• 7 Destinasi Wajib Saat Liburan ke Firenze

    Culture / Tips


    7 Destinasi Wajib Saat Liburan ke Firenze

    Berminat mengunjungi Eropa atau tepatnya Italia? Jangan lupa untuk melangkahkan kaki ke kota cantik satu ini.


    Firenze atau yang akrab disapa dengan sebutan Florence ini merupakan ibu kota dari provinsi Tuscany di negeri asal hidangan spageti. Seperti banyak kota lainnya di Italia seperti Milan maupun Roma, Firenze senantiasa tampil memukau dengan berbagai peninggalan legendaris dan ruang-ruang urban yang keelokannya sulit tertandingi.

    Tak hanya sekadar mengedepankan pesona arsitektur dari masa lampau, Florence juga turut berperan penting dalam membesarkan seniman seperti Michelangelo, Donatello, Raffaello, dan Leonardo da Vinci.

    Oleh karenanya, sebagian orang sengaja melancong ke sini untuk menyaksikan koleksi museum Firenze yang tiada duanya. Jika pesona historis masih kurang menarik hati Anda, pengalaman berbelanja di sini tentunya tak kalah seru. Jadi, apa saja yang seharusnya Anda sambangi saat mengunjungi Florence? 


    1. Florence Cathedral


    Mulailah tur Anda dari tempat yang paling ikonis sekaligus strategis, apa lagi kalau bukan Florence Cathedral. Gereja yang bernama resmi Cattedrale di Santa Maria del Fiore ini berlokasi di tengah-tengah kota sehingga tak pernah sulit untuk ditemukan.

    Terlebih, fasad katedral ini dihiasi dengan kubah raksasa yang tampak unik karena tersusun dari batu bata. Bahkan, hingga kini strukturnya tercatat sebagai kubah batu bata yang terbesar di seluruh dunia.


    2. Giotto’s Campanile


    Apabila Anda ingin menikmati panorama indah kota Florence melalui cara lain, salah satu jendela Giotto’s Campanile ini menyuguhkan perspektif mata burung yang boleh jadi sempurna sebagai sarana untuk mengagumi lanskap Firenze dari atas.

    Namun sebelum memutuskan untuk menyambangi tengaran satu ini, pastikan saja stamina Anda cukup prima. Sebab, Anda harus menaiki ratusan anak tangga untuk bisa mencapai puncaknya! 


    3. Piazza del Duomo


    Bermakna kurang lebih “pelataran katedral” dalam bahasa Indonesia, inilah pusat keramaian yang dilaim paling sering dibanjiri oleh turis-turis saat berkunjung ke Firenze. Sesampainya di sini, Anda bakal dapat langsung menyaksikan kemegahan Florence Baptistery, bangunan berlanggam gotik Loggia del Bigallo, serta tentu saja Florence Cathedral dan Giotto’s Campanile secara sekaligus. 


    4. Uffizi Gallery


    Berisikan lukisan dan patung yang dikumpulkan selama beratus-ratus tahun mulai abad ke-13, museum ini bisa dibilang surga bagi para pencinta seni. Namun, catat pula bahwa Uffizi Gallery adalah objek wisata yang sangat terkenal sehingga senantiasa menarik jutaan peminat dari berbagai penjuru dunia setiap tahunnya.

    Oleh karena itu, jangan kaget bila antreannya hampir selalu mengular. Jika enggan melewatkan berjam-jam untuk menanti giliran, sebaiknya Anda memesan karcisnya lewat internet terlebih dulu. 


    5. Mercato di San Lorenzo


    Firenze sudah lama terkenal akan kerajinan kulit yang seringnya dibuat menjadi tas tangan ataupun pakaian seperti jaket kulit dalam berbagai corak dan model. Mahal? Belum tentu. Pergi saja ke pasar ini, di mana rata-rata pedagang memperbolehkan para pembelinya untuk menawar harga.

    Selain itu, ada banyak pula barang-barang lain dari kulit asli dengan desain yang sangat memikat. Sebut saja dompet, sabuk, hingga gantungan kunci. Omong-omong, kota ini juga dikenal sebagai tempat “kelahiran” Pinocchio. Jadi, jangan heran kalau Anda akan menemukan bermacam suvenir dengan figur boneka kayu tersebut.


    6. Ponte Vecchio


    Kota Florence dibelah oleh sungai Arno sebagai salah satu landmark yang dianggap paling esensial di Italia. Meski sempat hancur atas perintah Hitler ketika Perang Dunia kedua berlangsung, sekarang jembatan Ponte Vecchio kembali gagah berdiri seperti saat dikonstruksi untuk pertama kalinya pada abad pertengahan. 


    7. Palazzo Vecchio


    Sebagai meeting point yang diklaim sangat signifikan di Florence, “alun-alun” satu ini tentu tak boleh sampai terlewatkan begitu saja.

    Kini, fungsi Palazzo Vecchio bukan Gedung pemerintahan namun juga merupakan rumah bagi berbagai karya seni bersejarah. Seolah berada di mesin waktu, alurnya seakan-akan sanggup membawa Anda terhanyut ke zaman silam.


    (Foto: : Evgeniy Zakharov©123rf.com; Courtesy of Instagram @paulmichael, @tetopak28, @makeupflorence, @francesaca_farcomeni, @tamaraasalman, @natecook_, @italianlandscapes)









- RELATED ARTICLE -