• Hidangan Baru Di Jakarta

    Culture / News


    Hidangan Baru Di Jakarta


    Bagi Anda para pencinta makanan, saat weekend tentunya saat yang tepat untuk menjelajah kuliner terbaru di Jakarta. Maraknya perbincangan tentang molecular gastronomy membuat beberapa kafe di Jakarta menyalurkannya ke menu hidangan desserts. Selain itu, sebuah kue pastry baru yang memperpadukan dua jenis kudapan favorit baru saja dikenalkan di salah satu hotel terbaik di Jakarta. Jadi, tunggu apa lagi? Pack your appetite and hit the road.

    Artisan Ice Cream

    Terletak di daerah Kemang, I Scream Ice Cream, diklaim menghidangkan molecular gastronomy ice cream untuk pertama kalinya di Indonesia. Pembuatan es krim ini memanfaatkan teknologi dan inovasi liquid nitrogen yang mampu mengolah bahan baku seperti biji kopi, cokelat, dan pisang untuk memiliki konsistensi krim yang lembut seperti gelato maupun sorbet dalam waktu beberapa menit. Tidak ada bahan pengawet yang digunakan selama pembuatan es krim gastronomy tersebut. Tamu dan pendatang kafe juga mendapat kesempatan khusus untuk menyaksikan seluruh proses pembuatan es krim ini dalam 'laboratorium' mereka yang terbuka.   

    Calling All Chocolate Lovers

    Anda tentu akrab dengan istilah ‘chocolate high’ dan Pipiltin Cocoa menyediakannya dalam dosis yang tinggi. Restoran yang terletak di jalan raya Barito ini tidak hanya menyajikan desserts tetapi juga hidangan utama seperti pasta, nasi, dan starters seperti french fries dan fried calamari. Para pengunjung restoran disambut dengan interior yang bernuansa rustic, lengkap dengan laboratorium yang tertutup dalam jendela kaca, di mana semua dapat melihat proses pembuatan cokelat tersebut. Semua cokelat yang disajikan di restoran ini dibuat dari awal dengan biji kakao dan berakhir dalam bentuk cairan atau batang coklat. Inspirasi hidangan cokelat mereka, menurut pemilik Irvan Helmi, berawal dari cinta untuk cokelat dan bagaimana orang-orang Indonesia dapat menghargai produk lokal seperti cokelat. Beragam hidangan cokelat mereka ini pun disajikan dalam plate presentation dengan bentuk dan ukuran yang kreatif dan artistik.

    Cronuts (Croissant and Donuts)

    Croissant dan donat hybrid atau dikenal sebagai cronuts, yang pertama kalinya dipopulerkan oleh salah satu pastry chef ternama di New York, Dominique Ansel, telah melakukan debut pertamanya di Jakarta. Diperkenalkannya sebagai Kronuts dengan huruf K di Jakarta, pastry dessert ini menggunakan adonan croissant yang renyah diluar setelah digoreng atau dipanggang, dan interior yang lembut, kenyal, dan berongga. Lebih lagi, pastry ini mengadaptasi bentuk dan pilihan topping layaknya sebuah donat. Khusus yang dijual di cake shop Hotel Mandarin Oriental Jakarta ini, menggunakan taburan topping seperti kayu manis, gula, krim vanila, dan kacang almond. Peminatnya disarankan untuk memesan cronuts tersebut sehari sebelumnya karena harus dihidangkan langsung pada saat masih hangat dan crunchy.

    (Teks dan Foto: Beata Ayu Primana)











- RELATED ARTICLE -