• Ikuti Arisan Karya Kolaborasi Museum Macan dan OPPO

    Culture / News


    Ikuti Arisan Karya Kolaborasi Museum Macan dan OPPO

    Setelah mendulang antusiasme tinggi, Arisan Karya persembahan Museum Macan akan kembali digelar kali ini, untuk terakhir kalinya!


    Ketika menghadapi pandemi, Museum Macan tak alih-alih hanya berpasrah dan menghentikan program-program mereka dalam mendukung para seniman Indonesia.

    Pada awal bulan Mei lalu, Museum Macan merilis program bertajuk Arisan Karya yang dibuat untuk memberikan kesempatan para seniman agar dapat menjual karya di tengah pandemi sekaligus menyediakan tempat untuk para penikmat karya dapat membeli karya dengan mudah.

    Program tersebut kemudian mendapatkan sambutan besar dari 1000 perupa yang turut serta di panggilan terbuka, yang kemudian dikurasi menjadi 209 perupa. Sementara itu, para penikmat karya juga tak kalah antusias untuk mengikuti program ini, sehingga setiap kupon  Arisan Karya di dua edisi sebelumnya selalu habis terjual.




    Setelah mendulang kesuksesan dan antusiasme tinggi di bulan Mei dan bulan Juni, Museum Macan kembali menginisiasikan Arisan Karya edisi ke III yang akan berlangsung pada tanggal 28 Juli - 2 Agustus 2020. Edisi ketiga Arisan Karya kali ini menjadi edisi terakhir rangkaian program ini dan kali ini berkolaborasi dengan brand smartphone OPPO.

    “Kami sungguh menghargai antusiasme dari perupa, pekerja seni, pencinta seni dan sponsor – yang telah bersatu untuk membagikan kebaikan dan mendukung komunitas seni yang membutuhkan suntikan semangat. Komunitas perupa telah bekerja sama untuk saling mendukung; Patron museum telah bekerja bersama sponsor untuk mengirimkan stok makanan; dan pekerja seni di beberapa kota di Indonesia telah bekerja keras untuk mensukseskan program yang kompleks ini, setelah berpartisipasi dalam program edukasi spesial yang telah dirancang dan diberikan oleh tim MACAN," ucap Aaron Seto, selaku Direktur Museum Macan.

    "Keragaman talenta, ide dan pendekatan artistik yang ditawarkan para perupa membuat program ini sungguh menarik untuk diikuti dan didukung. Arisan Karya telah menjadi platform untuk penemuan baru – di mana perupa muda disandingkan bersama beberapa nama paling dikenal di medan seni kontemporer Indonesia. Respons inilah yang kami bayangkan ketika kami membuat Arisan Kaya – kami ingin memulai rantai dukungan dalam komunitas seni.”




    Keragaman seni yang ditawarkan sang museum kemudian menarik perhatian OPPO, yang kali ini beperan sebagai mitra utama Arisan Karya edisi ke III. OPPO yang merupakan perusahan yang bergerak di bidang teknologi smartphone, selama ini sudah banyak turut berkontribusi di dunia seni. Kali ini, OPPO kembali berkontribusi dengan memfasilitasi 3 perupa Arisan Karya yang ingin menyajikan pengalaman unik dengan menggunakan teknologi dan seni sebagai medium.

    “Sebagai perusahaan teknologi yang terus berkembang, kami terus-menerus berusaha untuk melampaui berbagai batasan demi menciptakan kehidupan yang lebih baik. OPPO, melalui seri OPPO Find X2 Flagship, bangga untuk berkolaborasi dengan Museum MACAN yang dikenal sebagai pusat seni modern dan kontemporer di Indonesia. Kolaborasi ini terbentuk dari perspektif yang sejalan, bahwa seni dapat menjadi platform untuk refleksi, diskusi dan bertukar pikiran tentang cara-cara untuk memajukan masyarakat dalam situasi yang sulit ini. Kami sungguh bersemangat untuk menciptakan konten digital yang bermakna bersama beberapa perupa Indonesia yang luar biasa," jelas Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO.

    Untuk Arisan Karya edisi ketiga, Museum Macan mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan 150 karya seni yang dapat Anda miliki dengan membeli kupon bernomor lewat website www.shop.museummacan.org, untuk kemudian setiap pemegang kupon akan menerima sebuah karya seni yang ditentukan secara acak, lalu diundi dalam sebuah sesi Instagram Live.

    Seluruh hasil penjualan akan diberikan kepada perupa, lalu sebagian hasil juga akan disalurkan untuk memfasilitasi manajer seni terpilih yang membantu logistik program ini melalui inisiatif Koordinator Regional sekaligusdigunakan untuk membantu perupa dalam membuat materi kesenian berupa tips, tutorial dan info kreatif, yang akan didistribusikan pada publik melalui laman MACAN at Home setelah program Arisan Karya berakhir.

    (FOTO: Courtesy of Instagram.com/@museummacan)


     
     









- RELATED ARTICLE -