Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Destinasi Kota di Dunia yang Dikatakan Mirip Jakarta

Dimana saja letaknya?

5 Destinasi Kota di Dunia yang Dikatakan Mirip Jakarta

Jakarta, kota metropolitan, kota yang tidak pernah tidur. Begitu bervariasi julukan bagi ibu kota kebanggaan kita ini. Terkadang membuat jenuh, mengingat kondisi jalan macet yang harus ditempuh hampir setiap harinya. Belum lagi, belakangan perkiraan cuaca mengatakan tingkat polusi udara di kota ini sedang mencapai klimaks terburuknya.

Apapun itu, yang jelas Jakarta membuat rindu. Di balik semua kelebihan dan kekurangannya, Jakarta tetap rumah, tempat di mana kita hidup dan menjalani keseharian. Sehingga tidak jarang saat kita pergi berpelesir ke negeri orang, seindah apapun destinasi tersebut, rasa rindu akan kota Jakarta cepat atau lambat pasti terbesit di hati.

Di mata dunia, kota Jakarta merupakan kota berkembang yang amat dinamis. Beberapa menyamakannya dengan sejumlah kota lain yang tersebar di seluruh pelosok dunia. Ingin tahu destinasi kota yang sering disamakan dengan Jakarta? Simak berikut ini.  


1. Bangkok, Thailand





Tidak heran kebanyakan warga Jakarta kerap memilih kota Bangkok di Thailand sebagai salah satu tujuan berlibur favorit. Berada di kota ini dalam durasi waktu yang cukup lama tidak terlalu terasa. Mungkin karena kemiripannya dengan kota sendiri. Lihat saja unggahan foto barusan. Bukankah mirip sekali dengan suasana pusat kota Jakarta saat malam hari?


2. New Delhi, India





Kota New Delhi, India, juga sering dikatakan mirip dengan Jakarta. Mulai dari jalanan kota, sarana transportasi lokal, hingga karakter kulit dan wajah para penduduknya memang menyerupai kota Jakarta. Tidak dapat dipungkiri.


3. Kuala Lumpur, Malaysia





Selanjutnya kita beralih ke negara tetangga sendiri. Ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, juga sering disebut saat muncul pertanyaan mengenai mengenai destinasi kota yang mirip dengan Jakarta. Bagaimana menurut Anda setelah melihat foto di atas?

4. Taipei, Taiwan





Kota Taipei di Taiwan juga sering disamakan dengan karakter kota Jakarta. Tentu saja udara di Taipei lebih rendah polusi dibandingkan dengan dengan ibu kota sendiri. Tetapi soal budaya dan hiburan, Jakarta masih mengejar.


5. Manila, Filipina





Kota Manila kebanggaan warga Filipina menutup nama kota yang sering disamakan dengan Jakarta. Iklim yang sama, ramainya transportasi lokal yang memenuhi ruas jalan, hingga suasana malam hari di kota yang selalu hidup memang benar berbanding selaras dengan Jakarta.

Kalau menurut Anda, dari kelimanya kota manakah yang paling mirip dengan Jakarta?


(Foto: Courtesy of Instagram @amazingthailan, @delhigram, @timeoutkl, @discover_taipei, @taipeitravel, @edithx0379, @kubanru)