• Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tampak Semakin Cantik

    Beauty / Tips


    Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tampak Semakin Cantik

    Apabila Anda setuju bahwa mata adalah jendela jiwa, baca kiat-kiat untuk menyehatkan sekaligus mempercantiknya.


    Mata yang tampak letih atau lesu tentu tak sedap dipandang, apalagi jika kantung mata atau tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan ataupun garis-garis halus tahu-tahu mulai bermunculan di sekitarnya. Bagaimana cara mengatasi problem seputar mata tersebut? Berikut beberapa siasat mudah sekaligus tips untuk mengembalikan keindahannya! 


    1. Konsumsi nutrisi yang bagus untuk mata

    Diet yang seimbang adalah pangkal kesehatan, tak terkecuali soal mata. Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak porsi sayuran hijau, wortel, dan buah-buahan seperti goji berries dan bilberries yang terbukti efektif untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, buah nanas yang mempunyai khasiat antiradang ternyata juga ternyata diklaim dapat membantu menyamarkan tampilan kantung mata! 

    Baca juga: 14 Cara Praktis dan Alami Menghilangkan Kantung Mata


    2. Hentikan kebiasaan merokok

    Selain menyebabkan berbagai macam penyakit, rokok pun memiliki dampak negatif terhadap kesehatan kulit di sekitar mata seperti contohnya kemunculan keriput, tampilan yang tampak selalu mengantuk, dan juga gejala dehidrasi. 


    3. Kurangi garam serta hindari minuman beralkohol dan berkafein

    Jika tak ingin mata Anda kehilangan keremajaannya, batasi konsumsi minuman keras, teh dan kopi, maupun garam mulai sekarang juga!


    4. Kompres mata secara teratur

    Entah itu menggunakan kantung teh celup bekas yang telah didinginkan atau potongan timun yang bersuhu sejuk, ritual kompres tentunya baik untuk dilakukan guna menyegarkan mata yang tampak lelah. Selain itu, Anda juga bisa menekan-nekan area mata secara lembut dengan menggunakan sendok yang beberapa jam sebelumnya sudah dimasukkan di dalam lemari es. 


    5. Menjaga kebersihan mata

    Jika Anda kebetulan adalah pengguna lensa kontak, pastikan untuk senantiasa membersihkan contact lens Anda secara saksama termasuk diantaranya mengganti wadah lensa kontak tersebut setidaknya setiap tiga bulan sekali. Saat mata merah atau terasa gatal dan kering, aplikasi obat tetes mata tentu sah-sah saja asal tidak dipakai terus-menerus selama tiga hari berturut-turut karena dikhawatirkan malah berpotensi mengganggu kesehatan mata.  


    6. Gunakan krim mata bebas pewangi

    Kulit di sekitar mata lebih tipis dan sensitif sehingga relatif mudah teriritasi. Oleh karena itu, belilah eye cream yang berlabel fragrance-free untuk mencegah alergi ataupun peradangan.

    Atau, Anda juga bisa memilih produk yang mengandung kafein untuk menyegarkan mata ataupun komponen antioksidan dan juga retinol guna membuat tampilannya tampak senantiasa awet muda. Setelah pemakaian, jangan lupa untuk menyimpan krim mata di dalam kulkas agar semakin manjur dalam mengatasi mata yang tampak sembap.


    7. Lindungi mata dari ekspos matahari

    Sama seperti wajah dan tubuh, mata pun harus selalu terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet. Selain mengoleskan tabir surya ke seluruh tubuh, jangan lupa pula untuk mengaplikasikannya pada permukaan wajah. Selanjutnya, kenakan kacamata hitam dan topi kesayangan Anda saat sedang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. 


    8. Cerdas dalam merias

    Untuk menyamarkan kantung mata, usapkan concealer secukupnya dan ratakan dengan menggunakan spons yang dibasahi kemudian ditepuk-tepuk ke permukaan kulit. Agar sorot mata kian bersinar, aplikasikan saja eyeliner berwarna putih di sepanjang garis mata.

    Selain itu, Anda juga bisa mengenakan highlight pada bagian sudut mata yang dekat dengan cuping hidung. Guna mempercantik tampilannya tanpa perlu banyak waktu, pasang bulu mata palsu yang tampak natural untuk kegiatan sehari-hari. Saat akan menghadiri acara resmi, barulah Anda bisa memilih tampilan false eyelashes yang lebih tebal dan panjang.


    9. Hapus makeup sebelum terlelap

    Bazaar tak akan bosan-bosannya untuk mengingatkan Anda agar tak pernah lalai membersihkan riasan di penghujung hari. Selain kulit yang bisa bernapas dengan lebih lega, mata pun akan terhindar dari berbagai problem seperti permukaan yang berair ataupun terlihat bengkak pada keesokan paginya.


    10. Beauty sleep

    Last but not least, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang memadai setiap malam. Adapun orang dewasa membutuhkan kira-kira sekitar tujuh jam per hari untuk tidur guna membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.


    (Foto:  morganka¬©123RF)






- RELATED ARTICLE -