• 10 Destinasi yang Menjadikan Yogyakarta Begitu Istimewa

    Culture / Tips


    10 Destinasi yang Menjadikan Yogyakarta Begitu Istimewa

    Saatnya bertualang bersama Bazaar menuju sejumlah tempat unggulan yang menjadikan Yogyakarta dianugerahi gelar istimewa.


    Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Keraton, apapun julukannya yang jelas Yogyakarta memang spesial. Tidak heran apabila kota ini menyandang awalan ‘Daerah Istimewa.’ Begitu istimewanya kota ini hingga menjadikannya sebagai salah satu tujuan berlibur terbaik yang ada di Tanah Air. Mulai dari pesona alam, peninggalan arsitektur, keunggulan kuliner hingga kekayaan seni dan budaya. Semuanya ada di Yogyakarta. 

    Tidak heran apabila kota ini kerap menjadi sasaran utama para turis, baik lokal maupun internasional. Keistimewaan kota ini juga sukses menarik minat sejumlah pemain besar di industri seni dan kreatif. Misalnya saja, sutradara lokal ternama Riri Riza dari dunia perfilman yang memilih Yogyakarta sebagai lokasi utama shooting film Ada Apa Dengan Cinta? 2.

    Di antara sekian banyak keistimewaan tersebut, Bazaar merangkum 10 destinasi yang jangan sampai terlewatkan saat berpelesir ke kota istimewa ini. Mari bertualang!





    1. Puntuk Suthumbu


    Menyaksikan cahaya keemasan dari terbitnya matahari pagi dengan latar belakang Gunung Merbabu di tempat ini ibarat mengagumi karya lukis seorang maestro. Bukit Punthuk Setumbu menjadi awal perjalanan sebelum melangkahkan kaki menuju sembilan tempat terindah lainnya di Yogyakarta.

    Terletak di gugusan Pegunungan Menoreh, bukit ini dikenal sebagai salah satu spot terbaik bagi para traveler untuk menyaksikan cantiknya kota Yogyakarta di kala matahari pagi mulai menyapa. Agar keajaiban momen ini tidak terlewatkan, Bazaar menyarankan Anda untuk datang lebih awal sekitar jam 5 dini hari.   


    2. Goa Jomblang


    Masih terlalu pagi untuk kembali ke penginapan. Saatnya memantapkan langkah Anda untuk menuju ke destinasi selanjutnya. Kali ini giliran Goa Jomblang di Gunung Kidul. Tiba saat jarum jam menunjukan pukul 12 di tengah hari akan menjadi waktu ideal. Seperti cahaya surga, sinar matahari yang menembus masuk melalui celah bebatuan berimbas menjadi pemandangan menakjubkan. 


    3. Candi Prambanan


    Belum sah rasanya mengunjungi Kota Gudeg tanpa bertandang ke keajaiban arsitektur berikut. Mulai dari menonton gerakan gemulai para pemeran utama pertunjukan sendra tari hingga sekadar berfoto dapat dilakukan di Candi Prambanan.

    Namun, ada satu hal yang baiknya jangan Anda lewatkan. Kunjungi bangunan candi sakral ini tepat kala bulan purnama tiba. Bulu kuduk akan merinding seketika. Bukan karena aura mistis, lebih tepatnya disebabkan oleh keajaiban visual yang disuguhkan. Breathtaking!


    4. Gumuk Pasir Parangkusumo 


    Sebelum beranjak menuju rekomendasi destinasi selanjutnya, pastikan Anda tahu terlebih dahulu mengenai gumuk pasir. Keajaiban alam ini bicara mengenai bentangan pasir yang menumpuk karena pengaruh angin. Salah satu gumuk pasir terbaik yang ada di Tanah Air, bahkan di dunia, bertempat di Yogyakarta.

    Dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, wisata ala ini wajib disambangi kala berpelesir ke Kota Keraton ini. 


    5. Kebun Tebu Kulonprogo


    Luar biasa memesona. Demikian Bazaar menggambarkan kawasan sawah yang berlokasi di Kulon Progo berikut. Ilalang tinggi dengan cantiknya bunga-bunga yang bergoyang perlahan tertiup angin akan membuat Anda terbuai.

    Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan ketika berkunjung ke Kawah Tebu dengan aksi pose andalan Anda. Setiap sudut di sawah ini tergolong fotogenik untuk ditangkap lensa kamera.


    6. Geoforest Turunan Watu Payung 


    Berbentuk melebar seperti payung, wujud unik bebatuan yang terdapat di Geoforest menjadi awal mula tercetusnya nama Watu Payung. Terletak di hutan konservasi sebelah barat kawasan Geopark, Gunung Kidul, pesona destinasi ini tidak kalau bersaing dengan sembilan opsi lainnya. Suasana teduh sekaligus udara bersih dari alam sekitar menjadi kelebihan lain yang ada. 



    7. Bukit Pangguk


    Berlokasi di Bantul, tepatnya area Kediwung, bukit berikut menyuguhkan pemandangan memukau kota Yogyakarta dari ketinggian. Beberapa situs menyebut Bukit Pangguk, demikian bukit ini dinamakan, sebagai satu tempat berfoto paling hip. Jelas saja, dari bukit ini Anda seolah berada melayang di atas gumpalan awan putih membentang. Sungguh menakjubkan.


    8. Taman Sari


    Untuk opsi berikut sangat erat kaitannya dengan sisi historikal kota Yogyakarta. Seperti kita ketahui, kota ini memiliki kekayaan latar belakang sejarah dengan seluk beluk sejumlah intrik kisah keluarga keraton.

    Taman Sari menjadi salah satu bukti saksi bisu dari keunikan kisah drama antar para anggota keluarga dan kerabat keraton tersebut. Kawasan wisata Taman Sari merupakan situs peninggalan dari kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

    Beberapa keturunan dari keluarga kerajaan ini pun masih bermukim di kawasan ini hingga sekarang. 


    9. Hutan Pinus Mangunan


    Rindangnya gugusan pohon pinus menjadi pesona alam yang berhasil memikat hati para traveler. Hutan Pinus Mangunan terbilang unik dibandingkan dengan sejumlah hutan pinus lainnya karena memiliki area panggung terbuka untuk pentas pertunjukan seni dan budaya.

    Bahkan bukan hanya para turis, warga lokal yang didominasi kaum muda pun menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata favorit mereka.

    Tidak percaya? Cobalah telusuri hashtag Intagram mengenai Hutan Pinus Mangunan. Anda akan menemukan rentetan unggahan mulai dari milik penduduk lokal kekinian hingga para turis mancanegara. 


    10. Universitas Negeri Yogyakarta


    Ada yang berbeda dari destinasi berikut. Usai puas bertualang di sembilan destinasi sebelumnya, jangan lupa kunjungi pusat pendidikan berikut. Universitas Negeri Yogyakarta hadir jauh dari kesan tradisional yang identik dengan arsitektur lokal khas kota ini.


    Tema modern sekaligus aplikasi warna berani berimbas menjadi daya tarik kampus berikut. Kemajuan signifikan dari segi arsitektur dan desain ini jelas membuat julukan Kota Pelajar semakin layak disandang oleh kota ini. Kembali lagi, Yogyakarta memang istimewa.



    (Foto: Tamsak Wongneevorn©123rf.com; Courtesy of @damarnuranda, @fabiooliveira, @smilewithjeryl, @indra.saputraaa, @exzhadavin, @elizabeth.josephine.rebecca, @nicanorgarcia, @beelashabeela, @fajarnasution, @mumtazmahfud)










- RELATED ARTICLE -