• 10 Pilihan Buku Seputar Pesona Skandinavia

    Culture / Tips


    10 Pilihan Buku Seputar Pesona Skandinavia

    Sejumlah rekomendasi literatur yang akan membuat Anda langsung memesan tiket penerbangan pertama menuju Skandinavia.


    Jika berpelesir ke kota-kota ternama Eropa seperti Paris dan Itali menjadi hal yang terkesan sudah biasa, Skandinavia dapat menjadi opsi destinasi Anda selanjutnya. Merupakan bagian dari negara Nordik, destinasi yang terletak di wilayah Eropa Timur ini menyimpan sejumlah hiburan menarik bagi para traveler.

    Mulai dari keindahan pemandangan gunung dan hutan hingga tren interior terkini menjadi sebagian kecil dari sekian banyak pesona yang diwarkan oleh destinasi berikut ini. 

    Bagi Anda yang belum familiar dengan destinasi berikut ini, Skandinavia secara garis besar terbagi atas tiga negara, yakni Norwegia, Swedia dan Denmark. Begitu banyak hal yang ditawarkan oleh destinasi ini yang membuatnya tidak kalah bersaing dengan destinasi ternama lainnya di Eropa. 




    Walaupun nyatanya berwisata ke Skandinavia memakan biaya yang lebih besar ketimbang beberapa kota ternama di Eropa, namun apa yang Anda bayarkan dijamin tidak akan kembali dengan sia-sia. Terlepas dari soal biaya dan temperatur udara dinginnya, Anda dapat menikmati masa liburan secara maksimal di Skandinavia. 

    Kita mulai dari pesona alam. Nyatanya, Skandinavia menyimpan harta terpendam berupa salah satu pegunungan tertua di dunia. Salah satu yang menjadi ikon adalah gunung Galdhøpiggen yang terletak di Norwegia. Belum usai sampai di sana, menilik area hutan pinus yang menjadi ciri khas destinasi ini, Anda ibarat berada di salah satu skenario film The Chronicles of Narnia. 

    Selain alam, Anda para pecinta desain interior dan furnitur pastinya sudah familiar dengan destinasi yang satu ini. Ibarat barometer dalam tren desain, Skandinavia menyuguhkan ragam inspirasi desain ruang yang fungsional sekaligus atraktif. Tidak heran apabila permintaan untuk mendesain hunian ala Skandinavia tengah ramai di pasaran. Hal yang sama berlaku bagi para pecinta desain dalam negeri.

    Mengupas satu per satu sisi menarik dari Skandinavia tidak akan pernah ada habisnya. Tidak heran apabila banyak yang menjuluki destinasi ini sebagai negara paling bahagia di dunia. Bukan sekadar julukan semata. Faktanya, Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa dikenal dengan singkatan PBB juga menetapkan Denmark, Norwegia dan Swedia tergolong dalam World Happiness Report. Hal ini tidak terlepas dari karakter serta kebudayaan masyarakat Skandinavia sendiri. 

    Selain dari segi alam dan gaya hidup, kemakmuran hidup dan kekayaan budaya masyarakat lokal turut menjadi faktor pendukung dinobatkanya Skandinavia sebagai negara paling berbahagia. Salah satunya dapat terlihat jelas dari jam kerja.

    Jika umumnya, para pekerja di seluruh dunia menghabiskan 8 jam sehari untuk bekerja atau setimpal dengan 48 jam dalam seminggu, tidak demikian berlaku di Skandinavia. Rata-rata jam bekerja disana hanya 34 jam dalam seminggu!

    Mereka juga sangat menghargai waktu personal mereka dengan diri sendiri dan keluarga. Jadi jangan harap untuk mengganggu waktu mengopi ataupun momen saat mereka sedang menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat. 

    Di antara sekian banyak kelebihan yang ditawarkan, satu hal yang pasti, destinasi berikut wajib dikunjungi. Namun, sebelum memesan tiket penerbangan Anda, ada baiknya Anda menyimak 10 buku rekomendasi Bazaar berikut. Kekayaan literatur yang terurai melalui variasi visual dan tulisan berikut mengupas tuntas mengenai Skandinavia. 

    Mulai dari literatur bertema travel hingga novel teranyar disuguhkan khusus bagi Anda yang berencana mengunjungi destinasi ini. Bagi Anda yang tidak terbiasa membaca buku, jangan kecil hati terlebih dahulu. Rekomendasi buku mengenai tren desain ruang inspiratif yang didominasi oleh visual dapat menjadi pilihan Anda.

    Silakan menyesuaikan dengan personalitas masing-masing. Yang jelas, 10 buku berikut akan membuat keinginan Anda untuk menyambangi Skandinavia menjadi semakin besar. Selamat membaca dan terinpirasi!


    1. The Nordic Theory of Everything: In Search of a Better Life oleh Anu Partanen


    2. The Little Book of Hygee oleh Meik Wiking


    3. Scandinavia Dreaming: Nordic Homes, Interior and Designs oleh Angel Trinidad



    4. Interior Inspiration: Scandinavia oleh Sonia Lucano



    5. The Geography of Bliss: One Grump’s search for the Happiest places in the world oleh Eric Weiner


    6. The Girl with The Dragon Tattoo oleh Stieg Larsson


    7. Lonely Planet Scandinavia oleh Andy Symington


    8. The Almost Nearly Perfect People: Behind the Myth of the Scandinavian Utopia oleh Michael Booth


    9. A Short History of Norway oleh T.K. Derry

    '


    10. The 100-Year-Old Man Who Climbed Out the Window and Disappeared oleh Jonas Jonasson



    (Foto: Goodreads, Amazon, 123trf.com)



    Tags : buku







- RELATED ARTICLE -