• Satu-Satunya Gaun Milik Ratu Elizabeth I akan Dipamerkan

    Fashion / News


    Satu-Satunya Gaun Milik Ratu Elizabeth I akan Dipamerkan

    Terbuat dari bahan sutra dan dihiasi oleh bordir yang rumit, ini adalah satu-satunya gaun milik sang Ratu yang diketahui masih ada.


    Ratu Elizabeth I adalah salah satu anggota Kerajaan Inggris yang paling dikenal di sejarah Britania Raya, namun hanya sedikit yang mengetahui pakaian peninggalannya yang tersisa.

    Tetapi di musim gugur ini, satu-satunya gaun yang diketahui pernah menjadi miliknya dikabarkan akan segera dipajang di Hampton Court Palace. 

    Gaun yang dibuat dengan material sutra yang dijahit menggunakan benang emas dan metalik ini, sudah disimpan sebagai gaun altar selama berabad-abad di Herefordshire, yang dipercaya sudah menjadi miliknya sejak kedekatannya dengan Blanche Parry, yang merupakan asisten pribadinya di desa Bacton, Inggris. 

    "Ketika saya melihat gaun ini untuk pertama kali, saya langsung tahu gaun ini adalah sebuah gaun yang spesial. Setelah saya selidiki, saya merasa seakan saya baru saja menemukan keajaiban, seakan saya baru saja menemukan Monalisa dalam bentuk fashion." Ungkap kurator Eleri Lynn kepada Gordon Rayner untuk The Telegraph, ketika menemukan gaun ini di tahun 2017. 


    "Tidak ada gaun-gaun milik Ratu Elizabeth I yang diketahui selamat, namun setelah kita pelajari gaun ini ditemukan beberapa ciri di gaun ini yang membuat kita mengetahui bahwa gaun ini pernah dikenakan oleh Ratu Elizabeth I"

    Saat ini, setelah beribu jam gaun ini dikerjakan di bagian konservasi, gaun ini akhirnya siap untuk dipamerkan di depan publik, dan akan di pamerkan di samping potret bertajuk 'Rainbow Portrait', yang adalah potret sang Ratu yang tampak mengenakan gaun yang mirip dengan gaun tersebut.

    "Untuk memiliki sebuah gaun Tudor yang pernah memiliki hubungan dengan Ratu Elizabeth I adalah momen yang sangatlah langka", jelas kurator koleksi ini Eleri Lynn. 

    "Kita sangat senang untuk memamerkan gaun ini di Bacton Altar Cloth di samping potret Rainbow Portrait yang legendaris, yang menampakan banyak kesamaaan bahan dengan gaun yang ini" 

    Gaun ini rencananya akan ditampilkan di Hampton Court Palace dari tanggal 12 Oktober sampai 23 Februari 2020. Tiket yang dijual untuk dewasa akan disumbangkan menjadi donasi seharga £23.50, dan akan ada potongan harga untuk kunjungan siswa sekolah, manula, anak-anak dan keluarga. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs hrp.org.uk. 


    (Penulis: Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar US) 








- RELATED ARTICLE -