokonya untuk menjual cincin pertunangannya. Lalu akankah kisah asarama Tristan dan Laras akan kembali bersemi? Tonton film Toko Barang Mantang sekarang juga di Netflix!


    11. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan 


    Memiliki tubuh langsing, paras cantik, dan dicintai oleh setiap orang merupakan dambaan setiap wanita bukan? Namun apakah benar setiap wanita harus memiliki ketiga hal di atas? Dilema ini pula yang juga menimpa sosok Rara (diperankan oleh Jessica Mila) yang memiliki bentuk tubuh yang tidak ideal seperti apa yang dipandang oleh masyarakat umum.

    Kerap kali dirundung dan dibanding-bandingkan dengan adiknya yang memiliki tubuh langsing, mampukah Rara mendobrak stereotip yang telah mengakar di kehidupan kebanyakan masyarakat? Saksikan perjuangan seorang Rara dalam menemukan kembali kepercayaan dirinya dan melawan stigma ini di film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan.

    12. Love For Sale


    Mengangkat kisah seorang pria yang sudah terlalu lama hidup sendiri. Love For Sale yang merupakan film hasil garapan Angga Dwimas Sasongko bersama dengan Chicco Jerikho menampilkan sosok Richard yang harus menemukan pasangan untuk ia pamerkan kepada teman-temannya di hari pernikahan salah satu sahabatnya.

    Richard pun kemudian secara kebetulan menemukan sebuah situs kencan yang mempertemukan dirinya dengan sosok Arini. Terpikat dengan pesona Arini yang sangat mengerti dirinya, Richard kemudian berhasil jatuh hati dengan sosok Arini yang misterius ini. Lalu apakah akhirnya Richard berhasil memenangkan hati Arini dan membuat Arini tetap tinggal di sisinya selamanya?


    Seri kedua dari film Love For Sale yang tayang 31 Oktober 2019 ini juga sudah bisa Anda saksikan di Netflix!

    13. Susah Sinyal


    Bergenre drama komedi yang menghadirkan sederet artis papan atas Tanah Air seperti Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero, dan Refal Hady, film Susah Sinyal menceritakan kisah seorang wanita karier bernama Ellen yang berprofesi sebagai pengacara sukses namun memiliki hubungan yang canggung dan renggang dengan putri remajanya.

    Melihat hal ini, akhirnya ia pun memutuskan untuk rehat sejenak dari pekerjaannya dan membawa putri tunggalnya untuk berlibur ke tanah Sumba. Seperti semua film yang disutradarai oleh Ernest, film Susah Sinyal juga kembali berhasil menghadirkan jalan cerita yang menarik dengan guyonan sederhana namun menghibur.

    Segudang pesan moral yang ingin disampaikan juga dapat dengan mudah teridentifikasi dan ditangkap oleh penonton. Dan yang terakhir, keindahan tanah Sumba juga dipotret dengan sangat indah!

    14. Teman Tapi Menikah


    Apa jadinya jika hubungan sahabat berubah menjadi hubungan asmara? Itulah yang terjadi pada Ditto dan Ayudia. Telah merajut persahabatan sejak duduk di bangku sekolah, tanpa mereka sadari benih-benih cinta akhirnya tumbuh secara perlahan di hati mereka hingga akhirnya mereka memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

    Tidak hanya dipenuhi kebahagiaan saja, tanpa disadari pasangan muda ini telah telah menanti kelahiran anak pertama mereka. Lalu apa yang akan terjadi kepada Ditto dan Ayudia? 


    15. Dilan


    Menjadi salah satu film Indonesia yang paling sukses, rangkaian film Dilan menceritakan tentang lika-liku kisah percintaan antara Dilan dan Milea yang berlatar di kota Bandung pada tahun ‘90-an. Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, film Dilan sendiri diangkat dari novel karya Pidi Baiq. Sekarang, Anda sudah dapat menonton tiga seri kisah Dilan dan Milea yang semuanya telah tersedia lengkap di Netflix.


    Dari 15 film rekomendasi di atas, film apa yang mejadi pilihan Anda untuk dinikmati di hari kemerdekaan tahun ini?


    (Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Twiiter @nicsap)









- RELATED ARTICLE -