• Inspirasi Gaya Kebaya Modern ala Bazaar

    Fashion / Tips


    Inspirasi Gaya Kebaya Modern ala Bazaar

    Simak tips padu padan busana nasional ini yang dapat menciptakan karakter elegan, tangguh, ataupun playful.


    Tahukah Anda bahwa desain pertama kebaya berasal dari Keraton Majapahit dan dikenakan oleh para permaisuri ataupun selir raja? 

    Lalu Aceh, Riau, dan Sumatera Utara mengadopsi model busana tradisional Jawa ini sebagai lambang status sosial. Dan semasa kolonialisme Belanda, kebaya diusung menjadi pakaian resmi para wanita Eropa, meski sejumlah elemen turut diubah. Contohnya, penggunaan jenis renda dan ornamen.  

    Seiiring waktu, tercipta juga kontruksi busana yang serupa dengan nama nyonya kebaya, yakni dirancang oleh masyarakat Peranakan dari Melaka. Desainnya menyerupai tunik pendek dalam palet warna-warni. Ada pula kehadiran kebaya encim yang konon dikenakan oleh keturunan Tionghoa dengan sulaman bordir bunga unggulan. 




    Kemudian di tahun 1970-an, pengaruh budaya pop yang kuat dari Eropa dan Amerika membuat jalur dunia mode Indonesia berpaling ke nuansa modern dan urban, sehingga kaum muda menganggap kebaya sebagai garment tradisional dan tidak trendi. 

    Namun sekarang para perancang mode Tanah Air tengah menampilkan objek gaya satu ini dalam berbagai macam karakter. Sebut saja label Bin House, Didi Budiardjo, ataupun Ghea Fashion Studio. Mereka mentraslasikan pakaian tersebut dalam desain lebih fresh sehingga dapat dipadu padankan secara menarik.

    Simak berikut transformasi kebaya masa kini dalam penampilan yang apik nan inspiratif hasil kurasi Bazaar.


    Dalam palet warna hangat, Anda bisa menyulap wastra nusantara dan sejumlah aksesori kultural sebagai aksen atraktif untuk kebaya. Tidak ada salahnya juga untuk memakai topi bermotif sebagai penunjang gaya. 


    Atau mengutarakan gaya tangguh lewat penampilan bernuansa army dengan kebaya polos yang diikuti aksesori serba emas kecoklatan.



    Sematan patch dan aksesori berwujud chunky menghasilkan spirit youthful secara optimal.


    Siapa sangka busana nasional ini pantas dikombinasikan bersama fashion item terkini?


    Busana tradisonal dapat ditranslasikan dalam tampilan multikultural, misalkan dengan padu padan ala Eropa yang seraya dengan imaji busana kebaya, yakni elegan dan prestisius. Mengenakannya dengan rok velvet dan kalung mutiara akan membuat tampilan Anda pari purna.


    Menambahkannya dengan elemen manis nan eksklusif yang mencuri perhatian.


    (Foto: Dok. Bazaar dan Courtesy of Instagram: @didibudiardjo)










- RELATED ARTICLE -