• Mengenal Diet Militer, Sebuah Metode Diet yang Sedang Tren

    Culture / News


    Mengenal Diet Militer, Sebuah Metode Diet yang Sedang Tren

    Baca pro dan kontra yang dipaparkan oleh para ahli.


    Tahun berlalu, diet penurunan berat badan lainnya yang menjanjikan hasil super cepat kembali menjadi tren.


    Musim panas ini, sebuah metode diet baru bernama diet militer muncul di feed Instagram Anda dan tren di Twitter, diklaim mampu menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu. Statistik Google saat ini menunjukkan pencarian untuk diet militer ini mencapai angka 130 persen, dan ada 54,7 ribu unggahan dengan tagar #militarydiet di Instagram.





    Sebelum menyelam lebih dalam dan menjelaskan apa sebenarnya diet militer itu, mari kita luruskan beberapa hal: menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu adalah sesuatu yang tidak masuk akal atau aman. Situs web NHS menyatakan bahwa wanita hanya boleh berusaha menurunkan antara 0,5 kg hingga 1kg dalam seminggu (atau sekitar 1.400 hingga 1.500 kalori per hari).

     

    Yang patut diperhatikan juga adalah nutrisi bukan satu-satunya pilar yang menopang penurunan berat badan. Inilah mengapa obsesi diet dengan pengurangan konsumsi kalori yang ekstrem tidak menuai hasil yang Anda harapkan. Faktor besar lain, mulai dari tidur, stres, hormon, obat-obatan, genetik, hingga kondisi kesehatan yang ada, juga dapat memengaruhi cara Anda menurunkan berat badan, artinya ada banyak sekali variabel yang berperan.


    Jadi, kami meminta tiga ahli nutrisi ternama asal Inggris untuk menjelaskan apa itu diet militer, siapa yang telah mencobanya, dan juga membagikan pendapat mereka tentang apakah diet militer adalah diet yang aman untuk dijalankan, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.


    Apa itu diet militer?

    Juga dikenal sebagai navy diet, army diet atau ice cream diet, ini adalah metode diet rendah kalori yang dirancang untuk membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu singkat, mirip dengan diet 5:2, Very Fast 800, dan SlimFast. Menurut ahli gizi, Clarissa Lenherr (@clarissalenherrnutrition), "Jika diikuti, diet ini mengklaim bahwa Anda dapat menurunkan 5 kg dalam satu minggu, karena diet ini didasarkan pada rencana makan yang mengatur asupan kalori dengan ketat dan makanan yang kompatibel secara kimiawi. Kedua hal ini berkesinambungan untuk menunjang penurunan berat badan."


    Metode diet ini bekerja berdasarkan siklus, artinya, Anda harus mengurangi asupan kalori selama tiga hari dalam seminggu, kemudian dengan empat hari libur (meskipun Anda masih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah kalori pada hari-hari libur Anda). Paket makan untuk tiga hari diet harus memiliki kalori berkisar antara 1.000 hingga 1.400 kalori per hari.


    Ini berarti tubuh Anda dipaksa mengurangi jumlah kalori dan membakar kalori. "Kekurangan kalori memaksa tubuh untuk menghasilkan energi dari lemak yang tersimpan, Meskipun mekanisme ini adalah cara bertahan hidup yang dikembangkan manusia selama evolusi, mekanisme ini juga dapat menyebabkan stres kronis, ketidakseimbangan hormon, dan defisiensi nutrisi jika dilakukan secara konstan," jelas terapis gizi, Marilia Chamon (gutfulnessnutrition.com).


    Dari mana datangnya diet militer?

    Belum dikonfirmasi dari mana tepatnya diet itu berasal. Rumor menyatakan bahwa metode diet ini lahir untuk membantu tentara militer AS tetap bugar.


    Tapi itu tidak mungkin. Ahli gizi Lauren Windas (@laurenwindasnutrition) menunjukkan bahwa jumlah kalori yang jauh lebih tinggi akan diperlukan untuk memungkinkan seorang prajurit tetap produktif melalui jam-jam pelatihan fisik yang mereka jalani. "Tidak ada afiliasi antara diet dan militer yang telah ditemukan. Faktanya, diet militer bertentangan dengan banyak prinsip yang digunakan dalam dunia militer. Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Philosophical Transactions of the Royal Society berpendapat bahwa kurangnya keseimbangan diet akan menyebabkan kinerja militer yang buruk. "


    Di situs web resmi mereka, mereka meluruskan desas-desus untuk diet ini: "Diet militer tidak dikembangkan di sebuah pangkalan rahasia bawah tanah oleh tim ilmuwan. Itu disebut diet militer karena diperlukan disiplin dan stamina untuk mencapai hasil yang diinginkan, sama seperti di para tentara di dunia militer."


    Seperti apa makanan yang harus dikonsumsi dalam diet militer?

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, tujuan utama dari diet militer adalah hanya mengonsumsi kalori sekitar 1.000 kalori untuk tiga hari dalam satu seminggu. Secara signifikan, jumlah itu lebih rendah dari apa yang direkomendasikan oleh NHS, yaitu rata-rata 2.000 kalori sehari untuk wanita. Menurut situs resmi NHS, berikut adalah menu yang dianjurkan untuk Anda ikuti:

    Menu sarapan:

    - Satu lembar roti bakar dengan 2 sdm selai kacang

    - Setengah jeruk bali

    - Secangkir kopi atau teh


    Menu makan siang:

    - Satu lembar roti panggang

    - Setengah cangkir tuna

    - Secangkir kopi atau teh


    Menu makan malam:

    - 3 ons porsi daging (misalkan steak)

    - Secangkir kacang hijau

    - Sebuah apel kecil

    - Setengah pisang

    - Satu cangkir es krim vanila


    Menu di atas memiliki total 1.400 kalori. Makanan lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai alternatif jika Anda tidak menyukai salah satu menu di atas termasuk telur, keju cheddar, crackers, dan hot dog. Seperti yang Anda lihat, buah dan sayuran segar hampir tidak dapat ditemukan dalam menu di atas. 



    Struktur siklus diet militer tiga hari

    Hari pertama: seperti di atas, 1.400 kalori

    Hari kedua: 1.200 kalori

    Hari ketiga: 1.100 kalori

    Selanjutnya, Anda makan secara 'normal' dengan membatasi asupan harian yang tidak lebih dari 1.500 kalori untuk empat hari. Sekali lagi, ini lebih rendah dari pedoman NHS untuk wanita.


    Bisakah saya mencoba rencana diet militer jika saya seorang vegetarian atau vegan?

    Ya, menu diet ini jelas memperlihatkan bahwa Anda dapat mengganti apa pun menu yang tidak Anda sukai, selama Anda tetap membatasi asupan kalori harian Anda. Bahkan ada daftar dan panduan pengganti yang cukup rinci untuk para vegetarian atau vegan yang tersedia di situs web resmi. Di sini Anda dapat membaca contoh detail mengenai asupan rendah kalori untuk Anda jalani sehari-hari.



    Anda didorong untuk fokus pada kalori dalam makanan yang Anda gantikan, bukan ukuran porsi. Situs web mereka menyatakan: "Pastikan apa pun makanan yang Anda konsumsi memiliki jumlah kalori yang sama dengan apa yang Anda hilangkan. Misalnya, 4 ons keju cottage memiliki 100 kalori. Anda dapat menggantinya dengan 1 ons keju cheddar untuk mendapatkan 100 kalori yang sama. Jika Anda ingin mengganti ikan tuna dengan kacang almond, Anda tidak dapat menggunakan pengukuran yang sama untuk almond seperti tuna, karena almond memiliki kalori jauh lebih banyak daripada tuna. Satu kaleng tuna sama dengan sekitar 20 almond."


    Dari ahli atau dewan nutrisi mana nasihat ini berasal? Sampai sekarang masih tidak jelas dan tidak dipublikasikan sumber yang jelas di situs web tersebut.


    Apakah ada pro untuk mencoba diet militer?

    Ini sangat jujur

    "Untuk beberapa orang, ini mungkin mudah diikuti, karena Anda diberikan struktur rencana makan yang telah ditetapkan," kata Clarissa. Lauren pun setuju, dengan tambahan "diet ini relatif mudah untuk diterapkan."


    Namun, perlu dicatat bahwa metode rencana penurunan berat badan yang drastis, seperti Weight Watchers, Slimming World dan bahkan metode penurunan berat badan Joe Wicks, menawarkan rencana dan struktur makanan yang jauh lebih luas dan kaya nutrisi.


    Ini metode yang terjangkau

    Sementara beberapa rencana diet memerlukan "101 perjalanan" ke Wholefoods, konsumsi yang sepertinya tiada henti untuk chia dan biji rami dan banyak sayuran mentah, maka Anda tidak akan menemukan semua itu di metode diet militer. Metode diet ini lebih fokus pada jumlah kalori yang Anda konsumsi, daripada apa yang Anda makan. Lauren berbagi: "Menu makanan dalam diet ini sangat mudah ditemukan. Waktu persiapannya juga tergolong cukup minimal dan mudah dilakukan, menjadikannya metode diet dengan bahan makanan yang sangat mudah ditemukan." Namun, ada banyak rencana lain yang lebih berkelanjutan serta memanfaatkan makanan yang mudah diakses.


    Ada versi untuk Anda yang vegetarian dan vegan

    Artinya, jika Anda adalah seorang vegetarian atau vegan, Anda dapat mengikuti metode diet khusus untuk versi vegetarian atau vegan. Namun, seperti yang telah disebutkan di atas, situs web hanya menawarkan rencana makan untuk tiga hari, tanpa indikasi apakah ide-ide itu dicetuskan oleh seorang ahli gizi, sehingga kredibilitasnya masih dipertanyakan. Dan, seperti yang kami katakan, banyak rencana diet lain yang menawarkan metode sama yang mengganti bahan makanan tanpa produk hewani.


    Apa kontra dari mencoba diet militer?

    Memicu ketergantungan makanan dengan jumlah kalori yang rendah secara terus-menerus

    Seperti yang dikatakan Lauren, "Diet ini menyarankan Anda untuk mengikuti rencana makan semirip mungkin dan pada hari-hari libur, Anda dapat makan apa yang Anda inginkan. Idenya adalah tetap makan sekitar 1.000 kalori per hari selama tiga hari, yang sangat bertentangan dengan apa yang direkomendasikan oleh NHS (2.000 kalori per hari untuk wanita)."


    Ini meremehkan nutrisi

    Fokus dari diet ini tampaknya adalah pada "kalori masuk vs kalori keluar", tanpa memperhatikan kebutuhan tubuh Anda akan zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral. "Keprihatinan utama saya mengenai diet ini adalah bahwa itu melupakan seberapa pentingnya kalori itu sendiri. Dengan 'memaksa' orang tetap menjaga jumlah kalori dan mengabaikan kandungan nutrisi," papar Clarissa.


    Mengandung nutrisi yang sedikit

    Hidup adalah tentang mencapai keseimbangan antara makanan bergizi dan, katakanlah, produk-produk susu yang tidak terlalu kaya nutrisi tetapi dapat membuat Anda bahagia, sebagian besar saran pada rencana makan diet militer adalah pilihan makanan yang mengandung sedikit nutrisi, menurut Clarissa. "Hot-dog, es krim dan biskuit asin adalah beberapa saran yang diberikan pada alternatif makanan di diet ini. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa hot dog adalah daging yang sangat tidak sehat karena telah diproses dan makanan dengan proses olahan yang tinggi telah dikaitkan dengan penyakit kronis, terutama penyakit kardiovaskular."


    Bersifat mengekang

    Seperti kebanyakan diet lainnya, Anda mungkin akan kembali lagi ke berat awal Anda segera setelah Anda berhenti menerapkan diet ini. "Bahkan jika Anda kehilangan beberapa kilogram pada awalnya, berat badan Anda akhirnya akan kembali begitu Anda melepaskan pola diet ini," kata Clarissa.


    Lauren yang juga setuju dengan pernyataan Clarissa, menambahkan bahwa pembatasan seperti itu dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang cepat dan gangguan makan pada hari di mana Anda diperbolehkan untuk makan secara 'normal': "Karena diet militer sangat ketat, perubahan suasa hati begitu cepat juga mungkin terjadi, membuat Anda merasa kesal, lapar dan lelah, yang berarti itu tidak akan efektif dalam jangka panjang."


    Ditambah lagi, penelitian tentang diet ketat menunjukkan bahwa Anda bisa berakhir dengan kebiasaan makan berlebihan pada hari-hari 'libur' Anda. "Orang-orang yang menerapkan diet ketat cenderung terlalu banyak minum dan pesta untuk mengompensasi penderitaan mereka selama tiga hari mereka diet (yang lagi-lagi dapat menghambat upaya penurunan berat badan)," katanya.


    Penurunan berat badan yang drastis biasanya hilang adalah kadar air dalam tubuh dan bukan lemak

    "Mayoritas penurunan berat badan yang cepat di awal kemungkinan yang turun adalah kadar air," Clarissa berbagi, dan Lauren juga setuju: "Kadar air akan turun dengan cepat ketika simpanan glikogen tubuh menurun, ini adalah hal yang terjadi ketika Anda membatasi karbohidrat dan kalori." Segera setelah Anda mulai meningkatkan kalori ke tingkat normal lagi, sebagian besar dari berat air ini akan kembali naik.


    Diet ini tidak diciptakan, diverifikasi oleh pakar atau ahli terpercaya

    Saat ini, situs web militer adalah sebuah situs Wordpress, tanpa indikasi apakah rekomendasi berasal dari individu dengan kualifikasi atau sertifikat gizi terpercaya.


    Jadi, apa cara paling sehat untuk menurunkan berat badan?


    Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tidak boleh kehilangan lebih dari 0,5 hingga 1kg per minggu atau 3 hingga 4kg per bulan. "Disarankan untuk mengurangi sekitar 500 kalori dari rekomendasi kalori harian (yaitu 2.000 kalori untuk wanita), yang berarti 1.500 kalori perhari," kata Lauren.


    Ketiga ahli gizi sepakat bahwa makan makanan yang seimbang daripada menghitung kalori adalah cara terbaik untuk mencapai penurunan berat badan yang sehat dan konsisten, maka itu berarti kita hanya harus fokus pada protein yang dikonsumsi tubuh seperti protein tanpa lemak, beberapa lemak berkualitas baik dan sejumlah kecil karbohidrat kompleks, kemudian, sisanya, adalah mengonsumsi sayuran dan buah.


    Ditambah, Clarissa juga menyatakan bahwa memperhatikan konsumsi alkohol dan gula selalu dapat membantu program penurunan berat badan. "Pengurangan konsumsi gula dan alkohol sering kali dapat membantu program penurunan berat badan.


    Apa yang berhasil bagi Anda mungkin tidak berlaku untuk orang lain, jadi cari tahu apa yang berhasil untuk Anda pribadi tanpa terlalu ekstrem atau membahayakan kesehatan Anda.


    (Penulis:Alice Head; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)











- RELATED ARTICLE -