• Selebrasi Multi Kultural di Koleksi Musim Panas Dior Men

    Fashion / News


    Selebrasi Multi Kultural di Koleksi Musim Panas Dior Men

    Kim Jones mengajak seniman Ghana, Amoako Boafo untuk sebuah kolaborasi koleksi pakaian musim panas yang mengusung perkawinan budaya.


    Agenda pekan mode busana pria telah tiba dan dengan format digital, para rumah mode mulai memamerkan koleksi musim panas 2021 rancangan mereka dan kali ini Dior Men yang dikepalai oleh Kim Jones pun menjadi topik pembicaraan.

    Untuk menyambut musim panas 2021 nanti, Kim Jones mengajak seniman asal Ghana yakni Amoako Boafo untuk berkolaborasi dalam melansir koleksi busana pria bernapaskan kontemporer dengan elemen seni yang dianut sang seniman.

    Lewat sebuah video yang dibidik oleh Chris Cunningham, Dior menampilkan karya-karya Amoako yang banyak mengeksplorasi warna-warna cerah dengan subjek orang-orang terdekatnya dalam balutan busana dekoratif yang indah dipandang.





    Tak heran, Kim Jones selaku direktur kreatif seketika jatuh cinta dengan karya-karya potret sang seniman dan mengajaknya untuk menuangkan ide bersama. Kim Jones dan Amoako bertemu satu sama lain di Rubell Museum, Miami, yang mana keduanya saling jatuh cinta dengan karya satu sama lain. Kim Jones pun kemudian mengunjungi studio sang seniman di Ghana dan mengerti betapa referensi berkarya Amoako adalah perkawinan antara imaji penuh kreativitas dan realita hidup yang mengelilingi sang seniman.

    Dengan mendaulat sosok Amoako, Kim sendiri turut menjadikan kesempatan ini sebagai momentum untuk mengapresiasi budaya Afrika yang selama ini sudah berperan banyak dalam memberikan inspirasi untuk sang rumah mode. Bahkan, rumah mode Dior selama ini juga telah bekerja sama dengan banyak pengrajin dan seniman asal Afrika. Selain itu, Kim Jones pun turut menyimpan banyak memori indah di Afrika dikarenakan dirinya sempat menghabiskan masa kecilnya di beberapa negara Afrika, seperti Botswana, Tanzania, Etiopia, Kenya, dan Ghana.

    Di setiap potong pakaian yang menjadi bagian dari koleksi, adalah buah karya dari perbincangan dan ide-ide antara Kim Jones dan Amoako. Sehingga setiap potong di koleksi musim panas 2021 ini, tak hanya memancarkan dua identitas berbeda namun juga adalah bentuk persahabatan dan chemistry yang kuat antara keduanya.

    Seluruh spektrum warna yang terkandung di koleksi ini mengadopsi warna-warna vibran yang selama ini digunakan oleh Amoako di dalam karya-karya lukisannya, fondasi warna yang kerap digunakan sang seniman beberapa di antaranya adalah saturasi warna kuning, biru, coral, dan hijau. Untuk motif yang diinjeksikan di koleksi ini, Kim Jones menggabungkan karakteristik grafik motif di dalam DNA karya Amoako selama kariernya untuk kemudian mereka terjemahkan dalam format siluet streamlined, ketat, serta siluet sportswear yang seluruhnya menggunakan material jacquard, kanvas, serta taburan bordir yang memancarkan energi mode khas Perancis sebagai identitas Dior sebagai rumah mode selama ini.



    Simak beberapa look jepretan fotografer Jackie Nickerson favorit Bazaar di koleksi Portrait of an Artist lansiran Dior Men. 











    (FOTO: Courtesy of Dior)










- RELATED ARTICLE -