• 5 Manfaat Menakjubkan dari Membaca Buku

    Culture / News


    5 Manfaat Menakjubkan dari Membaca Buku

    Saatnya beralih dari mengutak-atik smartphone ke membaca buku sebelum tidur.


    Berikut lima alasan untuk Anda mulai menyimpan smartphone dan memperbanyak membaca buku.

    1. Membaca dapat membantu Anda hidup lebih panjang.

    Hasil penelitian terakhir dari Yale University of Public Health tentang hubungan antara membaca dan panjang umur, menyebutkan bahwa kelompok orang yang meluangkan waktu membaca lebih dari 3,5 jam per minggu ditemukan memiliki kesempatan hidup panjang lebih tinggi.




    Sayangnya, objek yang dibaca haruslah buku, bukan koran apalagi sekadar gosip selebriti.

     

    2. Membaca melatih fokus dan konsentrasi.

    Kira-kira kapan terakhir kali Anda memfokuskan diri pada satu hal selama beberapa saat? Di tengah banyaknya tuntutan pekerjaan, media sosial, dan email, kita dituntut untuk mampu multi-tasking. Namun kebiasaan membagi fokus otak untuk beberapa hal sekaligus ternyata berbahaya bagi produktivitas.

    Sementara meluangkan waktu untuk membaca buku selama lima menit, menjadi kesempatan yang baik bagi otak untuk fokus pada satu hal selama beberapa saat.

     

    3. Membaca dapat memperbaiki memori.

    Kegiatan membaca menuntut konsentrasi, sekaligus menstimulasi otak untuk menyerap dan mempertahankan informasi. Proses yang dapat mempertajam pikiran Anda dan memperkuat kemampuan mengingat.

    Bahan bacaan yang diterima oleh otak kemudian mendorong bagian-bagian otak untuk memproduksi ingatan baru dan memperbaiki fungsi short-term memory.

     


    4. Membaca dapat mengurangi stres.

    Menurut University of Sussex, salah satu aktivitas yang mampu membuat pikiran rileks adalah membaca. Teori ini merupakan hasil penelitian di tahun 2009, yang menemukan bahwa setelah enam menit membaca, level stres para partisipan menurun hingga 68 persen, dibandingkan aktivitas lain seperti mendengarkan musik dan berjalan.

    Lalu apa sebenarnya alasan membaca dapat menurunkan tingkat stres? Dr. David Lewis, pemimpin penelitian menjelaskan kepada The Telegraph bahwa, "Tidak penting buku apa yang Anda baca, tapi momen ketika Anda terhanyut dalam dunia imajinasi buku menjadi saat di mana Anda bisa melupakan sejenak stres dan kekhawatiran sehari-hari."

     

    5. Membaca dapat membantu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

    Jika Anda terbiasa bermain smartphone sesaat sebelum tidur, ini saatnya beralih kepada kebiasaan membaca sebelum tidur. Pasalnya ritual membaca sebelum tidur mampu membantu menenangkan pikiran sebelum akhirnya jatuh tertidur.

    Jadi apa buku favorit Anda untuk dibaca hari ini?

     

    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Vadim Georgiev/Shutterstock/Click Photos)

     










- RELATED ARTICLE -