• 5 Museum Terpopuler di Dunia yang Wajib Anda Kunjungi

    Culture / News


    5 Museum Terpopuler di Dunia yang Wajib Anda Kunjungi

    Jangan lewatkan kunjungan Anda ke sejumlah pusat seni berikut demi pengalaman liburan tidak terlupakan.


    Berpelesir ke negeri orang selalu menjadi pengalaman menyenangkan. Selain tentunya bertemu dengan komunitas baru dan mencicipi lezatnya kuliner lokal, ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat sedang traveling. Hal yang berkaitan dengan seni dan budaya.

    Agak disayangkan jika Anda mengunjungi sebuah destinasi tanpa berkenalan lebih lanjut dengan kekayaan seni dan budaya khas destinasi tersebut. Dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk melakukannya selain museum.

    Untuk mengunjungi sebuah museum kala berlibur tidak hanya diperuntukkan bagi Anda para ahli sekaligus apresiator seni. Nyatanya, museum menjadi salah satu destinasi yang ramai dituju para turis. Selain edukatif, museum juga menjadi tempat tujuan yang menawarkan hiburan tersendiri.

    Sisi atraktif dari sebuah museum pun sangat beragam. Mulai dari rentetan karya besar para maestro hingga berbagai spot Instagrammable di setiap sudut bangunannya. Tidak heran apabila kita kerap menghabiskan waktu berjam-jam lamanya saat mengeksplorasi sebuah museum. Pengalaman serta hiburan yang ditawarkan sebuah museum memang tidak ada habisnya.

    Kali ini, Bazaar mengajak Anda berkeliling menuju 5 destinasi museum dan galeri seni ternama di seluruh dunia. Mari alami sebuah pengalaman seni tidak terlupakan!


    1. The Metropolitan Museum of Art di New York


    Para pencinta seni pastinya sudah tidak asing lagi dengan museum yang berada di kota terpadat di Amerika Serikat berikut. Ibarat destinasi wajib bagi para turis, museum yang satu ini hampir pernah sepi. Meraih angka lebih dari 7 juta pengunjung setiap tahunnya, museum ini terbagi atas 17 departemen seni.



    Jadi Anda harus menyiapkan waktu luang seharian saat bertandang ke museum ini. Ketenarannya tidak terlepas dari kekayaan karya para pelaku seni ternama kelas dunia yang dipampang indah di museum ini. Belum lagi rentetan kegiatan seni inspiratif seperti seminar dan talkshow yang rutin digelar. Pastinya Anda mendapat pemahaman baru akan berharganya sebuah karya usai mengunjungi museum yang akrab disebut ‘Met’ berikut.


    2. The Acropolis Museum di Athena


    Dibandingkan dengan opsi museum lainnya, Acropolis Museum terbilang baru karena didirikan di era 2000-an. Keistimewaan museum ini jelas terlihat dari kekhasan karya yang dipamerkannya. Selain instalasi patung, situs arkeologi dari Acropolis di Athena menjadi variasi keunikan karya yang dipamerkan.



    Tidak ada tempat lebih baik untuk mendalami sejarah dan kebudayaan Yunani selain museum berikut ini. Keindahan lekuk bangunan historisnya juga menjadi tempat sempurna untuk berfoto. Jangan lupa setelahnya untuk mengunggahnya ke akun Instagram pribadi Anda!


    3. The British Museum di London


    Sejarah keberadaan manusia menjadi salah satu atraksi yang dihadirkan museum berikut, selain tentunya seni dan budaya. Terletak di pusat kota London, kemegahan arsitektur The British Museum santer terdengar di telinga para apresiator seni di seluruh dunia.



    Merupakan museum nasional publik pertama yang pernah ada, nama besar museum ini turut diperoleh dari keragaman 8 juta karya seni besar permanen yang dimiliki. Dibuka pertama kali pada tahun 1759, British Museum terus berekspansi hingga saat ini. Jangan lupa menyempatkan waktu Anda mengunjunginya kala berada di kota kediaman ratu Inggris ini.


    4. Van Gogh Museum di Amsterdam


    Siapa yang tidak mengenal nama besar dalam dunia seni berikut ini? Vincent Van Gogh atau biasa lebih dikenal dengan nama Van Gogh dan rentetan karya besarnya dapat Anda lihat langsung di museum yang berlokasi di Amsterdam berikut.



    Pertama kali dibuka bagi publik pada 2 Juni 1973, galeri seni ini memiliki koleksi karya lukisan Van Gogh yang terbanyak. Tentu saja, mengingat museum ini memang didedikasikan bagi seniman beraliran Post-Impressionism berikut. Apabila mengunjungi destinasi museum ini belum sanggup memuaskan hasrat seni Anda, Museum Stedelijk, Rijksmuseum dan Concertgebouw dapat menjadi tujuan selanjutnya. Keempatnya terletak berdekatan.   


    5. Louvre Museum di Paris


    Tampaknya tidak ada yang tidak mengenal museum yang satu ini. Kekhasan arsitektur bermaterial kaca berbentuk segitiga ala Louvre Museum pasti selalu muncul di timeline media sosial teman atau keluarga yang sedang berkunjung ke Paris.



    Namun, tidak banyak yang tahu bahwa museum ini awalnya merupakan sebuah benteng yang dibangun di sekitar pergantian abad 12 ke 13. Memiliki luas sekitar 73.000 meter persegi, destinasi seni ini menjadi menjadi museum yang paling ramai dikunjungi di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung. Tercatat di tahun 2017, angka pengunjung Louvre Museum mencapai lebih dari 8 juta orang. Fantastis!


    (Layout: Rian Wijaya; Foto: anyaberkut©123trf.com; Hsu Sean©123trf.com, Albertus Engbers©123trf.com, nui7711©123trf.com, Stoyan Haytov©123trf.com, Malgorzata Slusarczyk©123trf.com)

    -->
    Tags : museum






- RELATED ARTICLE -