• Bali Kembali Terpilih Menjadi Destinasi Terbaik di Dunia

    Culture / News


    Bali Kembali Terpilih Menjadi Destinasi Terbaik di Dunia

    Penghargaan ini merupakan hasil dari survei tahunan dari majalah Travel + Leisure yang berbasis di New York City


    Majalah travel ternama asal Amerika Serikat yakni Travel + Leisure telah merilis daftar World’s Best Awards 2020 yang memuat destinasi dan layanan terbaik di dunia. Hasilnya diperoleh dari pilihan para pembaca Travel + Leisure lewat survei tahunannya. Survei ke-25 dimulai pada tanggal 4 November 2019 dan ditutup tanggal 2 Maret lalu tepat sebelum ada himbauan untuk stay at home akibat pandemi global.


    Dari tujuh kategori yang ada, Bali disebut sebagai salah satu yang terbaik dalam tiga kategori, yaitu Top 25 Islands in the World, Top 25 Cities in the World, dan menyumbang empat hotel di Top 100 hotels in the World. Pengakuan ini seakan semakin membuktikan kekuatan pesona The Islands of God di mata wisatawan dunia. Dengan pemandangan alam yang indah, melimpahnya asupan vitamin sea dari pantai-pantai cantik yang ada, nuansa spiritual, hingga budaya tradisional yang masih kental terasa, tidak mengejutkan bila Bali memiliki daya pikat yang tinggi untuk wisatawan lokal maupun luar negeri.  


    Travel + Leisure juga menganugerahi Bali sebagai World’s Best Award Hall of Fame honoree karena selalu terpilih menjadi salah satu pulau terbaik secara berturut-turut dalam waktu 10 tahun terakhir. Hal ini cukup melegakan meskipun Pulau Dewata sendiri menempati posisi ke-17 dengan total poin 88,14 pada kategori Top 25 Islands in the World.  Penilaiannya didasarkan pada kriteria wisata alam/pantai, aktivitas/pemandangan, restoran/kuliner, dan keramahan penduduknya.







    Ubud menjadi daerah paling populer di Bali, dan hampir tak pernah terlewat dari daftar must visit para pelancong. Majalah Travel + Leisure menempatkan Ubud pada posisi ke-9 di kategori Top 25 Cities in the World dengan poin 88,16. Penilaian ini berdasarkan pada kriteria pemandangan/landmark, budaya, kuliner, keramahan warganya, serta fasilitas berbelanja. Hal ini tidak mengherankan sebab area yang terletak di bagian utara Bali ini dikenal sebagai pusat budaya dan kesenian Bali yang identik dengan pemandangan yang eksotis di Tegalalang. Selain itu, Ubud juga tenar karena sempat dijadikan lokasi syuting film Hollywood berjudul Eat, Pray, Love.


    Yang paling membanggakan datang dari layanan hospitality. Resor Capella Ubud dinobatkan sebagai pemuncak daftar Top 100 Hotels in The World dengan poin 99,85. Pembaca Travel + Leisure sangat terkesan karena mendapatkan pengalaman menginap yang tak tergantikan di hotel rancangan arsitek ternama, Bill Bensley. Resor ini juga memungkinkan para turis untuk menyatu dengan alam dan mendalami sejarah serta budaya lokalnya.



    Posisi keempat di kategori yang sama ditempati oleh The Ritz-Carlton Bali. Hotel yang terletak di sepanjang pantai bagian selatan Bali di Nusa dua ini menawarkan suasana tropis yang elegan berhasil mengumpulkan poin sebanyak 98,95. Penginapan lainnya adalah cottages dan vila Belmond Jimbaran Puri yang menempati posisi ke-23 dengan total poin 97,50. Sementara itu, resor mewah di area ekslusif Nusa Dua yakni The Mulia Bali berada di urutan ke-35 dengan nilai 96,73. Semua hotel di kategori Top 100 Hotels in the World dinilai dari kriteria kamar/fasilitas, lokasi, pelayanan, dan makanannya.









    (Foto courtesy of: Harry Kessell on Unsplash, Instagram @tropicalislandidea, @capellaubud, @ritzcarltonbali, @belmondjimbaranpuri, @themuliabali)










- RELATED ARTICLE -