• 4 Kebiasaan ‘Sehat’ Ini Dapat Membuat Gigi Anda Kuning

    Beauty / Tips


    4 Kebiasaan ‘Sehat’ Ini Dapat Membuat Gigi Anda Kuning

    Gigi berwarna kuning? Jus sayuran serta menyikat gigi terlalu keras dan dapat membuat gigi Anda berubah warna.


    Anda sudah rajin menggosok gigi, flossing, dan pergi ke dokter gigi tetapi nyatanya masih mendapati bahwa gigi Anda menguning. 

    Kebiasaan sehat seperti mengonsumsi jus sehari-hari dan menyikat gigi setelah makan belum tentu bisa membantu. Kami telah bertanya kepada seorang dokter gigi dan memintanya untuk membagikan penyebab umum yang tak disangka-sangka dapat membuat gigi berwarna kuning. Ia juga memberikan tips mudah agar Anda dapat menampilkan gigi yang putih saat tersenyum.





    Kebiasaan minum jus dan teh herbal

    Jus, smoothies, dan teh herbal berbahan buah-buahan mengandung fosfat, asam sitrat, dan gula yang tinggi. Kombinasi ini tak hanya menyebabkan kerusakan, namun Anda juga dapat kehilangan senyum putih Anda karena dentin yang sebenarnya berwarna kuning akan terlihat akibat enamel yang menipis.

    Untuk gigi yang lebih putih: Minum air dan teh herbal yang tidak berbahan buah. Tambahkan es pada minuman yang manis dan asam untuk menurunkan kandungan gula dan asamnya.


    Langsung menyikat gigi setelah makan

    Makanan dan minuman yang mengandung asam dapat membuat enamel gigi lunak dalam waktu yang singkat. Anda perlu memberinya waktu untuk kembali mengeras sebelum Anda menyambar sikat gigi.

    “Jika Anda langsung menyikat gigi setelah makan atau minum, Anda akan semakin menggosok asam ke enamel sehingga Anda dapat menyikat sebagian enamel gigi.,” ucap dokter Uchenna Okoye, seorang direktur klinik di London Smiling Dental Group.

    Untuk gigi yang lebih putih: Tunggu selama satu jam setelah makan atau minum sebelum Anda menyikat gigi.


    Minum wine bersoda

    Gelembung pada minuman bersoda disebabkan oleh karbon dioksida yang larut dalam asam. Ketika bercampur dengan sesuatu yang mengandung gula, minuman ini bahkan dapat menyebabkan ‘Prosecco smile’ yang membuat gusi Anda turun.


    Untuk gigi yang lebih putih: Berkumurlah dengan air putih di saat minum guna mengurangi kadar asam yang menyentuh gigi Anda. Memadukan makanan atau minuman manis dengan alkaline seperti keju dapat membantu menetralisir asam. Penting untuk Anda ingat bahwa sampanye lebih kering dibandingkan dengan Prosecco.


    Mengudap

    “Makan makanan manis termasuk buah kering dan snack bar membahayakan gigi Anda sebab Anda sebenarnya membuat gigi bermandikan gula,” kata dokter Uchenna.

    “Ketika Anda makan makanan manis, air liur Anda berusaha keras untuk menetralisir asam selama 30 hingga 40 menit. Namun air liur tak dapat melakukannya jika Anda terus menerus makan.”

    Untuk gigi yang lebih putih: Simpan makanan manis Anda untuk jam makan guna mengurangi efeknya dan hindari mengudap sepanjang hari.


    (Penulis: Nicola Dawn ; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)




    Tags : kesehatan, gigi






- RELATED ARTICLE -