• Art Jakarta 2018 Resmi Dibuka untuk Publik

    Culture / News


    Art Jakarta 2018 Resmi Dibuka untuk Publik

    Merayakan 10 tahun pergelaran seni terbesar di Indonesia.


    Art Jakarta telah menjadi wadah yang mempertemukan para pelaku seni, pemilik galeri, dan pencinta seni dalam ajang bertaraf internasional. Tahun ini Art Jakarta merayakan 10 tahun perjalanannya dengan menampilkan karya seni lokal dan internasional, dikemas dalam event yang menarik dan sarat gaya hidup di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.




    Event ini juga ikut menjadi forum edukasi dan merangsang pergerakan komunitas seni. Art Jakarta 2017 telah berhasil menarik minat lebih dari 47.000 pengunjung, dengan persentase penjualan karya seni mencapai 80%. Tahun ini, para pengunjung Art Jakarta 2018 dapat menikmati lebih dari 1.000 karya seni oleh lebih dari 300 seniman dan 51 galeri. 




    Perayaan satu dekade Art Jakarta ini menampilkan dimensi baru seni Indonesia dengan cara berkolaborasi dengan pelaku seni lokal dan internasional, lewat program dan juga instalasi seperti Mall Art oleh Faisal Habibi, Creative Art Class, sebuah workshop dari Ganara Art Space, Creative Art Talk dengan topik seputar seni.




    Instalasi dengan konsep museum show untuk 10 tahun Art Jakarta bertajuk 10 for 10, Art Unlimited oleh BEKRAF, Gold/Glory dari Thinking Room, dan Japan Art Now yang menampilkan 10 seniman dari negara jepang.




    Private tour seputar galeri juga diberikan kepada tamu undangan yang memiliki kartu VIP Pass untuk hadir dan menikmati pameran lebih dulu, seperti Laura Basuki, Chloe X, Melani Setiawan, Syakieb Sungkar, dan dilanjuti oleh tur berikutnya untuk para rekan media. 




    Menjelang sore hari, para tamu undangan di persilahkan menuju Pop Art restauran oleh The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Tahun ini, Chef Seumas Smith dari restoran Maggie Joan's di Singapura, mengangkat tema The Green House, menyajikan makanan a la carte yang terinspirasi dari makanan mediteranian. Desain Pop Art restoran ini adalah hasil kolaborasi dengan Kezia Karim dan Satya Putra dari Larch Studio dan Virobuild. 




    Kemeriahan pembukaan acara di malam pembukaan tentu saja tak luput dari kehadiran para tamu. CEO PT. MRA, Maulana Indraguna Sutowo, Head of Committee Art Jakarta, Paramita Soedarjo, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf turut meresmikan Art Jakarta 2018.



    "BEKRAF Indonesia sepenuhnya mendukung perayaan 10 tahun keberhasilannya Art Jakarta ini. Selain menjadi pameran seni milik bersama, pagelaran ini juga menjadi inspirasi bagi pelaku kreatif di Tanah Air," ujar Triawan Munaf.


    Turut hadir dalam malam istimewa tersebut juga Deputy Head of Committee Art Jakarta 2018, Ria Rilungan. "Dari tahun ke tahun, saya melihat antusiasme baik dari masyarakat pencinta dan juga pelaku seni, dapat dilihat dari variasi karya seni yang hadir di Art Jakarta 2018. Perhelatan seni ini telah menjadi wadah edukasi yang mampu mengembangkan komunitas seni menjadi platform bagi seniman muda," dari variasi karya seni yang hadir di Art Jakarta 2018," ujar sang Editor-in-Chief dari majalah Harper's Bazaar Indonesia tersebut. 


    Kehadiran sejumlah penikmat seni dengan wajah familier dapat disaksikan di pembukaan Art Jakarta tahun ini. Sejumlah tamu mengisi berbagai ruang pameran, baik pada foyer hingga venue utama. Simak berbagai momen istimewa yang diabadikan oleh Bazaar.



    Dian Sastrowardoyo & Maulana Indraguna Sutowo


    Melani Setiawan


    Laura Basuki




    Chloe X


    Datang dan kunjungi beragam bentuk pameran seni, art performance, art talk, hingga workshop seni di Art Jakarta 2018 berlangsung dari 2 hingga 5 Agustus 2018.


    Jadwal dan HTM

    Harga tiket masuk Rp. 50.000,-


    3 Agustus 2018 – pukul 12.00 – 22.00

    4 Agustus 2018 – pukul 10.00 – 22.00

    5 Agustus 2018 – pukul 10.00 – 21.00


    (Foto: Dok. Bazaar, Hary Subastian, Insan Obi, Kevin Geraldo, Naren Rahadian, Hadi Cahyono)







- RELATED ARTICLE -