• Wujud Presentasi Fisik Dior Cruise 2021

    Fashion / News


    Wujud Presentasi Fisik Dior Cruise 2021

    Dengan mengambil unsur sang tanah kelahiran, Maria Grazia Chiuri menghelat presentasi fisik koleksi Dior Cruise 2021 dengan semarak.


    Beberapa waktu silam, Maria Grazia Chiuri dan CEO Christian Dior Couture, Pietro Beccari menggelar konferensi pers global yang menyampaikan keputusan mereka untuk menghelat presentasi fisik koleksi Dior Cruise 2021.

    Akhirnya tiba juga hari digelarnya presentasi yang mengambil tempat di Leece, Puglia, Italia yang juga merupakan tempat kelahiran ayah Maria Grazia Chiuri. Sehingga, momen sentimental yang terkandung di koleksi ini tentu disalurkan oleh sang direktur kreatif dengan usaha dan perhatian hingga ke detail terkecil sebagai penghormatannya kepada sang ayah yang juga besar di Puglia, Italia.

    Tak hanya sebagai momentum kilas balik dan bentuk penghormatan, presentasi ini juga merupakan bentuk optimisme yang ingin dipancarkan rumah mode Dior di tengah pandemi yang berlangsung. Selain itu, dengan melibatkan berbagai seniman, pengrajin yang meliputi pembuat lampu, ahli keramik, ahli kayu, hingga penenun lokal asli Puglia, Maria juga menjadikan presentasinya kali ini sebagai medium agar banyak pihak di seluruh dunia mengenal talenta luar biasa yang dimiliki komunitas seni asal Puglia, Italia.




    Namun, meski digelar secara fisik, tak berarti seluruh presentasi digelar seperti dahulu kala. Kali ini, Dior tidak melibatkan tamu dan bintang tamu serta mengacu kepada protokol kesehatan yang ketat demi keselamatan seluruh pihak yang terlibat.


    Di koleksi Cruise 2021, Maria Grazia Chiuri kembali mengambil inspirasi dari gaya bohemian yang telah menjadi ciri khasnya lalu membuat para modelnya berjalan di atas panggung dengan iringan penari lokal yang diarahkan oleh koreografer Sharon Eyal dan berlatar belakang instalasi luminaire karya Marinella Senatore dan Fratelli Parisi dengan semarak lampu warna-warni.

    Di koleksi ini, Maria menggunakan pendekatan tenun berbeda yakni tenun khas Italia yang dinamakan Tessitura Calabrese serta eksplorasi penggunaan kain renda Tombolo yang semakin menandakan betapa koleksi ini didedikasikan khusus untuk menyampaikan perspektif versi rumah mode Dior terhadap budaya Italia.

    Layaknya koleksi-koleksi Maria Grazia Chiuri yang mengedepankan busana dengan unsur feminin, dreamy, dan lembut, di koleksi ini Maria banyak bermain dengan tekstil transparan yang mengayun dengan romantis ketika diperagakan para model yang terlibat. Detail bordir rumit yang mendapuk ornamen dekoratif dari tumbuh-tumbuhan kemudian disebarkan di bagian atas gaun layaknya karya seni. Selain elemen bordir, Maria juga menjadikan padanan korset sebagai aksesori gaun yang memberikan sentuhan busana khas medieval yang tangguh tanpa mengurangi sisi feminin pada ansambel.


    Tak ketinggalan, Maria juga turut menyajikan ansambel khas Parisian dengan elemen masculine chic lewat setelan blazer, rok, dan celana tailored bersiluet clean sebagai penyeimbang seluruh koleksi yang lebih mengedepankan nuansa romantis modern.

    Selain itu, kumpulan busana dengan napas khas baju pedesaan juga diekspresikan oleh Maria dengan busana overall yang disusun secara tumpuk sekaligus imbuhan aksesori scarf sebagai penutup kepala. Untuk menyempurnakan tampilan setiap look yang ada, Maria kemudian mendominasi hampir semua look dengan aksesori penunjang seperti korset kulit, ikat pinggang kulit, serta gelang cuff dari bahan kulit yang melibatkan finishing vintage.

    Simak koleksi lengkap Dior Cruise 2021 di sini.


    (FOTO: Courtesy of Dior)










- RELATED ARTICLE -