• 10 Fakta Tentang Mercury Retrograde yang Perlu Anda Ketahui

    Culture / News


    10 Fakta Tentang Mercury Retrograde yang Perlu Anda Ketahui
    Courtesy of 123RF/Azzardo

    Seringkah Anda mendengar kalimat 'mercury in retrograde' dibahas oleh orang sekeliling? Berikut fakta-fakta tentang Mercury Retrograde.


    Ketika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai harapan atau di luar dugaan, banyak orang langsung berkata 'mercury is in retrograde' atau menyalahkan planet merkurius atas apa yang terjadi. Tapi tahukah Anda apa itu mercury retrograde? Dan mengapa banyak orang yang menyalahkan planet atau was-was ketika mereka mengetahui tanggal terjadinya mercury retrograde?  Berikut Bazaar kumpulkan fakta-faktanya.

    1. Arti Mercury Retrograde

    Di saat mercury retrograde terjadi, planet merkurius bergerak melawan arah dari bumi. Artinya, jika planet biasanya bergerak dari timur ke barat, ketika mercury retrograde terjadi planet justru bergerak menuju ke timur. 

    Namun telah dipastikan bahwa pergerakan tersebut sebenarnya tidak benar-benar terjadi, justru pergerakan tersebut hanyalah sebuah ilusi. Saking cepatnya planet merkurius bergerak dibandingkan planet lainnya, pergerakannya menyebabkan ilusi seakan planet tersebut bergerak melawan arah. 


    2. Cara Bekerja Mercury Retrograde

    Planet Merkurius di bidang astrologi mewakili aspek komunikasi, di mana ketika mercury retrograde terjadi, dunia astrologi memprediksi fenomena itu mengharuskan banyak orang untuk berhati-hati ketika berkomunikasi. Terutama di sebuah hubungan yang melibatkan dua individu atau lebih. 

    Ketika mercury retrograde, Anda pun akan cenderung lebih sulit untuk mengomunikasikan perasaan kepada orang lain sehingga dapat menyebabkan salah paham. Dunia astrologi juga mengingatkan agar sebaiknya menunda untuk membuat sebuah perubahan di hidup Anda dan berhati-hati sampai waktu mercury retrograde habis masanya.


    3. Waktu Terjadinya Mercury Retrograde

    Mercury retrograde biasanya akan berlangsung sebanyak 4 kali setiap tahun dan dapat terjadi selama kurang lebih 20 hari. 


    4. Yang Harus Dilakukan Selama Mercury Retrograde

    Meskipun mendapatkan cap hal buruk akan terjadi selama fenomena ini, Anda juga dapat menjadikan mercury retrograde sebagai waktu untuk memikirkan keputusan-keputusan dalam hidup Anda lebih dalam lagi. Mercury retrograde juga dapat menghindarkan Anda dari hal-hal buruk yang dapat terjadi jika Anda tidak mendapatkan peringatan tentang mercury retrograde yang sudah berjalan sebelumnya.


    5. Apa Yang Terjadi Selama Mercury Retrograde

    Menurut ahli astrologi, beberapa pemilik zodiak tertentu seperti Virgo dan Leo atau zodiak lain yang dipengaruhi oleh planet merkurius biasanya akan merasakan fenomena ini di kehidupan mereka lebih keras dibanding yang lainnya.

    Namun, hal yang dapat dilakukan oleh pemilik zodiak apa pun adalah berusaha untuk lebih fleksibel dan berhati-hati ketika akan menandatangani suatu kontrak penting atau lebih menyiapkan perlengkapan dengan teliti sebelum bepergian.


    6. Sisi Positif Mercury Retrograde

    Kata mercury retrograde yang cukup intimidatif akan membuat banyak orang lebih teliti dan berhati-hati tanpa berbuat apa pun secara terburu-buru. Hal ini adalah sisi positif fenomena tersebut yang dapat menyelamatkan banyak orang dengan memperingati mereka untuk menjauhi masalah.


    7. Besar Kekuatan Mercury Retrograde

    Fenomena mercury retrograde diperkirakan akan lebih menantang ketika planet merkurius bergerak melawan arah dari barat ke timur di saat bulan purnama berlangsung. 


    8. Mercury Retrograde dan Hubungan Percintaan

    Karena planet merkurius mewakili aspek komunikasi di dunia astrologi, ketika mercury retrograde terjadi, banyak hubungan percintaan yang akan bermasalah dengan komunikasi di antara mereka. Untuk itu, sebaiknya Anda dan pasangan lebih membangun komunikasi yang baik dan berhati-hati demi menghindari salah paham.


    9. Mercury Retrograde dan Berbelanja 

    Apakah Anda berencana untuk membeli sebuah properti atau mobil? Pastikan ketika membeli barang-barang berharga saat mercury retrograde terjadi, Anda sudah memikirkannya dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari.

    Ini adalah salah satu sisi positif dari fenomena ini agar Anda tidak membuang-buang uang secara sembarangan.


    10. Mercury Retrograde Bukan Penghalang Keputusan

    Menurut ahli astrologi, keberadaan mercury retrograde bukan berarti akan menghentikan aktivitas sehari-hari Anda. Mercury retrograde adalah hari-hari atau momen yang tepat untuk melakukan double check, mengulik fakta, memastikan para klien ataupun orang sekitar tidak terkena imbas salah paham. 


    (Foto: Courtesy of azzardo©123RF.com) 








- RELATED ARTICLE -