• Cara Menghilangkan Vlek Hitam di Wajah

    Beauty / Tips


    Cara Menghilangkan Vlek Hitam di Wajah

    Tips untuk menyamarkan vlek hitam dengan mudah.


    Vlek hitam yang muncul di wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, perubahan hormon hingga tanda penuaan. Terkadang, hal ini bisa mengganggu penampilan sehingga membuat Anda tidak nyaman atau percaya diri. 

    Jika kulit menunjukkan adanya vlek hitam, Anda bisa mulai melakukan perawatan untuk menyamarkannya atau membuat kulit tampak lebih cerah. Ada berbagai cara menghilangkan vlek hitam di wajah, mulai dari perawatan hingga cara alami. 

    Kali ini, Bazaar merangkum beberapa cara menghilangkan vlek hitam di wajah. Mari simak apa saja langkah tersebut.

    Cara Alami Menghilangkan Vlek Hitam

    1. Perasan air Lemon

    Lemon seringkali digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan warna kulit sehingga dianggap bisa menyamarkan vlek hitam membandel. Ambil sedikit perasan air Lemon menggunakan kapas, kemudian oleskan secara perlahan di tempat vlek hitam. Biarkan kering dengan sendirinya, lalu bilas menggunakan air bersih. 

    Jika Anda memiliki kulit sensitif, tambahkan sedikit air pada perasan air Lemon untuk mengurangi tingkat keasamannya. Anda bisa juga mencampurkannya dengan madu atau air mawar. Lakukan perawatan ini selama dua minggu untuk hasil yang maksimal. 

    2. Buttermilk

    Layaknya Lemon, susu asam ini juga bermanfaat untuk menghilangkan vlek hitam karena mengandung tingkat keasaman yang sama. Buttermilk mampu memudarkan noda bekas jerawat dan vlek hitam lainnya tanpa menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Kandungan asam laktat di dalamnya juga akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkannya.

    Cara menggunakannya pun tak begitu sulit. Ambil 4 sendok teh buttermilk lalu campurkan dengan 2 sendok teh jus tomat segar, aduk keduanya hingga tercampur sempurna. Oleskan ke area wajah yang bermasalah lalu diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. 

    3. Lidah buaya

    Kaya akan polisakarida, gel lidah buaya mampu menyamarkan bintik hitam yang muncul akibat paparan sinar matahari. Kandungan di dalamnya mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan menyembuhkan bekas luka. 

    Belah lidah buaya lalu ambil gelnya dan oleskan pada vlek hitam di wajah. Lakukan gerakan memijat lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Hilangkan bekas gel di wajah menggunakan handuk bersih yang direndam air hangat, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini satu sampai dua kali dalam seminggu.

    4. Kunyit

    Kunyit adalah zat pencerah kulit yang juga populer dan banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Selain itu, kunyit bisa memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas dan pigmentasi kulit. Perawatan menggunakan kunyit efektif untuk vlek hitam yang disebabkan sinar matahari atau penuaan.

    Campurkan 2 sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit susu dan air perasan lemon, lalu oleskan di area yang terdapat banyak vlek hitam. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air hangat.

    5. Cuka Apel

    Alpha hydroxyl acid atau AHA ternyata terkandung di dalam cuka apel. Kandungan tersebut mampu membuang sel-sel kulit mati. Bahan ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mencerahkan sekaligus memulihkan kondisi kulit. 

    Untuk menghilangkan vlek hitam menggunakan cuka apel, Anda bisa membubuhinya di kapas dan mengusapkannya ke wajah layaknya toner. Lakukan kebiasaan ini satu hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

    Perawatan Wajah

    1. Glycolic Acid

    Kandungan glycolic acid mungkin tak asing lagi bagi Anda. Jenis kandungan AHA (alpha hydroxy acid) yang terbuat dari gula ini mampu mengangkat sel kulit mati demi melancarkan pertumbuhan sel baru. Gunakan formula yang setidaknya terbuat dari 10 persen glycolic acid.


    Coba: Caudalie Glycolic Peel, Sephora.co.id, 539.000 rupiah


    Selain manfaat peeling yang mampu mengurangi tampilan vlek hitam di wajah, produk ini juga dapat mengurangi produksi minyak, memperbarui tekstur kulit, hingga memperkecil tampilan pori. Gunakan produk ini selama 10 menit sebanyak dua kali dalam satu minggu.

    2. Retinoid

    Formula ini merupakan bentuk paling kuat dari vitamin A yang mendorong pergantian sel dengan cepat. Ia juga sekaligus mampu membatasi produksi melanin yang menyebabkan munculnya vlek hitam di wajah.

    Sayangnya, bahan-bahan ini disebut dapat membuat kulit kering dan makin sensitif terhadap paparan sinar matahari sehingga Anda juga harus rajin memakai sunscreen. Retinoid juga butuh waktu lama untuk bekerja. Retinoid tidak disarankan untuk digunakan oleh wanita hamil. 


    Coba: For Skins Sake Retinol Serum, sociolla.com, 270.000 rupiah

    Selain mampu mencegah penuaan dini, serum ini juga bisa mengganti sel kulit lama dengan yang baru secara efektif. Pengangkatan sel kulit mati tersebut akan membantu menyamarkan tampilan vlek hitam di wajah. Bonusnya, produk ini juga membantu mengurangi garis halus, menyempurnakan tekstur kulit dan meratakan warnanya.

    3. Konsultasi ke dokter kecantikan

    Jika Anda bukan tipe yang suka mencoba-coba produk di kulit wajah, ada baiknya menemui dokter kecantikan untuk berkonsultasi tentang cara menghilangkan vlek hitam paling efektif bagi Anda. Selain memberikan krim atau serum untuk dipakai di rumah, Anda juga bisa memilih perawatan seperti mikrodermabrasi, chemical peeling, atau laser sesuai dengan kondisi kulit. 



    (Foto: Courtesy of puhhha©123RF.com, sephora.co.id, sociolla.com)








- RELATED ARTICLE -