• Putih! Jadi Tren Warna Couture di Musim Gugur/Dingin 2020

    Fashion / Trend


    Putih! Jadi Tren Warna Couture di Musim Gugur/Dingin 2020

    Mendominasi pekan mode couture musim gugur/dingin 2020, segera koleksi gaun pesta dalam balutan warna putih.


    Menurut penulis asal Inggris, G. K. Chesterton, "White is not a mere absence of color; it is a shining and affirmative thing, as fierce as red, as definite as black."

    Ungkapan tersebut sepertinya dijadikan landasan banyak desainer adibusana yang tergabung di Chambre Syndicale de la Haute Couture, Paris, yang rata-rata mengolah gaun adibusana dalam balutan palet warna putih layaknya sebuah kanvas bersih.

    Hal itu dilaporkan oleh situs fashion search engine Tagwalk yang menyebutkan tren warna pekan mode Couture musim gugur/dingin 2020, ada sebanyak 28,3% looks yang menggunakan warna putih. Situs tersebut juga menyebutkan ada sebanyak 78,3% yang menggunakan warna putih setidaknya di dalam 1 look.




    Upaya para rumah mode dalam menciptakan gaun berwarna putih dapat mengkonfirmasi betapa spektrum warna putih resmi menjadi tren untuk musim gugur/dingin 2020. Sehingga, jika Anda sedang dalam pencarian gaun atau ingin membuat baju pesta, warna putih dapat menjadi pertimbangan.

    Simak beberapa gaun adibusana berwarna putih rancangan rumah mode yang menampilkan koleksi Couture musim gugur/dingin 2020 beberapa waktu silam.

    1. Giambattista Valli

    Salah satu look yang mencuri atensi di koleksi couture Giambattista Valli adalah ansambel dengan padanan veil dari material tulle yang seluruh pinggirannya dikeliling dengan aksentuasi ruffles dan memanjang hingga ke lantai.

    Ansambel yang dikenakan oleh model Joan Smalls tersebut, dapat menjadi inspirasi gaun pernikahan dengan bumbu yang tak terduga. Tambahan elemen spesial di ansambel yang terdiri dari tube dress dengan bagian hem detail tumpuk ini, terdapat di bagian dekorasi pita hitam yang menyeruak di bagian dada dan kepala sebagai penghubung veil yang juga dibubuhi oleh elemen bordir.


    2. Ralph & Russo

    Untuk musim ini, Ralph & Russo menciptakan sosok avatar untuk memeragakan presentasi koleksi couture musim gugur/dingin 2020 secara virtual.

    Salah satu ansambel serba putih yang seketika mencuri atensi publik adalah gaun dengan aksentuasi pita besar di bagian belakang gaun backless lalu didekorasi dengan susunan pita-pita berukuran lebih kecil yang menyerupai bentuk tulang punggung manusia. Infusi mode dengan anatomi tubuh yang dilakukan Ralph & Russo, dapat dijadikan inspirasi gaun pesta yang penuh kejutan dan distingtif.


    3. Dior

    Interpretasi terhadap energi feminin dikerahkan Maria Grazia Chiuri, selaku direktur kreatif rumah mode Dior. Gaun putih yang spesial turut menjadi bagian koleksi adibusana miliknya di musim ini, menggunakan material tulle serta siluet bias yang lembut dan klasik. Gaun putih ini dibubuhkan Maria dengan bordiran yang menyerupai ungkapan seorang penyair asal Belgia bernama Marcel Mariën lewat karyanya yang bertajuk 'Le Tableau Blanc', 1953, © Adagp.

    Bubuhan bordir dengan quotes di bagian depan gaun, dapat menjadi inspirasi gaun pernikahan atau pesta dengan dekorasi ungkapan unik dan menambah kesan eksentrik.



    4. Maison Margiela

    Pewarnaan putih juga menjadi bahan eksplorasi desainer John Galliano untuk koleksi adibusana Maison Margiela yang terkenal akan pendekatannya yang sangat artistik dan eksentrik.

    Mengusung tajuk 'Artisanal', John mengolah kain putih transparan menjadi sebuah gaun yang melekat dengan kulit dan menunjukkan bentuk tubuh secara jelas namun dengan efek seperti 'balutan' yang natural. Gaun tangan panjang ini kemudian disempurnakan dengan detail ikatan dan cut out yang membuatnya tampak seksi secara bersamaan. Ia pun kemudian menyempurnakan ansambel ini dengan tambahan kerudung berwarna senada.


    5. Valentino

    Jika rumah mode lain hanya menyisipkan warna putih diantara koleksinya, Pierpaolo Piccioli, direktur kreatif Valentino justru menggubah sebuah koleksi yang seluruhnya hanya menggunakan warna putih.

    Selain itu, ia juga mengandalkan garis siluet bervolume yang menurut situs fashion search engine Tagwalk juga mendominasi pekan mode Couture 2020. Salah satu mahakarya sang desainer adalah sebuah gaun putih berleher sabrina lengan panjang yang seluruh strukturnya dibubuhi dengan bordiran bulu dan dijahit selama 2900 jam lamanya.


    6. Chanel

    Satu lagi mahakarya dari pekan mode Couture musim gugur/dingin 2020 yang melibatkan warna putih serta volume datang dari rumah mode Chanel yang kini dikepalai oleh Virginie Viard.

    Gaun dengan siluet volume yang mengembang di bagian rok ini diperuntukkan untuk gaun pernikahan, terbuat dari bahan taffeta, gaun ini diimbuhi oleh elemen penunjang yang berupa tambahan dekorasi dedaunan dari bahan organza dan satin.


    7. Bouchra Jarrar

    Bouchra Jarrar tak ketinggalan mengusung warna putih di beberapa ansambel yang menjadi bagian dari koleksi couture musim gugur/dingin 2020 miliknya. Salah satu ansambel yang ia balutkan dengan warna putih adalah sebuah ansambel dengan format setelan vest dan celana yang disematkan oleh dekorasi bulu sebagai penunjang.

    (FOTO: Courtesy of Instagram.com/@bouchra_Jarrar, @dior, @maisonvalentino, @chanelofficial, @giambattistavalliparis, @ralphandrusso, @maisonmargiela; Layout: Tevia Andriani)









- RELATED ARTICLE -