• 10 Ide Busana Bahan Kulit yang Sedang Menjadi Tren Sekarang

    Fashion / Trend


    10 Ide Busana Bahan Kulit yang Sedang Menjadi Tren Sekarang

    Ini adalah langkah terbaik untuk melakukan transisi gaya Anda.


    Jika mendengar kata pakaian terbuat dari bahan kulit dan yang datang ke pikiran Anda adalah biker jacket milik karakter Sandy di film Grease, mantel kulit milik Keanu Reeves di film The Matrix, Jaket Moto milik Posh dan Becks di tahun 1999, jangan langsung merasa artikel ini memberikan Anda impresi yang salah, karena kami akan merubah pikiran Anda. 

    Bahan leather yang memiliki karakteristik kaku, mengilap , dan berpotongan tegas membuat leather menjadi salah satu benda yang berbeda dari benda lain di dalam lemari Anda, yang berarti pakaian berbahan leather akan menyempurnakan pakaian basic.

    Maksud dari pakaian basic adalah kaus berwarna putih yang Anda miliki hingga atasan kemeja polo dan atasan rajut bahan cashmere, membuat pakaian berbahan kulit adalah material yang tepat untuk menyempurnakan gaya Anda.

    Rahasia dari sebuah pakaian yang termasuk dalam kategori versatile bersumber dari siluet pakaian itu sendiri. Untuk di musim gugur/dingin 2019, carilah busana berbahan kulit yang bersiluet longgar namun tetap memiliki struktur. 

    Untungnya, di musim ini para desainer kerap mengombinasikan pleats dan motif yang unik dengan bahan leather yang bertekstur sedikit kaku untuk menciptakan busana yang menginjeksikan sisi 'arsitektur'. 

    Bukan hanya desainer high fashion, label high street juga turut berpartisipasi menciptakan pieces berbahan kulit, cobalah cek Arket, & Other Stories dan Topshop untuk menemukan pieces seperti ini seharga £200.

    Walau begitu, piece berbahan kulit bukan hanya akan tren di musim ini, bahan kulit mudah dipadankan dengan busana sehari-hari sehingga mereka sangat tepat untuk dijadikan investasi oleh Anda. 

    Berikut 10 busana berbahan kulit favorit Bazaar

    1. The Culottes



    Celana Bermuda adalah salah satu tren di musim panas, carilah celana bermuda yang lebih panjang (terletak di bawah lutut kaki Anda) dan Anda akan dapat mengenakan piece ini kapan saja. Celana kulot lansiran Arket ini contohnya; padankan celana ini dengan naked sandals di musim panas, kemudian ganti sandal dengan knee boots saat musim dingin tiba.

    Leather culottes, £22, Arket


    2. The New Leather Jacket



    Kami akan sangat mendukung Anda untuk mencoba mengenakan old biker jacket tua milik Anda demi mengikuti tren musim gugur/dingin 2019, namun tunggu dulu, kami yakin jaket milik Anda mungkin memiliki sedikit nuansa rock n roll yang kurang pantas untuk dikenakan kembali.

    Coba cek jaket lansiran & Other Stories yang memiliki panjang tepat dan dilengkapi dengan waist belt dan ornamen kancing di bagian depan, membuat piece ini tampak seperti jaket di era '70-an. Kenakan ini dengan dress bergaya bohemian milik Anda, flare jeans atau miliki celana panjang yang senada lansiran & Other Stories.

    Belted Workwear Leather Jacket, £299, & Other Stories


    3. The A-line Skirt



    Bentuk rok ini adalah semacam bentuk upgrade dari rok pensil yang biasa kita lihat. Rok midi berpotongan A-line ini sangatlah versatile dibandingkan dengan versi sebelumnya (di mana badan rok diberi motif embossed kulit buaya sehingga terasa sangat kaku). 

    Kenakan rok ini dengan atasan rajutan bahan cashmere dan atasan turtle neck hingga sebuah kemeja putih dan kaos putih yang simpel, kemudian ganti alas kaki dengan knee boots, sneakers dan sepatu hak tinggi tergantung kebutuhan Anda.

    Croc-effect leather midi skirt, £199, Marks & Spencer


    4. The Oversized Button Up



    Salah satu cara ternyaman untuk mengenakan sesuatu berbahan leather sepanjang musim adalah dengan mengenakan sebuah kemeja kancing bersiluet oversized. Belilah kemeja lansiran H&M satu ini, yang akan tampak bagus juga untuk dikenakan sebagai outer jacket yang ringan. Lalu, Anda juga bisa mengenakan ini dengan sebuah atasan turtleneck di musim gugur nanti.

    Leather shirt, £149.99, H&M


    5. The Collared Dress



    Dengan siluet A-line, kancing yang diletakan secara tersembunyi dan kerah yang rapi, dress lansiran Theory ini memiliki nuansa gaya tahun '60-an yang dikombinasi dengan material kulit berwarna tan yang mempertegas. Cobalah gaya berpakaian minimalis dengan mengenakan ini tanpa bawahan dan kenakan alas kaki seperti sliders, lalu jadikan dress ini sebagai unsur ansambel retro di musim berikutnya dengan mengenakannya bersama over-the-knee boots.

    Leather mini dress, £1,150, Theory at Selfridges


    6. The Colourful Skirt



    Jika Anda lebih suka gaya santai, mengenakan piece ciri khas label Isabel Marant yang mengusung gaya bohemian adalah solusi yang tepat.

    Untuk musim gugur/dingin 2019, sang desainer menyulap material kulit dengan menjadikannya sebagai rok celana, celana pendek, dress asimetris, dan blus. Salah satunya adalah rok berwarna burgundy yang beraksen waterfall di bagian depan dan dilengkapi dengan aksesori ikat pinggang D-ring. 

    Di panggung runway Isabel Marant, rok ini dipadankan dengan knitwear dan slouchy boots, Anda juga dapat mengenakan rok ini dengan atasan vest dan sandal tali. 

    Fiova belted draped leather skirt, £1,890, Isabel Marant at Matches Fashion


    7. The Trousers



    Ketika Anda akan membeli sebuah celana panjang bahan kulit, yang perlu diperhatikan adalah bagian fit yang memerankan peranan penting. Untuk dapat mengenakan celana panjang bahan kulit secara terus menerus, siang maupun malam hari, belilah celana yang memiliki siluet lurus di bagian paha dan tidak terlalu panjang. 

    Celana lansiran Toteme ini akan cocok untuk dipadukan dengan atasan kaus hingga sneakers, atasan bertabur sequins hingga alas kaki stiletto mules.

    Leather straight-leg trousers, £670, Toteme at Browns Fashion


    8. The Shorts



    Berbentuk A-line dengan sedikit aksen pleated, celana lansiran SportsMax bahan kulit yang mengilau ini mudah untuk dipadankan dan akan membuat postur tubuh sang pemakai tampak bagus.

    Kenakan celana ini ke acara musim panas dan festival. Ketika musim dingin tiba, kenakan dengan stocking dan blus yang dihiasi dengan detail bow berukuran besar untuk menciptakan efek glamor ala '80-an.

    Nepeta high-waist leather shorts, £450, Sportmax at Selfridges


    9. The Wear-Everywhere Dress



    Ketika rok pensil sudah ketinggalan zaman, shift dress justru bertahan sebagai barang fashion yang tak lekang oleh waktu. Versi kulit di piece ini adalah contoh dress yang tak akan ketinggalan zaman, dan dapat dikenakan juga sebagai Little Black Dress ketika akan pergi di malam hari atau kenakan atasan turtle neck sebagai dalaman untuk tampilan ke kantor.

    Toril split-front leather dress, £350, Iris & Ink at The Outnet


    10. The Blazer



    Blazer oversized tetap masuk sebagai kategori barang fashion yang sedang tren, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan blazer bahan kulit oversized sebagai investasi. Seperti blazer lansiran Tibi berwarna biru muda yang satu ini.

    Dengan blazer ini Anda akan mendapat banyak opsi gaya seperti mengenakannya dengan cycling short atau legging, atau dengan sebuah dress dan boyfriend jeans.

    Oversized glossed-leather blazer, £1,215, Tibi at Net-a-porter


    ((Penulis: Abigail Southan; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -