• 11 Hal yang Mengejutkan dan Terlupakan di Nominasi Emmy 2020

    Culture / News


    11 Hal yang Mengejutkan dan Terlupakan di Nominasi Emmy 2020

    Akris Latin, bintang serial Unbelivable, dan pemain favorit dari Better Call Saul tidak masuk di jajaran nominasi.


    Jujur saja, membahas acara penghargaan film di tengah pandemi global yang mengubah dunia seperti saat ini terasa sangat aneh dan tak masuk akal. Tetapi ada alasan untuk menikmati kegembiraan dan sedikit suasana normal, karena pengumuman nominasi Emmy kemarin menjadi momen melegakan.


    Kami masih belum tahu pasti bagaimana perhelatan Emmy Awards 2020 nanti karena Television Academy masih belum memberikan banyak informasi soal ini. Namun dengan melihat bahwa acara akan diadakan pada tanggal 20 September 2020, diperkirakan penganugerahannya dilakukan jarak jauh sesuai dengan peraturan social distancing di Amerika Serikat. Daripada sibuk memikirkan tentang bagaimana tampilan Emmy di Zoom untuk pertama kalinya, mari kita membahas tentang kejutan, pencapaian, dan tak terkecuali mereka yang terlupakan dari nominasi tahun 2020.





    Wanita Latin hampir benar-benar diabaikan


    Meskipun nominasi tahun ini mengambil langkah besar dalam hal merepresentasikan keberagaman, tidak adanya perempuan Latin dari kategori akting adalah hal yang begitu jelas terlihat. Tidak ada juga pesaing yang kuat. Beberapa pemain film Latin terkenal yang terabaikan dari nominasi Emmy 2020 termasuk bintang Pose yakni Mj Rodriguez, Rita Moreno yang bermain di One Day At A Time, Alexa Demie dan Barbie Ferreira dari Euphoria, dan America Ferrera dari Superstore. Satu-satunya wanita Latin yang dinominasikan untuk penampilannya di layar kaca adalah Alexis Bledel di serial The Handmaid’s Tale pada kategori Outstanding Guest Actress yang pernah ia menangkan tahun 2017 lalu. Kakeknya adalah orang Argentina.


    Rhea Seehorn dan Bob Odenkirk dari Better Call Saul adalah pemain yang terlupakan


    Hal yang paling menyebalkan tahun ini adalah soal Rhea Seehorn yang entah bagaimana masih belum diakui atas penampilannya yang luar biasa  dan tak perlu diragukan sebagai Kim Wexler di season kelima Better Call Saul dibandingkan sebelumnya dan dengan alasan yang bagus. Bob Odenkirk sebelumnya telah dinominasikan beberapa kali karena perannya sebagai Jimmy McGill yang kemudian menjadi Saul Goodman, tetapi ia terlupakan tahun ini meskipun penampilannya sangat emosional.


    Pose tidak masuk di sebagian besar kategori


    Drama ballroom dari FX tidak mengulangi jejaknya tahun lalu sebagai nominasi Best Drama Series meskipun bintangnya yang tengah meroket yakni Billy Porter dinominasikan untuk kedua kalinya di kategori Lead Actor. Satu hal yang mungkin paling mengecewakan melebihi absennya drama ini di Emmy adalah fakta bahwa tak ada satupun pemain lainnya yang sebagian besar adalah trans dan non-binary termasuk Mj Rodriguez, Indya Moore, Dominique Jackson, dan Angelica Ross mendapatkan perhatian atas penampilan mereka. Terlebih lagi Angelica yang sudah menampilkan karakter Candy di episode musim kedua yang memilukan.


    Emmy melupakan Kaitlyn Dever dan Merritt Wever dari Unbelivable


    Meskipun sudah ditayangkan hampir satu tahun yang lalu, miniseries apik dari Netflix yang berjudul Unbelievable ini cukup memenuhi syarat untuk diakui di kategori Outstanding Limited Series. Film yang mengangkat kisah nyata tentang perempuan muda yang dituduh berbohong ketika ia melaporkan kasus pemerkosaannya ke polisi ini diperkuat oleh tiga pemain yang hebat. Kaitlyn Dever memerankan si korban yang bernama Marie Adler, sedangkan Toni Collette dan Merritt Wever menjadi polisi yang kemudian memberikan keadilan bagi si pemerkosa. Toni mendapatkan nominasi di kategori Outstanding Supporting Actress in a Limited Series or Movie dan ini tentunya merupakan kabar baik. Tetapi kami kecewa karena costar lainnya tidak mendapat tempat di kategori akting.


    The Morning Show secara mengejutkan mengisi kategori akting


    Di sisi lain, pemain dari The Morning Show yang tayang di Apple TV+ secara tidak terduga muncul dalam kategori akting untuk serial drama terbaik. Jennifer Aniston untuk pertama kalinya mendapatkan nominasi Emmy, sementara Steve Carell dinominasikan di Outstanding Lead Actor in a Drama Series serta Billy Crudup dan Mark Duplass di kategori Outstanding Supporting Actor in a Drama Series. Penampilan Steve sangat menyenangkan untuk disaksikan sebagai pembawa berita yang mirip dengan karakter Matt Lauer, sedangkan Billy dan Mark tampil sebagai aktor pendukung yang biasa saja. Sulit untuk meyakinkan bahwa beberapa penampilan mereka di sini adalah salah satu yang paling mengesankan tahun ini.\


    Normal People mengisi tempat di Outstanding Limited Series


    Serial adaptasi menarik dari novel emosional Sally Rooney yang ditayangkan di Hulu ini terabaikan di kategori-kategori besar, meskipun Paul Mescal (yang juga dikenal sebagai Connell) dinominasikan di Outstanding Lead Actor in a Limited Series or Movie. Serial ini juga mendapatkan nominasi untuk kategori penulisan dan pengarahan film. Meskipun Normal People banyak mendapat nominasi, absennya serial ini dalam kategori utama masih sulit dipercaya.



    Penampilan Regina Hall dari Black Monday terabaikan


    Season kedua komedi yang menyindir Wall Street di akhir tahun 1980-an ini menunjukkan penampilan Regina Hall yang membawakan karakter ambisius dan kristis Dawn Towner. TV Academy jelas menyadari bahwa mereka menominasikan costar Regina yakni Don Cheadle untuk kedua kalinya, tetapi Regina masih saja tidak mendapatkan nominasi.


    The Mandalorian tampil mengejutkan sebagai nominasi di Outstanding Drama Series


    Apple TV+ selalu akan mendapatkan sorotan untuk The Morning Show yang bertabur bintang, namun Disney+ yang merupakan layanan streaming tampaknya kurang mendapatkan perhatian di ajang penghargaan tahun ini. Sehingga, kami terkejut ketika prekuel Star Wars, The Mandalorian, mendapatkan rekognisi di kategori Outstanding Drama Series. Meskipun banyak menerima ulasan yang bagus dan disukai banyak orang, serial ini tidak terlihat sebagai front-runner. Seperti halnya Oscar, Emmy cenderung tidak menominasikan film fantasi dan sci-fi. Kudos untuk Baby Yoda.


    Succession meraih nominasi yang pantas mereka dapatkan


    Secara teknis, Succession bukan termasuk kelompok yang terabaikan maupun yang mengejutkan. Ini adalah berita bagus yang perlu kita rayakan! Succession adalah drama rilisan HBO yang sempurna tentang keluarga disfungsional di balik dinasti media fiksi. Serial ini berhasil mengumpulkan banyak penghargaan untuk musim pertamanya, tetapi masih mendapatkan banyak perhatian di tahun keduanya yang tayang tahun lalu. Dengan hadirnya acara penganugerahan tahun 2020, serial ini mungkin akan menyapu bersih penghargaan. Melihat judul serialnya yang mengisi nominasi di setiap kategori yang sesuai, hampir semua pemain Succession mendapatkan banyak pengakuan.

    Hubungan Brian Cox dan Jeremy Strong sebagai ayah dan putra di layar kaca membuat keduanya saling berhadapan di kategori Outstanding Lead Actor. Sementara itu, trio Kieran Culkin, Matthew Macfayden, dan Nicholas Braun mengisi kategori Outstanding Supporting Actor. Selain mereka, Sarah Snook juga mendapatkan nominasi di kategori Outstanding Supporting Actress.


    Namun Emmy melupakan J-Smith Cameron dari serial yang sama


    Satu-satunya hal mengecewakan dari keberhasilan Succesion meraih nominasi adalah penampilan J. Smith-Cameron yang kurang dilirik sebagai karakter Gerri Kellman. Perlu diakui, kategori untuknya tidak kompetitif seperti biasanya (jika mengasumsikan ia masuk ke Outstanding Supporting Actress, bukan Outstanding Guest), dengan total 8 nominasi termasuk costar-nya, Sarah Snook. Kami beranggapan kesuksesan Succession akan berlanjut hingga beberapa tahun ke depan, yang artinya J-Smith dan Gerri akan memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan apa yang layak mereka raih.


    Elisabeth Moss dari The Handmaid’s Tale juga terlupakan di nominasi Emmy


    The Handmaid’s Tale mendapatkan kritik yang kurang memuaskan di season ketiganya yang tayang di Hulu, namun drama dystopia ini dinominasikan sebagai Outstanding Drama Series untuk ketiga kalinya. Beberapa pemain pendukungnya termasuk Bradley Whitford dan Samira Wiley juga mendapatkan perhatian, tetapi tidak untuk Elisabeth Moss yang menjadi bintang dan produser eksekutifnya. Penampilannya yang luar biasa dan konsisten telah mendapatkan pujian, bahkan ketika serial ini hampir tidak memiliki arah yang jelas. Elisabeth tidak terhitung dalam persaingan dramatis di kategori aktris utama.

    Simak daftar nominasi Emmy seluruhnya di sini.


    (Penulis: Emma Dibdin; Artikel ini disadur dari: Bazaar US; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar US)



    Tags : film, serial







- RELATED ARTICLE -