• Christine Hakim Tetap Sibuk & Bahagia di Masa Pandemi

    Culture / News


    Christine Hakim Tetap Sibuk & Bahagia di Masa Pandemi

    "Kebahagiaan itu tidak ada ukuran pastinya, karena kebahagiaan untuk tiap orang itu pasti berbeda.”


    Menghadapi pandemi Covid-19 memang bukan suatu hal yang mudah bagi setiap orang. Tak terkecuali dengan sosok Christine Hakim. Di masa sulit ini, Bazaar berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan aktris senior ini dan bertanya mengenai aktivitas kehidupannya sekarang dan bagaimana respons Christine menyikapi pandemi ini.


    “Saat kita tahu pandemi sudah masuk ke Indonesia, saya, suami dan orang-orang yang saya cintai langsung mengikuti rapid test dan betapa bersyukurnya kami ketika tahu bahwa hasilnya negatif. Berita itu sendiri saja merupakan sebuah kebahagiaan yang luar biasa. Dapat melihat orang-orang yang kita cintai sehat dan bahagia, itu secara tidak langsung juga dapat turut membuat kita bahagia. Walaupun mungkin kita yang awalnya tidak bahagia, pasti jadi terbawa bahagia juga.”





    Christine yang saat ini sedang terlibat dalam sebuah proyek mini seri hasil garapan Reza Rahadian dan Arya Ibrahim mengaku sangat bersyukur dan bahagia masih diizinkan oleh Tuhan untuk dapat bekerja. “Proyek terbaru hasil produksi Reza dan Arya berjudul Sementara, Selamanya. Karena ini bentuknya mini seri dan disiarkan secara online, semuanya tiba-tiba harus dikerjakan dari rumah karena pandemi yang sedang terjadi. Ada memang beberapa adegan yang harus ke lokasi syuting. Apalagi saya berperan sebagai ibu, jadi ada momen harus ke rumah anaknya. Tapi kebetulan lokasi syuting itu di rumah Reza sendiri yang juga dengan kru yang sangat amat terbatas. Artinya kita tetap menerapkan prosedur kesehatan.”


    Christine yang pada bulan Maret lalu juga menjadi salah satu aktris Indonesia yang ikut ambil bagian dalam project #BazaarMovieIssue, sebuah edisi yang didedikasikan khusus bagi para sineas Indonesia juga menemukan hikmah dibalik pandemi ini, “Walaupun kita semua sedang berada tengah kondisi yang sangat luar biasa ini, namun saya melihat kita masih bisa melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda artinya di situ terasa sekali bahwa kreativitas kita dituntut, dan kita tidak boleh stuck dan juga harus selalu melatih diri untuk berpikir positif. Kita harus belajar dari our founding fathers disaat mereka dibuang ke Boven Digoel, ketika mereka dikucilkan, yang artinya ruang gerak mereka terbatas dan sempit tetapi kreativitas dan pemikiran mereka justru menjadi luas dan bisa mengarungi alam semesta, menembus batas-batas ruang mereka. Nah ini sebenarnya adalah sesuatu yang luar biasa, di situlah mungkin kita belajar untuk menggali hal-hal dalam hidup yang selama ini belum dikembangkan karena kita terlalu terlena dengan rutinitas dan comfort zone.”



    Sebagai salah satu aktris kawakan Indonesia, tentu segudang pengalaman telah Christine lewati dalam menjalani lika-liku kehidupan di dunia. Ketika ditanyai mengenai makna kebahagiaan, Ia pun percaya bahwa kebahagiaan adalah sesuatu yang kita tentukan sendiri. “Sebenarnya bahagia itu dari diri sendiri apakah kita mau bahagia atau tidak, dan kebahagiaan itu tidak ada ukuran pastinya, karena kebahagiaan buat tiap orang itu pasti berbeda.”

           

    (Foto: Hakim Satriyo untuk Harper's Bazaar Indonesia; Courtesy of Instagram @officialpilarez)


          









- RELATED ARTICLE -