• Cerita Dari Google for Indonesia

    Culture / News


    Cerita Dari Google for Indonesia

    Beragam inovasi dari Google untuk Indonesia.


    Kamis (24/8) lalu, Bazaar berkesempatan mengikuti event Google for Indonesia, yakni salah satu gelaran tahunan Google yang diisi dengan berbagai pengumuman seputar inovasi-inovasi terbaru yang dilansir oleh raksasa teknologi ini.

    Dalam Google for Indonesia yang kedua kali ini, Google semakin bertekad untuk memfasilitasi kebutuhan internet masyarakat Indonesia yang terus meningkat. Beberapa terobosan dan produk terbaru pun siap dihadirkan Google bagi pengguna internet di Tanah Air.

    Salah satunya adalah Asisten Google yang kini bisa berbahasa Indonesia. Virtual personal assistant ini sekarang mampu memahami Bahasa Indonesia untuk mempermudah penggunanya. Kemampuannya untuk membantu kita dalam berbagai hal kini bisa diaplikasikan dalam aplikasi chat milik Google, Google Allo.


    Asisten Google dalam Bahasa Indonesia


    Saat mengirimkan pesan melalui Google Allo, Anda bisa menggunakan Asisten Google untuk berbagai hal, seperti melakukan reservasi restoran, mengecek jadwal film di bioskop, bahkan hingga bermain tebak-tebakan bersama teman dan Asisten Google.

    Sementara dari aplikasi Google Search, ditambahkan beberapa pembaharuan, seperti Shortcuts yang mudah di-tap untuk mendapatkan berbagai informasi dengan lebih cepat tanpa perlu mengetik. Ditambah dengan Feed, yakni konten yang dapat disesuaikan dengan topik favorit dan berita yang tengah booming di dunia maya.

    Tak ketinggalan adalah kabar dari Waze, yang kini membuat terobosan untuk mempermudah pengguna kendaraan di Jakarta. Kini aplikasi Waze bisa dengan otomatis memilih rute berdasarkan nomor plat kendaraan Anda, yang bisa dimasukan dalam aplikasi ini. Sehingga mobilitas Anda tak perlu lagi terhambat lagi oleh peraturan ganjil-genap di berbagai jalan protokol.


    Waze


    Informasi lain yang tak kalah penting adalah peluncuran Primer yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Potensi pelaku usaha mikro dan menengah di Indonesia dilihat Google sebagai hal yang sangat potensial, namun masih butuh banyak edukasi seputar pemanfaatan internet.

    Primer merupakan aplikasi edukasi mobile yang berisikan tips dan informasi ringkas mengenai dasar-dasar pemasaran dan bisnis dalam dunia digital. Sehingga para pelaku usaha atau Anda yang tengah berpikir untuk memulai usaha bisa memanfaatkan waktu luang Anda dengan belajar hal-hal seputar bisnis.


    Tampilan Primer


    Selain Primer, Asisten Google, serta kabar terbaru dari Waze, Google For Indonesia juga mengumumkan sejumlah inovasi lainnya, seperti kehadiran Google Station yakni hotspot Wi-Fi yang akan disebar di Jawa dan Bali selama setahun ke depan, hingga YouTube Go, yakni aplikasi seluler terbaru yang akan membuat Anda semakin mudah mengakses berbagai konten di YouTube.


    (Foto: Courtesy of Google. Layout: Yellsa Nurila Indah)








- RELATED ARTICLE -