• Inilah Daftar Nominasi CFDA Fashion Awards 2020

    Fashion / News


    Inilah Daftar Nominasi CFDA Fashion Awards 2020

    Dikarenakan adanya pandemi, para pemenang akan diumumkan secara virtual pada tanggal 14 September.


    Penghargaan tahunan CFDA Fashion Awards 2020 semakin dekat, namun akan memiliki sedikit perubahan. Awal tahun ini, Council of Fashion Designers of America mengumumkan keputusan mereka untuk menunda acara penghargaan yang dihadiri secara fisik dikarenakan terjadinya pandemi.

    Tanggal baru pun akhirnya dikumandangkan, yakni pada tanggal 14 September para pemenang akan diumumkan secara virtual lewat website CFDA.com dan seluruh media sosial milik sang institusi.

    "Di waktu yang tak menentu seperti saat ini dan untuk mengadakan banyak perubahan di industri, kami merasa momen untuk memberi apresiasi kepada para insan kreatif di mode adalah momen yang penting," ungkap Tom Ford, selaku ketua CFDA, melalui sebuah rilis. "Kami sangat tak sabar untuk mengadakan perayaan yang dihadiri secara fisik yang didedikasikan untuk industri mode Amerika pada tahun 2021 nanti."




    Tahun ini, CFDA Fashion Awards 2020 akan berkonsentrasi untuk memberikan penghargaan kepada para insan mode kreatif di America yang terlibat di divisi womenswear, menswear, aksesori, dan desainer berbakat baru, bersama dengan desain global, yang tahun ini banyak dilakukan baik di divisi busana wanita dan pria.

    Sementara itu, untuk kategori terdahulu, seperti Founder's Award, Award for Positive Change, Lifetime Achievement Award, dan Fashion Icon Award tidak akan diikutsertakan dahulu. Selain itu, penampilan dari para musisi dan aktris Hollywood yang sebelumnya kerap muncul bersama desainer, representatif brand, jurnalis, dan stylist juga akan ditunda terlebih dahulu. CFDA akan lebih berfokus kepada usaha para insan mode yang tetap mempromosikan ide baru dan menolong label yang terpengaruh oleh fenomena pandemi Covid-19.

    "Selain memikirikan apakah acara ini akan dilangsungkan secara fisik, prioritas kami kali ini lebih kepada ingin mengapresiasi program baru dan yang sudah ada untuk mendukung komunitas desainer selama pandemi global, dengan memusatkan usaha kepada generasi selanjutnya lewat program beasiswa dan membuat perubahan penting yang menghindarkan industri mode dari sosok rasis dan kebijakan yang tak setara," ucap Steven Kolb, direktur dan CEO CFDA, melalui sebuah rilis. "Acara gala tahunan yang biasa kami adakan berfungsi sebagai salah satu acara penggalangan dana terbesar bagi kami, dan kami berharap dapat terus bisa mengumpulkan uang agar dapat mendukung para pekerja di industri mode atas kontribusi mereka."

    Berikut daftar nominasi lengkap CFDA Fashion Awards 2020:

    - American Womenswear Designer of the Year

    Marc Jacobs, Tom Ford, Ashley Olsen dan Mary-Kate Olsen untuk The Row, Gabriela Hearst, dan Brandon Maxwell.


    - American Menswear Designer of the Year


    Kerby Jean-Raymond untuk Pyer Moss, Thom Browne, Emily Adams Bode untuk Bode, Todd Snyder, dan Tom Ford.



    - American Accessories Designer of the Year


    Telfar Clemens untuk Telfar, Ashley Olsen dan Mary-Kate Olsen untuk The Row, Gabriela Hearst, Stuart Vevers untuk Coach, dan Jennifer Fisher untuk Jennifer Fisher Jewellery.


    - American Emerging Designer of the Year

    Peter Do, Christopher John Rogers, Kenneth Nicholson, Reese Cooper, dan Sarah Staudinger dan George Augusto untuk Staud.


    - Global Women’s Designer of the Year

    Daniel Lee untuk Bottega Veneta, Dries Van Noten, Miuccia Prada untuk Prada, Pierpaolo Piccioli untuk Valentino, dan Rick Owens.


    - Global Men’s Designer of the Year

    Craig Green, Dries Van Noten, Jonathan Anderson untuk Loewe, Kim Jones untuk Dior, dan Virgil Abloh untuk Louis Vuitton.


    (Penulis: Barry Samaha; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -