• 13 Mimpi yang Paling Sering Dialami dan Arti di Baliknya

    Culture / News


    13 Mimpi yang Paling Sering Dialami dan Arti di Baliknya

    Dua orang ahli akan membantu Anda untuk menafsirkan pesan dari alam bawah sadar.


    Kita semua pasti pernah bermimpi terjatuh, mendapati giginya tanggal, atau tertidur menjelang presentasi penting. Mimpi-mimpi itu akhirnya membuat kita terbangun dalam keadaan panik, lalu perlahan kita mulai menyadari jika itu semua hanyalah bunga tidur. Lalu, adakah arti yang sebenarnya tersimpan di baliknya?

    “Bukan hanya pikiran dari alam bawah sadar, mimpi juga merupakan apa yang ada dalam pikiran Anda sepanjang hari tadi,” demikian jelas Lauri Loewenberg, seorang ahli analisa mimpi bersertifikat yang sekaligus dikenal sebagai pembicara. Setiap malam, otak akan merangkai sekitar lima mimpi ketika Anda terlelap dan Anda bisa saja tidak menyadarinya. Cukup banyak pikiran alam bawah sadar yang terurai saat itu. Meski memiliki keunikannya sendiri, mimpi biasanya memiliki pola-pola tertentu.

    Kami berbincang dengan Lauri serta seorang psikolog yakni dr. William Braun. Keduanya akan membantu Anda untuk menjelaskan makna sesungguhnya dari 13 mimpi yang paling umum berikut ini:





    1. Mimpi kembali bersekolah dan mengikuti ujian

    Lauri mengatakan jika mimpi ini umumnya berkaitan dengan pekerjaan. “Sekolah adalah jenis pekerjaan pertama kita” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa mimpi semacam ini biasa terjadi apabila Anda menghadapi tantangan saat bekerja.

    “Mimpi seperti ini kerap muncul ketika Anda merasa diuji dan harus menunjukkan kualitas diri, baik ketika Anda sedang berusaha untuk mendapatkan klien baru, akan menghadapi evaluasi, atau sedang dalam upaya untuk mendapatkan promosi.”

    Lalu, apa artinya? “Semua tergantung dari bagaimana perasaan Anda saat mimpi itu terjadi. Apakah saat itu Anda siap menghadapi ujian? Sebab, hal ini layaknya sebuah refleksi bagi diri Anda sendiri,” ujar Lauri.


    2. Mimpi sedang bersama dengan seorang selebriti

    Selebriti sangat mungkin hadir sebagai cameo dalam mimpi Anda. Pada dasarnya, ada sesuatu yang berhubungan antara selebriti yang Anda impikan dan diri Anda sendiri saat ini. “Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri tentang beberapa hal yang sekiranya berkaitan dengan figur selebriti dalam mimpi Anda,” jelas Lauri.

    “Pesan yang ingin disampaikan oleh alam bawah sadar Anda bisa saja terlihat dari judul film atau lirik lagu mereka,” imbuhnya.

    Selain itu, makna lain dari mimpi Anda juga bisa dilihat melalui persona sang selebriti. “Apabila Anda berteman dengannya dalam mimpi dan mengagumi sesuatu dari dirinya, bisa jadi elemen tersebut juga ada dalam diri Anda. Anda bangga akan hal itu dan ingin dikenal karenanya,” kata Lauri. 


    3. Mimpi jika kekasih Anda berselingkuh

    Lauri mengatakan, “Jika Anda memiliki masalah yang berhubungan dengan kesetiaan di masa lalu baik saat menjalin hubungan dengan kekasih Anda saat ini atau yang terdahulu, maka persoalan ini akan selalu menjadi bagian diri Anda.”

    Satu hal lagi yang perlu Anda ingat adalah mimpi bukan ramalan masa depan. “Apabila tidak ada masalah yang berkenaan dengan kepercayaan dan tidak ada hal-hal aneh terjadi, maka pasangan Anda memang tidak berselingkuh,” jelas Lauri. 

    Kendati demikian, ada kemungkinan muncul sumber masalah lain yang menjadi penyebabnya. “Ada yang lebih menarik perhatian dan waktu Anda, bisa saja berupa pekerjaan, teman, kegiatan baru, dan apapun yang membuat Anda merasa seperti sedang teralihkan dan tidak memiliki banyak waktu bersama kekasih,” katanya.

    Pada dasarnya, mimpi seperti ini bisa memiliki makna yang positif selama Anda tidak terburu-buru melempar amarah kepada pasangan Anda karena tindakan yang mereka lakukan di dalam mimpi. “Mimpi ini memberikan pertanda bahwa ada sesuatu yang harus diperbaiki. Berdua bersama kekasih, Anda bisa memulainya kembali dengan melakukan kencan, mencoba mengurangi waktu kegiatan Anda, atau lainnya,” demikian saran dari Lauri.


    4. Mimpi Anda datang terlambat menghadiri acara yang sangat penting

    Lauri menjelaskan bahwa mimpi semacam ini cukup mudah ditemui jika Anda bekerja di bidang pekerjaan yang memiliki tenggat waktu. Namun apabila tidak, Anda mungkin sedang berurusan dengan timeline dan sedang berada dalam tuntutan. Lauri berpendapat, “Barangkali Anda ingin menurunkan berat badan atau ingin sekali mencapai target dalam pekerjaan Anda di waktu yang sudah ditentukan.”


    5. Mimpi Anda sedang mengandung

    Meski Anda sedang tidak berusaha untuk memiliki anak, Lauri menerangkan bila mimpi ini membawa makna yang positif. Apabila mendapati diri Anda tengah hamil di dalam mimpi, artinya ada sesuatu yang sedang tumbuh dan berkembang dalam diri Anda.

    Hal ini bisa berupa munculnya ide-ide baru atau pekerjaan yang akan mengarahkan Anda untuk mendapat promosi jabatan. Nyatanya, banyak wanita mendapatkan mimpi seperti ini ketika mereka sedang dalam usaha untuk mengejar gelar pendidikan atau menjalin hubungan baru.


    6. Mimpi sedang berdiri di tepi jurang dan seketika jatuh menuju ruang hampa

    Dr. William Braun mengungkapkan, “Mimpi terjatuh bisa dikaitkan dengan perasaan yang tidak terkendali atau tengah kewalahan. Selain itu, mempi ini juga berhubungan dengan diri Anda yang merasa kurang mendapat dukungan dan tidak percaya diri.”


    Penafsiran mimpi terjatuh bisa berbeda-beda bagi setiap orang. “Kuncinya ada pada detail mimpinya. Mimpi seperti ini memilki makna yang umum, namun yang terpenting adalah adanya tanda-tanda tertentu yang berkaitan dengan si pemimpi sebab masing-masing orang bisa saja memiliki makna mimpi yang berbeda. Bagi orang tertentu, mimpi terjatuh bisa membangkitkan memori akan peristiwa 9/11. Sementara bagi yang lain, mereka mengartikannya sebagai pertanda akan kehilangan statusnya, kehormatannya, atau gengsi,” jelasnya.


    7. Mimpi kehilangan suara dan tidak mampu berteriak untuk meminta pertolongan

    dr. William menjelaskan, “Alih-alih karena mimpi, keadaan seperti ini merupakan bagian dari sleep paralysis. Selama kita berada dalam fase tidur REM (Rapid Eye Movement) di mana kita sedang bermimpi, tubuh kita mengalami REM atonia dan kelumpuhan tidur. Ini merupakan hal yang normal.”

    “Secara psikologi, kita dilumpuhkan saat berada dalam siklus REM guna mencegah tubuh untuk bergerak ketika sedang bermimpi. Orang-orang yang mengalami sleep paralysis umumnya terbangun sebelum fase REM mereka sempurna. Anda berada dalam batas antara tidur dan bangun. Inilah yang membuat Anda merasa seperti sedang bermimpi. Ada pula kemungkinan Anda mengalaminya di fase sadar dan merasa tidak bisa menggerakkan tubuh, tidak mampu berbicara, atau dalam beberapa kasus mereka tidak bisa bernapas,” imbuhnya.


    8. Mimpi Anda telanjang di depan umum

    “Mimpi seperti ini biasanya disertai dengan perasaan malu. Selain itu, Anda bisa mengalami satu kondisi di mana Anda merasa tidak berdaya,” jelas dr. William. Namun apabila Anda tidak merasakan hal-hal tersebut saat bermimpi demikian, artinya bisa bertolak belakang. “Ada kemungkinan bila Anda merasa ingin dilihat, diperhatikan, atau dikagumi,” lanjutnya.


    9. Mimpi gigi Anda tiba-tiba tanggal

    Apakah Anda adalah orang yang mudah cemas? Mimpi tentang gigi yang tanggal bisa terbentuk akibat kecemasan yang terpendam dalam diri Anda sendiri. “Kita mungkin menganggap hal ini sebagai bentuk kekhawatiran terhadap potensi, kompetensi, kekuatan, atau keinginan seseorang untuk mengurangi beban hidupnya,” ujar dr. William. Mimpi ini tergolong sangat umum dan bisa dikaitkan pula dengan masa transisi yang akan Anda hadapi.


    10. Mimpi sedang dikejar

    Makna mimpi ini tergantung pada siapa yang mengejar Anda. “Umumnya, orang-orang bermimpi sedang dikejar oleh monster. Monster merupakan bentuk manifestasi dari rasa tidak percaya, kecanduan, atau hutang,” demikian terang dr. William. 

    Apabila Anda bermimipi sedang dikejar oleh seseorang yang Anda kenal, maka artinya pun berbeda. “Sosok yang mengejar Anda sering kali memiliki interpretasi yang maknanya lebih dalam dibandingkan dengan siapa orang itu sebenarnya di kehidupan nyata,” kata dr. William, Ia melanjutkan, “Anda harus ingat bahwa orang-orang yang ada dalam mimpi Anda merupakan substitusi dari aspek-aspek lain dalam kehidupan kita.”


    11. Mimpi tentang kehidupan Anda sehari-hari atau memimpikan tempat di mana Anda tertidur

    “Mimpi ini adalah salah satu contoh dari Day Residue. Peristiwa yang terjadi di hari sebelumnya muncul kembali lewat mimpi,” ucap dr. William. Hal ini terjadi karena mimpi kita kerap terbentuk dari pikiran-pikiran yang ada dalam benak kita sepanjang hari.


    12. Mimpi menjadi seorang pemimpin

    Anda bermimpi menjadi seorang CEO, presiden, raja, atau petinggi agama. Menurut dr. William, mendapat mimpi akan hal demikian terkesan muluk, namun dapat dikatakan bila si pemimpi biasanya bukanlah seseorang yang memiliki jabatan tinggi di kehidupan nyata. Dengan kata lain, mimpi ini mengajak mereka yang tidak memiliki kekuasaan untuk merasakannya melalui alam bawah sadarnya. “Mimpi menjadi seorang pemimpin sebenarnya adalah sebuah bentuk kompensasi untuk mengatasi ketidakberdayaannya dalam dunia nyata,” ucapnya.


    13. Mimpi sedang berada dalam suatu kesempatan bersama kerabat yang telah meninggal dunia 

    Dalam mimpi, Anda melihat diri Anda sedang berada dalam sebuah acara yang amat mewah bersama dengan sosok yang Anda kenal, hanya saja ia telah meninggal dunia. Sungguh merupakan kesempatan yang nampaknya tidak mungkin terjadi. 

    Mimpi semacam ini merepresentasikan bagaimana Anda ingin menggantikan realita dengan fantasi. “Bermimpi berada dalam sebuah jamuan bisa diartikan sebagai upaya untuk memuaskan rasa lapar Anda karena Anda sebelumnya telah melewatkan jam makan. Sementara bermimpi tentang orang-orang yang telah meninggal dunia diartikan sebagai keinginan untuk membawa mereka hidup kembali,” tutur dr. William.                  

                                   

    (Penulis: Kristen Bateman and Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US)                                                                                                                    



    Tags : mimpi






- RELATED ARTICLE -