Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Liburan Secara Analog

Liburan Secara Analog
Eco resort di Bali yakni Como Shambala di Ubud

Tren untuk liburan secara analog ? Why don't you ?

 

Kemana pun tujuan anda untuk libur lebaran kali ini, tidak ada salahnya mencoba untuk hidup secara analog. Hidup secara analog berarti menyingkirkan sejenak atau menggunakan seminim mungkin teknologi yang berada di sekitar kita sehari-harinya. Bagi Anda yang gemar menulis blog, tuliskan pengalaman dan tempel foto-foto atau benda-benda berkesan ke dalam sebuah buku. Bagi yang masih merasa canggung, buku Wreck This Journal karya Keri Smith mungkin dapat menjadi inspirasi anda.

Berikut tips-tips liburan analog.

 

  • Jauhkan smartphone anda dan mulailah nikmati hidup anda.

Tulis pesan pada media sosial bahwa anda akan berlibur, lalu matikan telepon anda dan berkomunikasilah lewat email yang hanya dicek satu kali sehari. Istilah smartphone mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, seharusnya tidak terjadi dalam cara hidup analog.

  • Ikuti kursus cepat menggunakan kamera manual.

Bagi para pecinta Instagram, gunakan kamera manual untuk mengabadikan momen-momen liburan anda kali ini. Hasil unik dan berbeda dari cetak digital, membuat kamera manual mempunyai daya tarik tersendiri. Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk mempelajarinya, Polaroid pun bisa menjadi pilihan tepat karena kepraktisan dan kemudahan penggunaannya. Sensasi di mana setiap jepretan itu berharga akan menjadi pengalaman baru untuk Anda.

  • Let’s get lost!

Channel your inner adventurer. Tinggalkan GPS Anda di rumah, bawalah peta dan kompas anda untuk menjelajah tempat baru. Berinteraksilah dengan warga sekitar, Anda mungkin akan menemukan tempat-tempat seru yang belum terjamah.

  • Green Resort

Pilih resor-resor secluded sebagai pilihan tempat tinggal anda. Amanjiwo Resort yang terletak di Magelang sebagai contohnya menawarkan pengalaman cut off dari dunia luar, tanpa televisi dan hanya menyediakan CD Player dengan CD tembang Jawa. Dengan begitu, Anda akan merasakan relaksasi total selama liburan ini.

  • Leisure Activity

Khawatir bosan dengan keseharian Anda? Isi waktu Anda lewat membaca buku dan perluas wawasan Anda. Jika buku bukan sesuatu yang anda senangi, ajak teman berlibur Anda untuk bermain permainan tradisional seperti catur, congklak, atau monopoli. Jaga pula kebugaran Anda lewat yoga. Beberapa resor menawarkan kelas yoga gratis, manfaatkanlah kesempatan itu.

(Teks: Vania Yulita ; Foto: Dok. Bazaar)