• 8 Gunung di Indonesia Untuk Dikunjungi Sebelum Usia 40-an

    Culture / News


    8 Gunung di Indonesia Untuk Dikunjungi Sebelum Usia 40-an

    Karena dibutuhkan keberanian sekaligus stamina.


    Indonesia kaya akan alamnya. Gugusan pegunungan, birunya bentang samudera, hingga hutan yang eksotik, seluruhnya ada di negeri sendiri. Secara geografis, alam kita begitu kaya. Terdapat ragam kekayaan destinasi untuk dijelajahi di Indonesia.

    Bagi para pencinta adrenalin dan ketinggian, Bazaar sempat menyebutkan di awal mengenai gugusan pegunungan di Indonesia. Kerap dituangkan dalam objek lukisan, keindahan tersebut rasanya sulit diungkapkan dengan kata-kata.

    Untuk tingkat kecuraman, pegunungan di Indonesia sangat variatif. Demikian pula dengan suasana alam sekitar gunung. Tidak jarang banyak yang memutuskan untuk mengunjungi sejumlah gunung lebih dari satu kali. Soal persiapan mendaki gunung, selain niat dan keberanian, dibutuhkan pula stamina yang kuat.

    Tidak bisa dianggap sepele sama sekali, kondisi tubuh menjadi hal signifikan yang wajib dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pendakian. Juga tidak dapat dipungkiri, faktor umur menjadi salah satu penentu untuk kondisi stamina tubuh. 

    Berikut delapan gunung di Indonesia yang Bazaar rekomendasikan untuk dikunjungi selama stamina tubuh berada dalam kondisi prima.


    1. Gunung Bromo


    Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pendakian, gunung Bromo dapat dijadikan opsi. Jalur pendakian yang terbilang tidak terlalu ekstrim menjamin segi keamanan Anda. Lokasi pegunungan ini juga tak sulit dijamah.


    2. Mahameru


    Mahameru merupakan nama dari puncak Gunung Semeru. Menaklukkan Mahameru memerlukan stamina yang cukup kuat karena Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut.


    3. Gunung Tambora


    Selanjutnya terdapat Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Gunung Tambora sempat menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia beberapa waktu silam. Gunung Tambora memiliki sebuah semenanjung yang dinamakan Semenanjung Sanggar.


    4. Gunung Batur, Bali


    Termasuk dalam kategori gunung berapi yang masih aktif, Gunung Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Bali. Keindahan puncak gunung ini sudah dikenal oleh para pendaki ulung.


    5. Gunung Kelud, Kediri


    Kali ini kita beranjak ke jalur pendakian di daerah Kediri, Jawa Timur. Keindahan serta bentuk unik dari Gunung Kelud menjadi faktor utama yang menarik minat para pencinta gunung.


    6. Gunung Merapi


    Nama Gunung Merapi pasti sudah tidak asing. Walau merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia, tidak menjadi alasan untuk tidak menyaksikan keindahan gunung ini. Bagaimanapun juga, ada baiknya tetap berhati-hati dan memeriksa kondisi gunung sebelum mendatanginya.


    7. Gunung Merbabu


    Berada di ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut, Gunung Merbabu berlokasi di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Konon lereng gunung Merbabu merupakan pusat bertapa terkenal. Lepas dari hal tersebut, Gunung Merbabu memang menakjubkan.


    8. Gunung Rinjani


    Kita tutup dengan perjalanan mendaki Gunung Rinjani. Soal panorama, tidak perlu diragukan lagi. Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasanya mencapai 40 hektare lebih!



    (Foto: Courtesy of Instagram @exploreindonesia, @pendakibiasa_,@edubrancation, @mrizag)









- RELATED ARTICLE -