• Apa Saja Manfaat Yoga bagi Kesehatan?

    Culture / Tips


    Apa Saja Manfaat Yoga bagi Kesehatan?

    Temukaan bermacam manfaat dari olahraga yang berasal dari India ini untuk keseimbangan lahir dan batin.


    Selain praktis karena dapat dilakukan di mana pun Anda suka, yoga ternyata juga bisa memberikan banyak pengaruh positif bagi kesehatan baik secara fisik maupun mental. Apa saja? Berikut ini beraneka ragam manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan yoga secara berkala.

    1. Melatih kekuatan

    Beberapa tipe yoga seperti ashtanga dan power yoga biasanya memang menuntut ketahanan fisik tertentu sehingga otot Anda pun pasti akan lebih terlatih dibuatnya. Namun, bukan berarti yoga yang simpel tidak mampu memberikan keuntungan yang sama. Sebagai contoh, bahkan yoga hatha dan Iyengar pun dapat memberi efek menguatkan bagi tubuh. Malah, hampir semua pose dalam yoga jenis apa pun disebut-sebut bisa menambah kekuatan otot perut pada manusia.  

    2. Meraih fleksibilitas

    Saat melakukan pose yoga, otot Anda pasti seringkali terasa meregang. Inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk bergerak secara lebih baik. Tidak hanya itu, Anda justru tak akan merasa cepat lelah ataupun mengalami otot-otot yang tegang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang biasanya mempunyai fleksibilitas yang meningkat sebanyak 35% setelah hanya delapan minggu mengikuti sesi yoga secara teratur. 

    3. Memperbaiki postur

    Semakin baik kekuatan dan fleksibilitas tubuh seseorang, maka biasanya akan semakin baik pula postur tubuhnya. Sejumlah jenis yoga, seperti contohnya antigravity yoga, bahkan bisa menjadikan postur Anda jauh lebih tegak secara instan. Dengan menjalani sesi yoga secara rutin, salah satu olahraga favorit aktris cantik Madonna ini mampu mengoreksi postur Anda saat duduk maupun berdiri melalui peningkatan kekuatan poros tubuh.

    4. Meringankan berbagai gejala PMS

    Gerak badan secara aktif telah diketahui sanggup meredakan sakit yang menyerang banyak perempuan saat menjelang datang bulan. Dalam hal ini, tentu saja yoga bukanlah pengecualian. Sejumlah studi menemukan bahwa sebagian besar wanita akhirnya merasa terbantu saat periode menstruasi berkat partisipasi mereka menghadiri kelas yoga secara rutin setidaknya selama 12 minggu. Menurut para partisipan, nyeri yang biasanya mereka rasakan ketika haid jauh berkurang seusai menjalani program yoga tersebut. Selanjutnya, perut pun bisa terasa lebih nyaman tanpa rasa kembung ataupun kram yang menyiksa.

    5. Mengurangi stres dan depresi

    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh San Francisco Veterans Affairs Medical Center di California menyimpulkan bahwa aplikasi hatha yoga, yakni yoga yang ideal bagi pemula sekalipun, sebanyak dua kali seminggu selama dua bulan berturut-turut berhasil menurunkan angka depresi pada 23 pesertanya. Ditambah lagi, beberapa jenis yoga melibatkan proses meditasi yang bisa membuat pikiran Anda jauh lebih relaks dan tenang. 

    6. Menyehatkan jantung

    Yoga terkenal sebagai olah tubuh yang dapat menurunkan tekanan darah dan membuat detak jantung Anda lebih stabil sehingga sering direkomendasikan bagi penderita hipertensi ataupun seseorang yang pernah mengalami stroke. Selain itu, yoga juga kerap diasosiasikan sebagai penurun kolesterol yang efektif serta penyeimbang kadar trigliserida dalam darah sehingga dapat menurunkan adanya risiko serangan jantung di kemudian hari.  

    7. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Sejumlah studi mengatakan bahwa yoga dapat memperbaiki imunitas tubuh sehingga Anda pun relatif lebih kebal terhadap penyakit. 

    (Foto: Serhii Khrystoiev©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -