• The Warrior Daughter, Biografi Desainer Perhiasan Nusantara

    Culture / News


    The Warrior Daughter, Biografi Desainer Perhiasan Nusantara


    Mungkin bagi Anda nama Desak Nyoman Suarti adalah nama yang asing. Namun siapa sangka wanita asal Bali ini rupanya memiliki prestasi yang luar biasa membanggakan bagi bangsa ini. Bahkan namanya telah lebih dikenal di Amerika ketimbang di tanah airnya sendiri. 

    Desak Nyoman Suarti adalah seniman perempuan asal Bali yang telah sukses mendobrak aturan-aturan yang membelenggunya sebagai seorang perempuan. Membawa kemampuan melukis dan menarinya hingga ia melanglang buana ke mancanegara, Suarti kemudian menemukan bakat lainnya yakni mendesain perhiasan perak yang semakin membuat namanya tercetak terang sebagai salah satu desainer perhiasan tradisional dengan motif-motif nusantara. Suarti dan perhiasan peraknya telah menjangkai berbagai belahan dunia. 

    Melihat minimnya penghargaan terhadap Suarti dari dalam negeri, Happy Salma, aktris yang juga aktif bermain teater dan menjadi penulis ini kemudian menerbitkan buku biografi Suarti berjudul The Warrior Daughter. Buku setebal 400 halaman ini, selain berisikan foto-foto perhiasan hasil karya Suarti, juga menceritakan kisah hidup Suarti yang unik, dan pilihan-pilihan hidupnya yang membuatnya semakin menarik untuk disimak. Happy berucap bahwa buku ini ia terbitkan dalam rangka memberikan inspirasi dan teladan bagi anak muda Indonesia agar bisa sekreatif dan sekuat Desak Nyoman Suarti untuk memperjuangkan cita-cita dan bakatnya. 





    (Daniar Cikita. Foto: Dok. Titimangsa Foundation)



    Tags : buku, culture






- RELATED ARTICLE -