• Kriteria Wajah Sempurna Menurut Golden Ratio

    Beauty / News


    Kriteria Wajah Sempurna Menurut Golden Ratio

    Memiliki paras jelita memang suatu kebanggaan, namun nyatanya proporsi wajah juga menjadi faktor kecantikan yang tak kalah penting.


    Anda pasti mempunyai standar tertentu dalam menilai fisik seseorang terutama bagian wajah. Bisa jadi Anda termasuk individu yang menganggap agar terlihat cantik, seorang wanita harus berhidung mancung. Atau seorang pria baru dipandang menarik jika memiliki struktur rahang yang kuat. Namun, tahukah Anda kalau dunia estetika mempunyai rumus khusus untuk menentukan kesempurnaan wajah seseorang?

    Terinspirasi dari pengukuran rasio karya seni pada era Yunani kuno, rupanya proporsi wajah seseorang juga bisa diukur yang proses kalkulasinya dikenal dengan nama Golden Ratio. Metode berdasarkan perhitungan matematika itu bisa ditemukan pada elemen-elemen alam dan dapat diterapkan untuk menentukan proporsi struktur wajah Anda. Penemuan ini menggabungkan kecanggihan teknologi serta sistem algoritma yang bisa diaplikasikan dalam mengukur daya tarik seseorang.

    Wajah yang dianggap memenuhi Golden Ratio harus melalui beragam pengukuran fitur-fitur pada wajah. Misalnya jarak antara kedua mata, besarnya mata, bentuk bibir, atau bentuk hidung yang akan mempengaruhi tampilan paras secara keseluruhan. Singkat kata, rasio simetri turut berperan dalam mendefinisikan arti cantik itu sendiri. Namun, banyak contoh yang memperlihatkan kalau cantik itu belum tentu berwajah simetris. Faktor warna kulit, kesehatan, serta usia juga turut mempengaruhi persepsi kecantikan secara fisik.

    Setelah melakukan pengukuran secara detail terhadap beberapa figur publik, muncul nama Amber Heard sebagai pemilik wajah paling sempurna di dunia. Dengan skor tinggi yaitu 91.85%, mantan istri Johnny Depp ini dianggap memenuhi hampir semua kriteria wajah simetris. Kemudian nomor dua adalah Kim Kardashian dengan fitur tertinggi terdapat pada mata. Sedangkan di Indonesia, pakar dermatologi dr. Adri Dwi Prasetyo, SpKK pada acara Merz Aesthetic di Senayan City, Jakarta, beberapa waktu lalu, mendaulat Dian Sastrowardoyo sebagai pemilik struktur wajah paling simetris dan menarik apabila dilihat dari metode Golden Ratio.

    Selanjutnya, teknik Golden Ratio akan membantu para ahli estetika dalam menentukan jenis perawatan yang dibutuhkan untuk mentransformasi wajah menjadi lebih sempurna. Misalnya treatment untuk mengubah bentuk dagu, rahang, atau tulang pipi secara optimal agar terlihat lebih proporsional. Apabila hasil Golden Ratio sudah didapat, maka dokter estetika dapat menyesuaikan tampilan yang cocok dengan wajah aslinya. Tentu saja, agar tetap terlihat natural walaupun telah melalui beberapa perubahan.

    Meskipun metode ini seolah memberikan standar baru dalam dunia kecantikan, bukan berarti kemudian Anda langsung terburu-buru ingin meraih wajah sempurna dan menempuh segala cara demi terlihat cantik. Anda perlu memahami terlebih dulu karakter dalam diri Anda sebelum mengambil sebuah keputusan yang akan melibatkan perubahan secara permanen. Rumus Golden Ratio mungkin bisa dijadikan pedoman tampilan secara fisik, tapi kembali lagi kepada inner beauty yang mampu menonjolkan sisi cantik tiap wanita.


    (Foto: Irina Bg/Shutterstock/Click Photos)








- RELATED ARTICLE -