Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apa Itu Jet Lag Sosial?

Tidak memahami kebutuhan tubuh Anda bisa menyebabkan kelelahan yang ekstrem.

Apa Itu Jet Lag Sosial?

Ketika sebagian besar dari kita berusaha menjalani hidup dengan melalui hari-hari, minum air yang cukup dan berhasil bersosialisasi tanpa mengantuk, saya sadar bahwa hal terakhir yang Anda butuhkan adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Jadi, maaf, tetapi Anda hampir pasti menderita jet lag sosial dan itu adalah sebuah masalah.


Apa itu jet lag sosial?

Bukan perjalanan ke luar negeri, jet lag sosial adalah istilah yang relatif baru dan sekitar 87 persen orang di negara-negara industri seperti Inggris menderita karenanya. Efeknya mencerminkan jet lag nyata yang dapat berdampak pada segala sesuatu dari tugas sehari-hari hingga kesehatan jangka panjang.

Pada dasarnya, jet lag sosial terjadi sebagai akibat langsung dari tidak mendapatkan cukup sinar matahari dan tubuh Anda dibuat bingung ketika kapan harus tidur. Ini adalah perbedaan antara siklus biologis alami Anda dan apa yang telah dikondisikan untuk dipercaya merupakan norma sosial. Hal ini juga perbedaan antara menyeret diri Anda keluar dari tempat tidur dalam seminggu, serta tidur akhir pekan yang tenang dan tidak terganggu.



Tetapi belum tentu hari Minggu Anda yang menjadi masalah.

Chronobiologist Till Roenneberg, penulis Internal Time: Chronotypes, Social Jet Lag, and Why You're So Tired, mengatakan bahwa kita telah terbiasa menyalahkan diri kita sendiri atas jet lag sosial kita, padahal sebenarnya itu adalah jadwal kerja dan kurangnya waktu untuk menghabiskan waktu di luar rumah. Ia mengatakan kepada majalah Inggris ternama:

"Setiap kali kita membutuhkan alarm, itu berarti kita dipaksa untuk bangun terlalu pagi. Jadi, lima hari dalam seminggu kebanyakan dari kita dipaksa untuk tinggal di zona waktu yang tidak sesuai dengan zona waktu biologis kita. Seolah-olah seseorang di London bekerja di St. Petersburg, tetapi tidak pernah meninggalkan London.

"Hanya pada akhir pekan bahwa kita dapat hidup sesuai dengan zona waktu biologis kita sendiri."

Pada dasarnya, waktu bangun alami tubuh adalah apa yang seharusnya kita dengarkan. Profesor Till menyatakan, "Menariknya, sebagian besar Anglo-Saxon berpikir bahwa jet lag sosial disebabkan oleh tidur di akhir pekan dan oleh karena itu Anda harus mengatur alarm Anda juga pada hari Sabtu dan Minggu. Ini adalah Puritan yang berbicara. Faktanya adalah, kami akan bekerja terlalu cepat."

Sebuah penelitian pada tahun 2017 dari American Academy of Sleep Medicine mendukung hal ini. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang dengan jadwal tidur yang tidak menentu menderita suasana hati yang lebih rendah, masalah kesehatan yang lebih banyak, dan lebih banyak disfungsi tidur daripada orang-orang yang mempertahankan pola tidur rutin tujuh hari dalam seminggu.


Mengatasi jet lag sosial

Karyawan mulai menjadi bijak. Alexa Cobbold, seorang PR Senior dari York membuat keputusan untuk berbicara dengan bosnya tentang mengubah jadwalnya setelah melihat keseimbangan kehidupan kerjanya menderita di pagi hari. “Meninggalkan rumah pukul 7 pagi dan tidak kembali sampai jam 7 malam sangat melelahkan,” jelasnya.

“Saya sudah muak karena tidak memiliki energi untuk pergi melihat teman atau pergi berlari yang sangat membantu dengan tingkat stres dan kesehatan mental saya, serta keharusan untuk menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya terlambat.

"Butuh waktu sekitar satu setengah tahun untuk ke kantor lima belas menit terlambat dan berharap tidak ada yang memperhatikan, ditambah perubahan dalam manajer, untuk mengatakan sesuatu."



Pergeseran setengah jam dalam jadwal telah membuat perbedaan.

“Ini adalah hal terbaik yang saya pikir bisa mereka lakukan. Saya lebih positif tentang kehidupan, saya melihat teman-teman dan pacar saya tanpa memperhatikan jam dan saya bisa lari dalam waktu lama, makan malam, serta sedikit waktu ekstra untuk me-time," jelasnya.

"Saya beruntung memiliki tim manajemen yang fleksibel dan ‘for the people’ yang memungkinkan itu terjadi."

Sementara Profesor Till mengatakan semua perusahaan memiliki tanggung jawab untuk beradaptasi dengan kebutuhan tidur individu, ia mengakui bahwa mungkin dalam sepuluh atau dua puluh tahun kita akan mendapatkan jam kerja fleksibel.


Cara membantu diri sendiri

“Penting untuk menginformasikan sistem, memberi informasi kepada masyarakat, dan memberi tahu pengusaha bahwa mereka lebih produktif jika mereka mengubah waktu kerja,” jelasnya.

“Itu adalah hati nurani buruk Anda yang membuat Anda berkata, 'Ini membuat saya malas pada akhir pekan,' bukannya mengakui bahwa jadwal kerja pagi adalah pelakunya.”



Mungkin perlu diperhatikan pada titik ini bahwa semua karyawan di Inggris (terlepas dari Irlandia Utara, di mana peraturannya berbeda), memiliki hak hukum untuk meminta kerja yang fleksibel; misalnya, perubahan waktu mulai dan selesai.

Namun, jika jam tambahan di rumah tidak dapat dilakukan untuk Anda saat ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan efek jet lag sosial.

Hope Bastine, sleep psychologist untuk pembuat kasur berteknologi tinggi Simba, mengatakan kita perlu mengidentifikasi kebutuhan tidur individu kita terlebih dahulu.

“Bereksperimenlah dengan produktivitas dan tingkat kinerja Anda dan sesuaikan jadwal waktu Anda dengan itu,” katanya kepada majalah Inggris ternama. “Temukan ritme, jadwal, serta gaya hidup yang sangat cocok dan membuat Anda merasa selaras dengan diri Anda. Pastikan jadwal tidur tidak bisa dinegosiasikan.”

Ia mengatakan bahwa "utang tidur", kelelahan yang kita tumpuk saat kita kehilangan jam selama seminggu, perlu diperlakukan secermat utang riil.

“Jika Anda mencoba untuk mengejar utang tidur Anda, pergilah tidur satu jam lebih awal dan tidurlah satu jam kemudian. Ini menyebarkan pembayaran utang tidur Anda, seperti halnya kartu kredit atau hipotek Anda. Anda tidak membayar semuanya sekaligus, Anda menyebarkannya.

“Dengan cara itu, Anda tidak mengubah otak terlalu banyak dalam hal kebiasaan, namun Anda masih berusaha mendapatkan tidur.”

Jadi, kabar baiknya adalah memperbaiki jet lag sosial Anda benar-benar bisa dilakukan. Mencari tahu apa yang sesuai dengan jadwal pribadi Anda dan bagaimana Anda dapat membuat perubahan kecil untuk menaatinya jika memungkinkan, dapat membuat perbedaan pada gaya hidup Anda. Bahkan, mungkin memberi Anda lebih banyak waktu untuk menikmati akhir pekan.


(Penulis: Abigail Malbon; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar UK)