• 6 Spot Unggulan Menikmati Kemegahan Arsitektur Paris

    Culture / Tips


    6 Spot Unggulan Menikmati Kemegahan Arsitektur Paris

    Bagi Anda para pecinta arsitektur, jangan lewatkan 6 bangunan di kota Paris berikut ini.


    Siapa yang tidak jatuh hati dengan keindahan kota di Eropa yang satu ini? Begitu banyak hal yang dapat dilakukan saat berkunjung ke kota yang dijuluki City of Lights berikut. Mulai dari mencicipi kuliner khas Eropa racikan para juru masak ternama, berbelanja di sejumlah butik terkenal karya para desainer fashion kelas dunia hingga berburu barang antik di pasar lokal. Begitu banyak hal atraktif yang ditawarkan oleh Paris. 

    Bagaimana pun juga, ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota cantik ini. Bazaar merekomendasikan Anda untuk berkeliling kota Paris dan mengeksplorasi kekhasan arsitekturnya. 

    Selain seni, nyatanya Paris memang dikenal akan keindahan arsitekturnya. Bukan hanya bicara soal kemegahan, namun kisah di balik berdirinya berbagai bangunan fisik pilihan Bazaar berikut akan membuat Anda tertegun. Mulai dari bangunan arsitektur bernunasa klasik seperti Musée d’Orsay, daya pikat arsitektur modern minimalis karya arsitek Jepang ternama Tadao Ando hingga keberadaan Menara Eiffel yang tidak lain merupakan ikon kota ini. 


    Mari berkeliling bersama Bazaar seraya menikmati keindahan arsitektur kota Paris secara maksimal melalui 6 bangunan berikut. 

    1. Meditation Space


    Bertempat di Place de Fonteney 7, tepatnya di dalam gedung kantor pusat UNESCO, bangunan modern minimalis karya arsitek Tadao Ando ini wajib disambangi. Meditation Space didirikan di tahun 1995 sebagai simbol dari perdamaian dunia.

    Struktur bangunan masif yang mengekspos megahnya silinder beton berukuran raksasa kian memperkuat kesan megah. Akses cahaya yang didesain masuk menyelinap melalui atap dan celah yang didesain dengan alur melingkar menciptakan atmosfer sakral.

    Hal ini menjadi kelebihan tersendiri, mengingat bangunan yang satu ini memang diperuntukkan sebagai tempat berdoa serta meditasi. Kesakralan bangunan ini semakin terasa dengan aplikasi material batu pada bangunan yang berasal dari sisa puing akibat bencana bom atom di Hiroshima. 


    2. Foundation Louis Vuitton


    Destinasi selanjutnya jatuh kepada keunikan arsitektur Foundation Louis Vuitton. Pastinya label fashion yang satu ini sudah akrab bagi Anda para pembaca Bazaar. Tidak hanya unggul dari koleksi fashion miliknya, Louis Vuitton juga berhasil mencuri kekaguman melalui eksistensi bangunan kontemporer berikut ini.

    Terletak di di 8 Avenue du Mahatma Ghandi, Foundation Louis Vuitton didirikan oleh Frank Gehry selaku ikon dalam dunia arsitektur. Bangunan ini tidak lain merupakan museum seni sekaligus pusat budaya dengan Louis Vuitton sebagai sponsor utama. 


    3. Musée d’Orsay


    Bagi Anda si pecinta seni, jangan lewatkan museum berikut ini. Bertempat di 1 Rue de la la Légion d'Honneur, Musée d’Orsay menyimpan sejumlah karya maestro besar di ranah seni. Termasuk di antaranya dua seniman legendaris, Monet, dan Van Gogh.

    Faktanya, bukan hanya terpampangnya karya seni berharga yang menjadi magnet bagi para pengunjung, namun juga keunikan arsitekturnya. Victor Laloux, Lucien Magne dan Émile Bénard adalah tiga nama trio arsitek yang berjasa di balik kemegahan bangunan yang awalnya merupakan stasiun kereta api ini. 


    4. Galeries Lafayette


    Tidak hanya menawarkan koleksi terkini dari sejumlah label fashion ternama, keindahan arsitektur beraliran Art Nouveau menjadi sisi atraktif dari Galeries Lafayette. Pusat perbelanjaan yang terdapat di Haussmann ini merupakan karya dari arsitek Georges Chedanne dan murid bimbingannya yang bernama Ferdinand Chanut.

    Menampilkan kemegahan kubah dengan struktur klasik yang berpadu sempurna dengan panorama kota Paris, menjadikan bangunan seluas 70.000 meter persegi ini sebagai destinasi wajib bagi si pecinta arsitektur.


    5. Sacré-Cœur Basilica


    Jangan terlebih dahulu salah kaprah. Walaupun terlihat seperti bangunan tua nan bersejarah, faktanya gereja yang satu ini didirikan setelah Menara Eiffel. Sacré-Cœur Basilica didirikan di tahun 1914 oleh arsitek Paul Abadie.

    Inspirasi awal terciptanya bangunan indah ini tentunya berkaitan erat dengan sisi religi umat Katolik. Terletak ideal di 35 Rue du Chevalier de la Barre, keberadaan gereja ini kian menambah cantik panorama kota Paris. Jangan lupa mengagumi pemandangan cakrawala kota yang dapat diakses melalui sisi kiri arsitektur gereja ini. 


    6. Menara Eiffel


    Last but not least, apalagi kalau bukan ikon kota Paris berikut ini. Menara Eiffel menjadi destinasi wajib kala berkunjung ke kota ini. Menara dengan struktur menakjubkan ini dinamai sesuai dengan penciptanya yang bernama Gustave Eiffel.

    Ikon arsitektur dunia ini memiliki tinggi 325 meter atau setara dengan 1.063 kaki yang menjadikannya sebagai bangunan tertinggi di Paris. Seusai mengeksplorasi arsitektur, Anda dapat bersepeda menikmati indahnya Sungai Seine sembari menikmati segarnya udara kota. 

    Oh Paris, je t’aime!


    (Foto: Courtesy of chasinghome.org, Iakov Kalinin©123rf.com,  Ekaterina Pokrovsky©123rf.com,  Gilles Paire©123rf.com, arcady31©123rf.com,  Tatiana Popova©123rf.com, Nicolas De Corte©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -