• Di Mana Saja Destinasi Terindah Pulau Sumba?

    Culture / News


    Di Mana Saja Destinasi Terindah Pulau Sumba?

    Kagumi bentangan sabana hingga pantai berlangit jingga keemasan.


    Apakah Anda masih ingat dengan iklan yang sering diputar di layar kaca pada era '90-an? Biar Bazaar berikan sedikit petunjuk. Iklan tersebut menampilkan kerumunan kuda yang sedang berlari bebas di padang sabana.

    Tidak banyak yang tahu, bahwa syuting iklan fenomenal tersebut berlokasi di Indonesia, tepatnya di tengah eksotisme alam Sumba. Mengejutkan? Tentu. Namun kita patut bangga mengingat kekayaan alam tersebut merupakan warisan penduduk Indonesia. Saat ini, Sumba tengah menjadi sorotan. Entah alamnya, penduduknya, hingga budaya mereka. Segala yang ada di Sumba menjadi kekayaan yang layak diapresiasi.

    Salah satu contoh nyata datang dari dunia perfilman. Sutradara kebangaan negeri, Riri Riza, baru saja meluncurkan proyek film terbarunya yang berjudul Humba Dreams. Seperti judulnya, Humba Dreams menceritakan tentang kayanya Pulau Sumba.

    Merupakan fakta, Sumba adalah representatif makna akan surga dunia yang berwujud eksotisme alam. Mulai dari gunung, padang, hingga sabana, seluruhnya ada di Pulau Sumba. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Sumba dalam waktu dekat, berikut Bazaar berikan beberapa informasi mengenai sembilan titik destinasi terindah di pulau Humba alias Sumba.


    Sumba Timur

    1. Bukit Wairinding 


    Musim kemarau menjadi masa terbaik untuk menyambangi Bukit Wairinding, saat di mana gugusan bukit ini tampak menakjubkan dengan dominasi warna cokelat keemasan. Seperti yang terlihat pada unggahan foto di atas.


    2. Purukambera


    Panorama tidak kalah memukau terletak di Purukambera, Sumba Timur. Jika beruntung, Anda akan melihat kawanan kuda liar di padang keemasan yang merupakan salah satu titik pesona kebanggaan tanah Sumba.


    3. Ratenggaro


    Ratenggaro merupakan sebuah kawasan desa yang unggul dengan arsitektur aslinya. Kawasan ini juga telah beberapa kali dijadikan lokasi syuting film dan video klip musik. Keindahan tata lanskap desa serta keramahan penduduk menjadi keunggulanmya.


    4. Pantai Nihiwatu


    Salah satu pantai yang wajib disambangi saat mendatangi Sumba adalah Pantai Nihiwatu. Keindahan bentangan laut biru dengan suasana alam yang masih belum terjamah dan bersih menjadi kelebihan pantai berikut ini. Jangan lupa nikmati segelas kelapa dingin di kawasan pantai.


    5. Bukit Tenau


    Bukit Tenau memang memukau. Baik dikunjungi saat pagi, siang, hingga malam hari, kawasan bukit yang terletak di Sumba Timur ini sungguh indah. Bagi Anda yang tertarik dengan astronomi, Anda dapat mengunjungi Bukit Tenau saat malam hari. Langit malam cerah penuh bintang akan menyambut Anda.


    Sumba Barat

    6. Pantai Mbawana


    Wow! Satu kata yang pasti akan terucap ketika melihat suasana Pantai Mbawana saat matahari terbit atau tenggelam. Seluruh area pantai akan didominasi warna keemasan seperti yang terlihat di unggahan foto di atas. Sungguh pemandangan yang menyihir.


    7. Air Terjun Pabeti Lakera


    Sempat Bazaar sebutkan bahwa Sumba memiliki segalanya. Kali ini mari menuju salah satu kekayaan alam di Sumba berwujud air terjun indah di kawasan Sumba Barat. Bernama Pabeti Lakera, air terjun ini menjadi tujuan favorit turis karena keindahan dan kesegaran air serta udaranya.


    8. Pantai Watu Maladong


    Sumba juga menghadirkan beberapa destinasi pantai unggul. Menyusul Pantai Mbawana, Pantai Watu Maladong juga dapat menjadi opsi lain bagi Anda para pelancong yang tengah menjelajah tanah Sumba.


    9. Danau Weekuri


    Kita tutup dengan atmosfer damai yang meliputi Danau Weekuri. Terletak indah di Sumba bagian Barat, danau ini dapat menjadi pemicu ingatan akan betapa kayanya negeri kita, Indonesia.



    (Foto: Courtesy of Ria Iskandar for Rumah Anak Humba & Instagram @exploreindonesia, @yipingtj, @wisatasumba, @mboti, @negrikece)








- RELATED ARTICLE -