• 11 Fakta dari Sekuel Film Train to Busan 2: Peninsula

    Culture / News


    11 Fakta dari Sekuel Film Train to Busan 2: Peninsula

    Kembali hadir setelah empat tahun, lihat fakta menarik dari salah satu film yang paling diantisipasi tahun 2020!


    Anda masih ingat dengan film zombi yang diperankan oleh aktor kawakan Korea, Gong Yoo berjudul Train to Busan? Seperti kabar yang sudah lama beredar, film dengan genre action-thriller yang dirilis pada tahun 2016 itu akan kembali lagi untuk seri keduanya dengan judul Peninsula.

    Rencananya akan dirilis pada 15 Juli 2020, film yang mengambil latar empat tahun setelah kejadian Train to Busan, memang menjadi salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini. Bagaimana tidak, mampu meraih kesuksesan besar saat pertama kali ditayangkan, Train to Busan juga berhasil membawa pulang segudang penghargaan dan nominasi dari berbagai macam ajang penghargaan bergengsi di dunia.

    Bahkan pada 7 Agustus 2016, film ini berhasil mencetak rekor sebagai film Korea pertama di tahun 2016 yang mampu meraih 10 juta penonton.




    Hadir kembali di tahun 2020, mari simak 11 fakta menarik yang telah kami kumpulkan seputar film Train to Busan 2: Peninsula:



    1. Rilis pada 15 Juli 2020

    Sekuel dari Train to Busan sendiri rencananya akan dirilis di Korea Selatan pada musim panas tepatnya di tanggal 15 Juli 2020. Namun sayangnya sampai saat ini belum ada kabar pasti mengenai tanggal penayangan di Indonesia 




    2. Peninsula akan mengikuti kisah seorang prajurit bernama Jung Seok (diperankan oleh Kang Dong Won), yang dipaksa untuk masuk kembali ke zona yang terinfeksi untuk menemukan orang-orang yang selamat dan semua neraka terlepas. Di mana selama menjalankan misi tersebut, Jung Seok akan bertemu dengan Min Jung (diperankan oleh Lee Jung Hyun), seorang ibu dari dua anak perempuan yang berusaha melindungi keluarganya. Film ini akan melihat bagaimana Min jung datang untuk membantu Jung Seok dan timnya dan bagaimana keduanya akan bekerja sama untuk melawan para zombi.


    3. Lewat akun resmi Instagram, pihak produksi telah merilis poster versi Indonesia.




    4. Hadir dengan seluruh jajaran pemain baru. 

    Jika saat Anda mendengar bahwa Train to Busan akan kembali hadir dengan film sekuelnya dan berharap akan sekali lagi melihat kemampuan akting Gong Yoo memerankan karakter, Seok Woo yang berjuang melindungi putrinya, maka Anda mungkin perlu menyiapkan hati, karena Gong Yoo tidak akan kembali pada jilid kedua film ini (karena... Gong Yoo sudah berubah menjadi zombi juga bukan?)

    Namun, walaupun menghadirkan jajaran pemain baru dan tidak lagi menampilkan Gong Yoo sebagai wajah utama, film yang kembali di sutradarai oleh Yang Sang Ho akan menampilkan kemampuan aktor Kang Dong Won yang dipilih menjadi aktor utama dalam pertarungan melawan zombi ini. Prestasi Kang Dong Won sendiri di dunia perfilman Korea memang tak perlu diragukan lagi. Telah aktif di dunia hiburan sejak tahun 2004, sejumlah judul film ternama telah berhasil ia bintangi seperti Illang: The Wolf Brigade, Golden Slumber, dan Master


    5. Tidak hanya menghadirkan sosok Kang Dong Won, aktris cantik Lee Jung Hyun juga didapuk menjadi pemeran utama wanita.

    Seperti yang terlihat di akun Instagramnya, @mermaidleejh, Jung Hyun telah membagikan sederet aktivitas seru selama mejalani proses syuting hingga promosi film Train To Busan 2: Peninsula.



    6. Ketika ditanya mengenai proses syuting untuk film Train to Busan 2, sutradara Yang Sang Ho memaparkan bahwa untuk proses syuting sendiri tidak terlalu memakan waktu yang lama,
    namun dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 bulan ketika masuk dalam tahap pra-produksi dan melibatkan 250 seniman yang merupakan pakar efek visual dalam timnya. 
    Mengingat ada begitu banyak bagian laga, grafik CG, dan efek VFX yang perlu diperhatikan dan dibuat secara matang.

    7. Sutradara Yang Sang Ho kemudian melanjutkan alasannya memilih “Peninsula” menjadi judul utama dalam film kedua dari rangkaian kisah bertema zombi ini. Ia menjelaskan bahwa itu terjadi secara alami karena Korea Selatan terletak di semenanjung. "Konsep semenanjung juga ambigu," tambahnya. "Daerah semenanjng juga tidak sepenuhnya terkunci, oleh sebab itu masih ada harapan untuk melarikan diri, jadi saya pikir ide-ide itu dapat terimplikasi pada karakter utama dalam film." 



    8. Dalam sebuah wawancara, aktor Kang Dong Won sempat mengutarakan kekhawatirannya saat memutuskan untuk mengambil proyek ini, terutama karena proyek ini merupakan sekuel yang telah mendapatkan kesuksesan besar dan dinikmati oleh penonton di seluruh dunia.

    "Ketika saya membaca naskahnya, saya menyadari itu adalah cerita yang berbeda dari film pertamanya, yaitu Train to Busan. Mereka terjadi di dunia yang sama, tetapi mereka adalah dua cerita yang berbeda," jelas Dong Won. Ia kemudian menambahkan, “Saya selalu merasakan adanya tekanan ketika saya akan memilih film, membuat film, atau menunggu film untuk dirilis.

    Namun saya tidak merasakan hal itu dengan film ini setelah saya membaca dan mendalami skripnya. Saya bekerja keras untuk tidak mengecewakan orang-orang yang menikmati Train to Busan. Saya berharap para penggemar Gong Yoo akan mendukung kami."




    9. Para zombie mengalami evolusi.

    Berlatar empat tahun setelah pertama kali virus merebak di seluruh daerah Korea, maka adalah sesuatu yang wajar jika dalam waktu empat tahun para zombie juga mengalami evolusi. Di film kedua ini, para zombie menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.


    10. Train to Busan 2: Peninsula sendiri telah mendapat undangan resmi dan berhasil masuk dalam daftar “2020 Official Selection” Festival Film Cannes 2020. Namun karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di seluruh dunia, membuat acara Festival Film Cannes 2020 terpaksa harus dibatalkan hingga waktu yang belum ditentukan.




    11. Penasaran dengan apa yang mungkin akan terjadi di film Trailer dari Train to Busan 2: Peninsula? Jika ya, trailer dari film ini sendiri telah dirilis dan dapat Anda saksikan sekarang! 


    (Foto: Courtesy of IMDb, Soompi, Instagram @mermaidleejh, @mermaidleejh)










- RELATED ARTICLE -