• Foto Hitam Putih Artis Indonesia untuk #WomenSupportingWomen

    People / News


    Foto Hitam Putih Artis Indonesia untuk #WomenSupportingWomen

    Para artis berikut menerima tantangan untuk mendukung sesama wanita di media sosial dengan foto hitam putih, tapi apa makna sebenarnya?


    Akhir pekan lalu saya sempat mendapat direct message di Instagram dari salah seorang teman perempuan, begini isi pesannya dalam bahasa Inggris: "I was careful to choose who I think will meet the challenge, but above all who I know who shares this type of thinking, among women there are several criticisms; instead, we should take care of each other. We are beautiful the way we are. Post a photo in black and white alone, written “challenge accepted” and mention my name. Identify 50 women to do the same, in private. I chose you because you are beautiful, strong and incredible. Let's ❤️ each other!" 

    (Saya berhati-hati dalam memilih siapa yang saya rasa akan memenuhi tantangan ini, tetapi di luar siapa yang saya ketahui juga punya pemikiran seperti ini, di antara wanita suka ada kritikan; padahal sebaliknya harusnya kita saling menjaga satu sama lain. Kita cantik apa adanya. Unggah foto hitam putih, tulis "challenge accepted" dan mention nama saya. Cari 50 wanita untuk melakukan hal yang sama, secara pribadi. Saya memilihmu karena kamu cantik, kuat, dan luar biasa. Mari (emoticon hati) cintai satu sama lain!)

    Jika Anda melihat banyak teman perempuan atau orang yang Anda ikuti mengunggah foto hitam putih dengan penambahan hashtag #WomenSupportingWomen, artinya mereka telah mendapat pesan berantai yang dibagikan lewat direct message. Ya, pesan di atas seolah ingin menyampaikan serta mengajak kita para wanita untuk bersatu dan saling menguatkan, dibanding saling mencemooh atau menyudutkan di media sosial. 




    (Update terbaru 29 Juli 2020)

    Baru saja saya mendapat makna sebenarnya dari foto-foto hitam putih yang diunggah di media sosial.



    Seorang pria asal Turki menjelaskan tentang alasan di balik merebaknya foto hitam putih tersebut. Ia ingin informasi disebarkan agar gerakan yang sebenarnya besifat kemanusiaan itu dilakukan dengan tujuan yang sebenarnya. 

    Nyatanya, menurut akun @beelzeboobsz, Turki adalah salah satu negara dengan pembunuhan wanita tertinggi. Di tahun 2019 saja tercatat hampir 500 pembunuhan terhadap wanita terjadi. Dan sedihnya, masih banyak yang tidak tercatat. 

    Beberapa minggu ini saja sudah beberapa pembunuhan terhadap wanita terjadi di sana. Pemerintah dan sistem hukum di sana belum melakukan apa-apa terkait tindak kriminal tersebut. Seringnya, para pelaku tersebut hanya mendapat hukuman ringan dan tidak dikenakan pidana apa-apa. 

    Warga Turki sendiri setiap hari bangun tidur dengan melihat banyak foto hitam putih perempuan yang terbunuh di feed Instagram, di koran-koran, dan di layar televisi. Di situlah akhirnya tantangan foto hitam putih dimulai sebagai langkah para perempuan untuk bersuara. Untuk berdiri bersama, solidaritas terhadap para korban perempuan itu. Dan untuk menunjukkan pula bahwa mungkin saja nantinya foto-foto mereka akan muncul sebagai headline pemberitaan, dengan filter foto hitam putih.

    Si pemilik akun @beelzeboobsz ini akhirnya menyadari, jika teman-teman di luar negara Turki kini mulai berpartisipasi mengunggah foto hitam putih tanpa mengetahui makna sebenarnya. Namun, ia merasa senang jika Anda atau siapa pun yang akhirnya tahu tentang arti challenge tersebut tetap berpartisipasi, dan mendukung aksi demi solidaritas sesama wanita di dunia, termasuk di Turki.

    Sebelumnya, para aktris dan public figure perempuan ternama Indonesia pun juga terlihat melakukan tantangan tersebut, sebut saja dari Luna Maya, Dian Sastrowardoyo, sampai dengan Najwa Shihab. Jika diperhatikan, masing-masing persona memiliki kecantikan tersendiri yang membuat mereka menjadi unik dan istimewa. 

    Dengan gaya berbeda dan menonjolkan kekhasan karakter mereka, yuk lihat beberapa foto pilihan Bazaar berikut ini:


    Luna Maya

    Tidak dipungkiri Luna Maya akan selalu terlihat sempurna di balik lensa. Kali ini Luna mengunggah foto hitam putih menggunakan gaun elegan yang lekat dengan konsep high fashion. Pada unggahannya, Luna terlihat ditantang oleh beberapa teman-temannya, di antaranya Dian Sastrowardoyo dan Marsha Timothy.


    Dian Sastrowardoyo

    Dengan konsep power dressing, foto yang diunggah Dian Sastrowardoyo ini terlihat natural namun tetap ingin menyiratkan pesona tangguhnya. Dian sendiri juga ditantang oleh beberapa temannya, termasuk Janna Soekasah Joesoef (anak dari desainer fashion Ghea Panggabean) dan Wulan Guritno. 


    Najwa Shihab

    Memang bukan artis Indonesia, namun sosok Najwa kini tak hanya berpengaruh di dunia politik dan jurnalistik, namun juga di media sosial. Di sini Najwa tampil apa adanya mengenakan atasan hitam, namun gesture yang ditampilkan tetap mengeluarkan karisma kuat, serta karakter tangguh khas Najwa Shihab.


    Marsha Timothy

    Ditantang oleh Ayushita dan Dian Sastrowardoyo, Marsha mengunggah foto medium yang fokus pada pesona kecantikan naturalnya. Ia membiarkan tatanan rambutnya dan posisi busananya terlihat acak, untuk memberi kesan effortless.


    Wulan Guritno

    Mengenakan atasan bermotif animal print, Wulan Guritno yang saya daulat memiliki ageless beauty ini memanfaatkan cahaya matahari untuk membuat foto ini tampak natural. Wulan juga sepertinya tidak mengenakan riasan pada foto di atas, benar-benar memancarkan kecantikan apa adanya.


    Ayushita

    Ayushita yang ditantang oleh Dian Sastrowardoyo begitu sophisticated mengenakan atasan turtle neck berwarna hitam. Dengan tatanan rambut half-sleek, Ayu yang mendapat momen bahagia selama karantinanya lewat baking ini, terlihat memancarkan karakter fierce.


    Paula Verhoeven


    Di luar dugaan, Paula yang seorang supermodel ini justru menampilkan sisi lain pada dirinya yakni dengan foto kasual tampak belakang yang lebih memperlihatkan ilustrasi pada busananya. Dan, ilustrasi yang dibuat dengan konsep stitches tersebut merupakan gambaran kepulauan Indonesia.

    Jessica Iskandar

    Jessica Iskandar yang belakangan sedang bersedih karena gagal melakukan pernikahan dengan Richard Kyle, seolah ingin bangkit lagi melalui unggahan foto di atas (ya, dengan mendapat dukungan dari follower wanita #WomenSupportingWomen). Konsep fotonya masih mengusung tema romantisisme untuk bridal, Jessica menggunakan veil yang dikombinasikan bersama headpiece dari bunga-bunga yang melingkar di area wajah.

    Nia Ramadhani


    Nia juga mengambil konsep power dressing dengan mengenakan blazer motif print yang dipadukan bersama bralette berbahan lace. Kesan maskulin dan tangguh juga didapat dari penambahan topi boater.


    Gisela Anastasia

    Unik. Ini foto hitam putih yang diunggah oleh Gisela Anastasia. Ia mengambil foto dari preview bidikan kamera digital yang fokus pada wajah cantiknya.


    Rossa

    Penyanyi yang senantiasa awet muda ini ditantang oleh Cinta Laura. Rossa mengenakan atasan sequin hitam yang membuat foto monokrom ini sangat kontras.


    Cinta Laura Kiehl

    Serupa dengan Rossa, Cinta Laura memakai gaun deep V bermaterial sequin. Dengan gaya messy hair, ia menampilkan pose sensual tanpa meninggalkan kesan luks.


    Laura Basuki

    Tanpa perlu effort berlebihan, Laura Basuki yang merupakan aktris sekaligus model ini berpose candid mengenakan busana bermotif floral. Pada caption, tertulis ia menerima tantangan dari Dian Sastrowardoyo dan Ayushita.


    Maudy Ayunda

    Maudy yang baru saja kembali ke Indonesia mengunggah foto hitam putih dengan gaya kasual, yakni mengenakan topi baseball dan varsity jacket. Cantik natural khas wanita Indonesia memang lekat dengan sosok Maudy Ayunda.


    Sigi Wimala

    Identik dengan karakter sporty, Sigi Wimala memilih gaya andalannya untuk tantangan foto hitam putih ini. Tanpa riasan, ia memakai jaket hoodie dan sport bra, seolah bersiap untuk melakukan olahraga.


    Ayu Dewi

    Ayu yang dikenal dengan gaya glamornya memamerkan foto hitam putih sedang mengenakan gaun off-shoulder dengan siluet mermaid pada bagian roknya. Kesan cantik klasik didapat lewat tatanan finger waves pada rambutnya.


    Ririn Ekawati

    Ririn ditantang oleh teman-temannya termasuk Wulan Guritno dan Lola Amaria. Di sini ia menonjolkan kecantikan wajah Indonesianya lewat riasan glass skin yang sedikit tersirat di area tulang pipi dan pulasan bibirnya. Tatanan poni yang sengaja dibuat tidak beraturan menambah nilai estetis pada foto ini.


    Lola Amalia

    Sama seperti Dian dan Nia, Lola Amaria juga mengenakan blazer tanpa dalaman yang membuat foto ini terlihat tangguh lewat konsep power dressing. Ia juga menambahkan anting loop untuk mengaksentuasi tatanan sleek hair ponytail-nya.

    Enzy Storia

    Lekat dengan image lucu dan humoris, Enzy sukses memancarkan aura feminin lewat senyum tipis dan sorotan matanya tajam.


    Jadi apabila Anda, perempuan, mendapat direct message serupa, apakah sudah siap untuk melakukan hal yang sama seperti sosok-sosok di atas? Yakni untuk #WomenSupportingWomen.

    (Layout: Tevia Andri; Foto: Courtesy of Instagram @lunamaya @sigiwimala @therealdisastr @wulanguritno @ririnekawati @lola.amaria @marshatimothy @laurabas @ayushita @enzystoria @claurakiehl @najwashihab @itsrossa910 @mrsayudewi @ramadhaniabakrie @maudyayunda @inijedar @gisel_la)










- RELATED ARTICLE -