• Film Tentang Bali Karya Anak Bangsa Ini Go Internasional!

    Culture / News


    Film Tentang Bali Karya Anak Bangsa Ini Go Internasional!

    Film tentang kisah komposer gamelan yang mengejar mimpi di Amerika Serikat ini sudah tayang di Korea Selatan dan Amerika Serikat.


    Tidak mudah untuk menjadi seorang seniman beraliran tradisional di negeri orang, namun hal ini sudah dibuktikan oleh Nyoman Wenten seorang seniman asal Bali yang mengejar mimpi di Amerika Serikat. Melalui film Bali: Beats of Paradise, Nyoman Wenten, seorang pemain dan komposer gamelan asal Bali membagikan kisah inspiratifnya kepada dunia.

    Film yang digarap sekaligus diproduseri oleh sineas Livi Zheng ini juga menampilkan aktor dan aktris kenamaan dunia yakni Judith Hill. Judith Hill adalah seorang penyanyi yang pernah memenangkan Grammy Award. 

    Film dokumenter yang sudah tayang di Amerika Serikat dan Korea Selatan ini sukses mengangkat budaya Indonesia ke dunia sekaligus memberikan pelajaran baru terhadap orang-orang yang belum mengetahui seni gamelan sebelumnya.

    Menurut Livi Zheng selaku sutradara sekaligus produser, hal yang menarik minatnya untuk mengangkat tema ini ke dalam sebuah film adalah musik gamelan yang merupakan seni musik tradisional Indonesia dan sudah semakin dikenal di mata dunia.

    Berbagai score musik sudah mulai mengadopsi alunan musik gamelan sebagai ilustrasi musik, seperti di film Avatar, Star Trek, game Nintendo, hingga NASA dalam program komunikasi tahun 1977.


    Tak cukup di aspek pembuatan film saja, film Bali: Beats of Paradise juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

    Duta besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi yang juga adalah executive produser film ini bersamaan dengan seorang bankir ternama asal Amerika Serikat yakni Julia Gouw mendapatkan kesempatan menayangkan film ini di bioskop dengan layar terbesar di dunia yang berada di Korea Selatan menurut Guinness World Records 2014

    Acara penayangan perdana film ini yang digelar di CGV Cinema Grand Indonesia dihadiri oleh 1.000 undangan yang meliputi berbagai kalangan termasuk Menteri Pariwisata, Arief Yahya.


    "Film memang media yang ideal untuk mempromosikan budaya dan alam Indonesia ke mancanegara. Bali: Beats of Paradise layak jadi bagian promosi wisata Wonderful Indonesia", ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sangat mengapresiasi film ini.

    Untuk Anda yang penasaran dengan keindahan film ini, Anda dapat menyaksikannya di bioskop pada tanggal 22 Agustus 2019. Anda juga dapat menyaksikan trailer film tersebut di bawah ini:



    (Foto: Courtesy of Bali: Beats of Paradise)









- RELATED ARTICLE -