Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kaligrafi Untuk Dekorasi Pernikahan

Elemen visual yang membuat hari bahagia Anda semakin sempurna.

Kaligrafi Untuk Dekorasi Pernikahan

Untuk Anda yang tengah mempersiapkan pernikahan tentunya elemen dekorasi menjadi salah satu hal besar yang bisa jadi cukup memusingkan. Ada berbagai pilihan terkait dekorasi, seperti tone warna, detail dekorasi, bahkan hingga memilih mengikuti tren bridal atau tidak.

Berbicara mengenai tren, elemen kaligrafi dalam dekorasi wedding tampaknya menjadi salah satu detail wajib. Bazaar berbincang dengan Veronica Halim, calligrapher asal Jakarta yang sudah hampir empat tahun mendedikasikan dirinya dalam dunia kaligrafi dan melayani permintaan calon mempelai. 

Menurut Veronica, kebanyakan calon mempelai hanya mengaplikasikan kaligrafi pada undangan atau placecard saja, padahal masih banyak detail dekorasi lainnya yang bisa dibubuhkan kaligrafi. 

Backdrop



Tak lengkap sebuah pernikahan tanpa backdrop manis sebagai latar berfoto para tamu dan mempelai. Kaligrafi di atas sehelai kain putih, atau kertas yang dibiarkan menjuntai bisa menjadi ide backdrop yang unik. Pilihlah quote singkat yang berarti untuk Anda dan pasangan. 


Souvenir


Sebuah tea cup cantik dengan inisial Anda dan pasangan atau tulisan Bride and Groom bisa jadi ide lain untuk memasukan unsur kaligrafi dalam pernikahan. Jika tamu yang Anda undang terlalu banyak, mungkin tea cup dengan kaligrafi ini bisa jadi simbol ungkapan terima kasih bagi para bridesmaid dan groomsmen.


Tablecloth


Selain backdrop, ide kaligrafi di atas kain panjang bisa digunakan sebagai tablecloth. Anda bisa mengaplikasikan quote atau wedding vow Anda di atas kain sebagai bagian pendukung detail centrepiece


Welcome board




Tulisan kaligrafi yang indah juga cocok jika digunakan sebagai tulisan dalam welcome board. Anda bisa memilih dua gaya welcome board, untuk kesan elegan bisa digunakan cermin dengan bingkai emas, sementara untuk gaya yang lebih kontemporer material plexiglass adalah jawabannya.


Placecard


Meskipun sudah umum untuk menggunakan kaligrafi untuk place card, Anda masih bisa bermain-main dengan memberikan sentuhan yang berbeda, seperti permen atau sekuntum bunga mawar untuk dilekatkan pada place card


Undangan

Jika Anda memilih kaligrafi untuk diaplikasikan pada undangan Anda, ada beberapa pilihan cara yang bisa Anda lakukan. Yakni membubuhkan kaligrafi hanya pada bagian nama mempelai dan nama tamu undangan, atau Anda juga bisa mengaplikasikan kaligrafi pada seluruh tulisan dalam undangan dengan melakukan teknik printing, seperti letterpress



Apabila budget Anda terbatas dan tamu undangan yang terlalu banyak, Anda bisa menggunakan undangan dengan kaligrafi hanya untuk style shot, yakni dokumentasi pribadi yang bisa Anda abadikan dalam album perkawinan Anda. 


(Foto: Courtesy of Instagram @truffypi)