• Eksfoliasi Alami dengan “Facial Scrub” Buatan Sendiri

    Beauty / Tips


    Eksfoliasi Alami dengan “Facial Scrub” Buatan Sendiri

    Siapa sangka, bahan-bahan di dapur Anda ternyata bisa disulap menjadi scrub penghalus wajah!


    Ketika wajah mulai terasa kusam dan kurang bercahaya, lekas gunakan produk yang bisa membantu proses eksfoliasi guna membantu meluruhkan sel-sel kulit mati. Bila Anda kebetulan sedang kehabisan scrub wajah sekalipun, sebetulnya tidak sulit untuk membuatnya sendiri. Keistimewaannya yaitu komponen yang alami dan relatif minim akan risiko alergi.

    Lantas, apa saja yang dibutuhkan? Berikut ini beberapa resep mudah yang bisa Anda coba di rumah!


    1. Aduk sesendok teh gula palem dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian, oleskan ke permukaan wajah yang terasa kering dan “pecah-pecah” untuk membantu melembapkannya. Scrub natural ini begitu kaya akan nutrisi serta antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu, wajah pun terlihat jauh lebih kenyal setelah pemakaian. 


    2. Hancurkan satu buah pisang dengan kacang almond yang sudah diparut sebelumnya. Pijatkan ke permukaan wajah dengan cara menekan-nekan kulit sampai tulang tengkorak Anda terasa di ujung jari. Lakukan berulang-ulang mulai dari area rahang hingga ke dahi. Khasiatnya yang melembapkan dapat membawa manfaat antipenuaan sekaligus membuat wajah kelihatan lebih sehat!


    Baca juga: 10 Facial Scrub Favorit Bazaar


    3. Campur satu sendok makan daun teh kering dengan yogurt secukupnya untuk membikin scrub yang cukup lembut bahkan bagi kulit sensitif sekalipun. Jika tidak memiliki daun teh, gunting sebungkus teh celup untuk Anda ambil isinya. Aplikasikan ke wajah sebagai pembersih yang ampuh dalam hal melembapkan. Adapun yogurt diklaim memiliki komponen bermanfaat untuk menyamarkan warna kulit yang kurang merata.


    4. Jika kulit Anda tergolong berminyak, coba kenakan soda kue sebagai bahan untuk eksfoliasi wajah. Caranya adalah dengan mencampurkannya ke dalam sabun wajah yang Anda pakai sehari-hari. Baking soda yang dikatakan mengandung senyawa antibakteri sanggup mengenyahkan jerawat sekaligus menyerap kelebihan sebum.

    Untuk kulit yang kering, Anda dapat menggantinya dengan oatmeal. Setelah mengoleskannya ke permukaan wajah, jangan langsung dibilas. Diamkan hingga kira-kira 10 menit untuk dapat merasakan efeknya. 


    5. Lumatkan dua sendok makan sea salt dengan satu sampai dua sendok teh daun pepermin segar yang dicincang halus. Selanjutnya, tuang sari cuka apel sampai membentuk pasta halus. Sebagai catatan, jangan mengganti sea salt dengan garam meja yang kurang efektif sebagai agen eksfoliasi.

    Apple cider vinegar berfungsi sebagai penyegar wajah, sedangkan mint dapat membantu menangani masalah inflamasi. Baurkan ke seluruh muka sebelum dibilas dengan air hangat. Ingat, selalusapukan tangan Anda ke arah atas untuk impresi wajah yang lebih “terangkat”. Jika adonan scrub tersebut masih tersisa, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas hingga tiga hari setelah pembuatan.


    6. Satukan madu manuka dengan gula pasir dan sedikit perasan air jeruk nipis sebelum digosok-gosokkan ke muka sebagai butiran scrub yang dapat membantu Anda mencapai kulit idaman. Sebaiknya, pilihlah madu yang memiliki indeks UMF (Unique Manuka Factor) setidaknya 16.

    Tidak hanya andal dalam menutrisi, madu pun terbukti cukup ampuh untuk menyamarkan parutan pada kulit akibat jerawat yang membekas. Selain itu, jeruk nipis juga berkhasiat untuk membuat wajah menjadi lebih cerah dan bercahaya.


    7. Jangan buang dulu ampas kopi Anda. Baurkan dengan face oil favorit Anda sampai kekentalannya cukup untuk dioleskan ke wajah tanpa menetes. Gosokkan secara perlahan-lahan ke kulit hingga Anda bisa merasakan lapisan yang lebih halus.

    Kopi tak hanya efektif untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, namun kafein yang terdapat dalamnya bisa membuat wajah terlihat jauh lebih segar. Setelah melakukan eksfoliasi, jangan sampai lupa untuk memakai pelembap supaya elastisitas kulit Anda senantiasa terjaga.


    (Foto: : Wachara Kireewong©123rf.com) 







- RELATED ARTICLE -