• Rekomendasi Air Terjun Terindah di Indonesia

    Culture / Tips


    Rekomendasi Air Terjun Terindah di Indonesia

    Ibarat hidup yang mengikuti arus. Rekomendasi Bazaar berikut akan membawa Anda mengapung ke tiga lokasi air terjun terindah di Tanah Air.


    Mengulik betapa menakjubkannya pesona alam Indonesia seolah tidak akan pernah ada habisnya. Betapa beruntungnya kita untuk tinggal menetap di sebuah destinasi dengan cuaca tropis ideal serta hasil bumi yang beragam. Misalnya saja buah kelapa.

    Berbeda dengan warna negara asing bagian Barat, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke mancanegara untuk menikmati kesegaran buah yang satu ini. Cukup kunjungi restoran lokal terdekat. Mengingat es kelapa merupakan salah satu menu yang disediakan hampir seluruh destinasi kuliner di Tanah Air.

    Itu hanya sebagian kecil fakta dari dunia kuliner, belum lagi pesona alam yang ditawarkan. Pantai, gunung, tebing, bukit, sebut saja. Semuanya ada di negeri dengan sejuta pesona ini. Di antara beragam pilihan tersebut, kali ini Bazaar mengajak Anda untuk mengunjungi 3 destinasi air terjun terindah di dalam negeri.

    Jika Anda tidak terlalu menggemari pantai karena takut akan menghitamnya kulit akibat paparan sinar matahari. Atau mungkin Anda tidak terlalu bersemangat saat rekan seperjalanan Anda mengajak Anda untuk mendaki gunung. Mengingat sebenarnya kegiatan tersebut sedikit terlalu esktrem dan melelahkan bagi fisik. Maka kawasan air terjun akan menjadi solusi destinasi berlibur yang tepat bagi Anda.

    Tidak terlalu menguras fisik dan tentunya tidak membuat kulit menjadi hitam dibandingkan saat Anda berkunjung ke pantai, banyak aktivitas yang dapat kita lakukan saat mengunjungi air terjun. Mulai dari sekadar bersantai sambil menikmati senandung lembut suara arus air terjun sampai berenang sembari berpose mengibaskan rambut ala iklan komersial sebuah produk shampoo.

    Atau mungkin kedua aktivitas tersebut terdengar kurang menantang? Maka adu nyali bersama para sahabat untuk melompat dari puncak tertinggi di sebuah air terjun dapat menjadi kegiatan liburan yang tidak terlupakan.

    Apapun yang Anda cari saat mendatangi keajaiban alam yang satu ini, kembali lagi ke fakta akan beruntungnya kita untuk tinggal di Indonesia. Negeri ini memiliki segudang opsi unggulan untuk destinasi air terjun yang amat memukau.

    Tidak kalah dengan air terjun Angel di Venezuela yang konon dijuluki sebagai air terjun tertinggi di dunia, 3 destinasi berikut juga siap mewarnai masa liburan Anda. Usai membaca, jangan lupa untuk mengajukan formulir cuti liburan ke perusahaan tempat Anda bekerja. Karena saat ini adalah saatnya berlibur!


    1. Air Terjun Sekumpul, Bali


    Ramah di kantong dan menawarkan sejuta hiburan, Bali selalu saja menjadi opsi liburan sebagian besar dari kita. Kemudahan akses transportasi juga menjadi salah satu keuntungan yang kita dapatkan untuk tinggal berdekatan dengan pulau eksotis yang satu ini. Apabila dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk mengunjungi pulaunya para Dewa ini, Anda wajib memperpanjang masa liburan Anda.

    Usai bersenang-senang di pusat kota, tidak ada salahnya Anda melipir sedikit ke desa Sekumpul di Kabupaten Buleleng. Di desa ini Anda akan menemukan satu lagi pesona yang dimiliki pulau ini. Pesona yang didapat dari Air Terjun Sekumpul. Tidak salah memang bila kekayaan alam yang satu ini dijuluki sebagai air terjun terindah di Bali. Tidak tanggung-tanggung, saat mendatangi air terjun ini Anda akan menemukan sekaligus 7 spot air terjun. Kumpulan air terjun tersebut menjadi inspirasi tersendiri dari terciptanya nama Air Terjun Sekumpul. 


    2. Air Terjun Sendang Gile, Lombok


    Usai mengunjungi desa Sekumpul, jangan buru-buru memesan tiket perjalanan pulang Anda. Saatnya melanjutnya kesenangan Anda dengan menyambangi Air Terjun Sendang Gile yang berlokasi di desa Senaru, tepatnya di Lombok bagian Utara. Air yang dialirkan langsung dari mata air Gunung Rinjani memang dikenal akan kesejukannya. 

    Asal muasal nama Sendang Gile sendiri didapatkan dari sebuah kisah legenda yang beredar di antara para penduduk lokal. Konon, Sendang Gile adalah tempat mandinya para bidadari khayangan saat mereka sedang turun ke bumi.

    Berbeda versi, namun tetap menarik disimak. Ada pula kisah yang beredar mengenai seorang pemburu yang tidak sengaja menemukan air terjun ini kala mengejar seekor singa yang masuk ke hutan. Hewan singa ‘gila’ tersebut pun menjadi asal muasal tercetusnya nama Air Terjun Sendang Gile. Apapun latar belakangnya, yang jelas air terjun ini jelas menyita kekaguman.


    3. Air Terjun Moramo, Sulawesi


    Menuju air terjun yang bertempat di Sulawesi ini, tampaknya Anda harus menyiapkan waktu di lain hari. Salah-salah Anda malahan menerima surat notifikasi pemecatan karena terlalu lama mengulur waktu berlibur Anda! Terletak berjauhan dengan 2 destinasi air terjun sebelumnya, Air Terjun Moramo merupakan salah satu keajaiban alam yang terdapat di Sulawesi Tenggara.

    Tidak jauh-jauh dari kisah mitos mengenai makhluk khayangan berparas sempurna, air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini konon juga merupakan tempat mandinya para bidadari. Terletak strategis di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, wujudnya yang terdiri dari beberapa tingkatan menjadi esensi dinamis tersendiri yang ditawarkan oleh sebuah air terjun.

    Selain kesegaran air, Anda juga akan menemukan sejumlah spesies unik saat bertandang ke Air Terjun Moramo. Sepasang kupu-kupu dengan sayap warna-warni hingga spesies burung dengan kicauan merdu akan sering Anda temui di tengah perjalanan menuju ke wisata alam berikut.


    (Foto: : Aleh Varanishcha©123trf.com, Instagram @kabut.gelap, @kepin.helmi, @canro.simarmata)









- RELATED ARTICLE -