• 11 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan

    Culture / Tips


    11 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan

    Menurut sains, ‘superfood’ satu ini punya banyak manfaat bagi kesehatan.


    Blueberry, salah satu jenis beri dengan banyak nutrisi di dalamnya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Rasanya manis, mudah ditemui, serta rendah kalori, blueberry banyak diminati oleh pembeli yang memperhatikan kesehatan tubuh mereka dengan mencampurkan buah ini ke dalam smoothies, menggabungkan dengan sarapan seperti bubur dan yoghurt, hingga menaburkannya di salad.

    Meski bluberi kerap dikaitkan dengan istilah ‘superfood’ (istilah yang digunakan dalam dunia marketing untuk merekomendasi makanan yang memiliki tingkat nutrisi yang tinggi) terdapat banyak manfaat dari buah ini, menurut sains. Bazaar mencari tahun manfaat kesehatan bluberi yang telah terbukti, bersama dengan ahli gizi, Jenna Hope:

    Bluberi tumbuh dari semak-semak dan menyerupai jenis tumbuhan buah beri seperti cranberry, bilberry, lingonberry, dan huckleberry. Manfaat dari blueberry banyak didapatkan dari khasiat tumbuhan yang ditemukan dalam pohon bluberi, termasuk polifenol.




    “Polifenol adalah zat antioksidan yang kuat sehingga membantu menyeimbangkan radikal bebas di dalam tubuh,” ungkap Jenna. “Blueberry kaya akan anthocyanins, salah satu jenis polifenol yang terbukti dalam menjaga kesehatan tubuh”.

    Zat ini juga kaya akan vitamin – termasuk vitamin C, “Komponen utama dalam meningkatkan imunitas tubuh,” ungkap Jenna, dan juga sumber serat, serta membantu pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh.

    “Penelitian mengungkapkan bahwa satu per tiga gelas blueberry dalam satu hari dalam mengurangi resiko tubuh terkena penyakit”

    Blueberry dapat digunakan untuk berbagai macam hal sehingga mudah untuk mendapatkan manfaatnya. Penelitian mengungkapkan bahwa satu per tiga gelas dalam satu hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit, ungkap Jenna, dengan satu sajian setara dengan 80 gram blueberry.

    “Anda dapat menambahkan blueberry ke bubur, salad, smoothies, mencampurkan dengan yoghurt, dan menyimpannya di dalam freezer sebagai snack sehat,” ungkapnya. “Anda juga dapat mencampurkan chia seeds untuk membuat selai bluberi.”

    Berikut adalah beberapa alasan Anda dapat menambahkan buah satu ini ke dalam makanan atau rangkaian diet Anda. Inilah 11 manfaat blueberry bagi kesehatan:


    1. Kaya akan nutrisi

    Bluberi memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Buah ini memiliki beragam vitamin dan mineral. Dalam 150 gram, memenuhi seperempat kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C dan zat mangan, lebih dari sepertiga vitamin K1 juga terpenuhi. Selain itu, blueberry juga mengandung vitamin E, vitamin B6, dan zat besi.


    2. Membantu proses pencernaan

    Blueberry juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan, buah ini dapat meredakan sakit pada pencernaan dan melindungi lambung dari peradangan seperti peradangan pada usus besar. Menurut penelitian dari Lund University Faculty of Engineering di Sweden, menemukan bahwa blueberry dapat melindungi pencernaan lebih baik dibandingkan mengonsumsi probiotik.

    “Menurut rekomendasi, baik untuk mengonsumsi 3 gram serat setiap hari,” ungkap Jenna. “Satu sajian seberat 80 gram blueberry mengandung sekitar 1,5gram.”


    3. Kaya akan antioksidan

    Manfaat blueberry yang utama didapatkan dari kandungan antioksidan yang banyak ditemukan di dalam buah ini. Antioksidan dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, zat-zat sisa yang terbuang pada produksi sel tubuh yang bereaksi akibat perubahan lingkungan dan konsumsi makanan, sering dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, arthritis, dan stroke.

    “Salah satu manfaat utama dari blueberry didapatkan dari kandungannya yang kaya antioksidan.”



    Bluberi memiliki salah satu kandungan antioksidan tertinggi di antara jenis buah maupun sayuran lainnya. Kandungan antioksidan yang utam di dalam blueberry adalah flavonoids¸ salah satu jenis polifenol. Menurut South Dakota State University, menyimpan blueberry dalam freezer dapat meningkatkan kandungan antioksidannya.


    4. Mengurangi kerusakan DNA

    Stress oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas dapat merusak DNA Anda, berdampak pada proses penuaan dan juga memiliki peran dalam perkembangan penyakit di dalam tubuh. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, bluberi dapat mencegah kerusakan DNA Anda akibat radikal bebas.

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan dipublikasi dalam jurnal Carcinogenesis menemukan bahwa mengonsumsi jus bluberi setiap hari selama empat minggu dapat mengurangi proses oksidasi yang merusak DNA sebanyak 20 persen dari partisipan.

    5. Mengurangi risiko penyakit jantung

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama enam bulan oleh University of East Anglia, mengonsumsi 150 gram bluberi setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular sampai 15 persen. Peneliti menemukan bahwa “perkembangan yang berkelanjutan dalam fungsi pembuluh darah” dari partisipan, yang seluruhnya mengalami masalah metabolisme. Sebuah kondisi yang secara signifikan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, strok, dan diabetes.

    “Hal ini dapat terjadi karena bluberi memiliki kandungan anthocyanins alami, zat yang mempengaruhi warna biru dan merah pada buah-buahan,” ungkap peneliti utama, Professor Aedin Cassidy.



    6. Melindungi fungsi otak

    Makanan yang banyak mengandung zat-zat untuk tubuh seperti bluberi efektif untuk mencegah proses penuaan baik dalam memori jangka pendek maupun jangka panjang, menurut The Peninsula College of Medicine and Dentistry. Meskipun belum diketahui proses kerjanya, kandungan flavonoids dalam bluberi terbukti dapat menghidupkan protein melalui jalur khusus dalam hippocampus (bagian otak yang mengontrol belajar dan memori).

    Ketika sekelompok sukarelawan berusia sekitar 70 tahun dengan mulai sulit mengingat, minum jus bluberi sebanyak dua gelas setiap hari selama dua bulan penelitian yang dilakukan American Chemical Society, mereka menunjukkan “perkembangan yang signifikan ketika mempelajari sesuatu atau melakukan tes ingatan”. “Penemuan awal ini mengungkapkan bahwa bluberi dapat digunakan untuk mencegah penurunan fungsi saraf,” salah satu laporan menyatakan hal tersebut.



    7. Meningkatkan konsentrasi

    Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Reading University, bluberi dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Partisipan diminta untuk meminum smoothie yang mengandung 200 gram bluberi setiap pagi sebelum melakukan tes. Pada siang hari, partisipan yang meminum smoothie memiliki kekuatan otak 15 hingga 20 persen lebih tinggi.

    Zat di dalam bluberi dianggap dapat meningkatkan sirkulasi darah menuju otak dan berinteraksi dengan sinyal yang penting untuk pertumbuhan sel dalam tubuh.


    8. Menjaga gula darah

    Meskipun bluberi mengandung gula – sekitar 15gram hingga 150gram – studi laboratorium menyatakan bahwa kandungan anthocyanins pada bluberi dapat menjaga tingkat gula darah dalam tubuh dengan meningkatkan sensitivitas produksi insulin. Ketika insulin tidak diproduksi tubuh, risiko terkena masalah metabolisme dan diabetes tipe 2 akan meningkat sehingga produksi insulin yang efektif dapat mengurangi resiko tersebut.

    Bluberi juga dapat menahan beberapa enzim pencernaan setelah Anda mengonsumsi karbohidrat berlebihan, membantu mengurangi kenaikan gula darah.


    9. Menjaga kolesterol Anda

    Dengan cara yang sama dengan pertumbuhan sel dan perlindungan DNA Anda, kandungan antioksidan dalam blueberi dapat mencegah proses oksidasi lemak jahat di dalam tubuh. Hal ini penting karena lemak jahat yang teroksidasi dapat menyebabkan penyakit jantung. Oklahoma State University melakukan penelitian selama delapan minggu dan menemukan bahwa konsumsi 50 gram bluberi setiap hari mengurangi proses oksidasi lemak jahat sampai 27 persen.


    10. Menjaga tekanan darah

    Dalam beberapa penelitian, mengonsumsi bluberi dapat menjaga tekanan darah dan melindungi kerja jantung (sebab tekanan darah tinggi adalah faktor utama yang beresiko pada penyakit jantung). Berdasarkan penelitian yang sama oleh Oklahoma State University di atas, peneliti mengukur penurunan tekanan darah 4 hingga 6 persen dari tekanan darah partisipan selama delapan minggu.


    11. Membantu proses pemulihan otot

    Meskipun perlu dilakukan riset lebih dalam, penelitian awal menemukan bahwa bluberi juga dapat mempercepat pemulihan otot tubuh setelah melakukan olahraga yang berat. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa meminum smoothie dengan kandungan bluberi sebelum dan sesudah berolahraga dapat mempercepat proses pemulihan.


    (Penulis: Dr. Roger Henderson & Annie Hayes; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)









- RELATED ARTICLE -