• Tips Berbusana untuk Pemilik Kaki Besar

    Fashion / Tips


    Tips Berbusana untuk Pemilik Kaki Besar
    Courtesy of Szymon Brzoska/IMAXtree.com, Valentina Valdinoci/IMAXtree.com, Vincenzo Grillo/IMAXtree.

    Sempurnakan penampilan dengan mengetahui bagian tubuh dengan baik dan mengenakan potongan busana yang tepat.


    Apakah Anda selama ini kerap merasa ukuran kaki tampak besar dan menjadi sedikit merasa tak nyaman saat mengenakan rok mini atau celana berpotongan tertentu?

    Kurasi isi lemari Anda dengan ragam bawahan dan busana yang melengkapi fitur tubuh Anda dengan baik, untuk Anda yang saat ini merasa memiliki kaki yang tampak besar maka investasikan sebagian besar pakaian untuk bawahan rok dan celana yang memberi kesan jenjang sekaligus memperkecil bentuk kaki.

    Berikut trik yang dapat Anda aplikasikan.




    1. Pemilihan warna

    Untuk Anda yang merasa memilik kaki atau paha yang besar, Anda tidak perlu merasa tidak percaya diri karena ada banyak aspek yang akan membuat bentuk tubuh Anda tetap indah. Salah satu aspek yang berpengaruh datang dari pemilihan warna yang tepat saat menyusun ansambel milik Anda.

    Yang mana sebaiknya Anda mengenakan atasan dengan rentang warna cerah dibandingkan mengenakan suatu busana dengan warna cerah sebagai bawahan. Sebaiknya, susun ansambel Anda dengan atasan cerah lalu padankan dengan bawahan berwarna gelap seperti hitam.

    Pilih juga warna-warna membumi yang selaras dengan warna kulit Anda untuk meleburkan bentuk tubuh dengan busana yang Anda kenakan dengan baik. Salah satu trik mengenakan warna hangat seperti nude, cokelat, atau beige dapat juga Anda aplikasikan dengan memilih sepatu dengan warna tersebut, sehingga sepatu yang Anda kenakan akan membuat kaki tampak jenjang.


    2. Proporsi dan siluet

    - Gaun

    Ketika memilih gaun dan rok, pilih siluet untuk keduanya yang memiliki bentuk flowy serta berukurang panjang hingga ke mata kaki. Dengan mengenakan rok bersiluet flowy dan gaun maxi, bentuk tubuh Anda akan tampak terlihat lebih panjang dan jenjang.

    Lalu tambahkan tampilan dengan sepasang sepatu berhak tinggi sehingga kaki Anda pun semakin tampak memanjang. Namun, perlu diingat juga untuk tidak memilih gaun atau rok dengan proporsi yang terlalu longgar karena hal tersebut dapat membuat tampilan tampak lebih lebar dari seharusnya.



    - Rok

    Perhatikan aksen dan siluet sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah rok, karena untuk para pemilik kaki besar sebaiknya Anda memilih rok yang dilengkapi dengan aksen slit, full skirt, atau bersiluet A-line.

    Mengapa? Aksen slit dapat menciptakan ilusi jenjang sekaligus memberikan sedikit pemandangan kulit yang akan mendistraksi seluruh bentuk kaki dan membuatnya tampak lebih kecil. Sementara itu, Anda juga tak perlu takut dengan rok full skirt, karena bentuk full skirt dengan lebar di bagian badan rok akan membuat kaki Anda tampak lebih kecil. Hal tersebut juga bekerja jika Anda memilih rok A-line untuk menciptakan ilusi paha dan kaki tampak lebih langsing.



    - Celana

    Saat mengenakan celana sebagai bawahan, kenakan celana model bootcut, high waisted, mom jeans, wide leg, dan celana gaya bohemian berhiaskan aksen slit. Tipe celana bootcut sangat cocok untuk Anda yang memiliki tinggi tubuh petite dan memiliki kaki besar, karena potongan bootcut dapat menambah tinggi di tampilan tubuh Anda.

    Lalu, kenakan juga celana high waisted sebagai aksi untuk merubah fokus pandangan ke bagian tubuh lain yang tampak lebih kecil sehingga Anda akan tampak lebih jenjang. Sementara itu, jika Anda penggemar celana denim, pilih mom jeans sebagai celana wajib di keseharian karena model celana mom jeans akan menyempurnakan bentuk kaki Anda dengan baik.


    3. Motif Busana

    Jangan takut untuk bereksperimen dengan motif dan membatasi cara berpakaian Anda hanya karena Anda merasa bahwa kaki Anda tampak besar. Dengan mengenakan busana bermotif seperti motif floral atau garis vertikal, Anda dapat mengganti fokus publik ke motif yang Anda kenakan dibandingkan ke bentuk kaki Anda.

    Salurkan kecintaan Anda terhadap busana bermotif dengan mengenakan setelan atasan dan bawahan dengan motif yang senada. Lalu, kenakan juga celana, rok, maupun kemeja oversized berhiaskan motif garis-garis vertikal yang akan memanjangkan bentuk tubuh Anda dengan sempurna.


    4. Aksesori

    - Sepatu

    Jika Anda merasa hal untuk mengaksentuasi bentuk tubuh dengan kaki besar hanya jatuh di bagian celana atau rok, Anda kini harus mulai memikirkan jenis-jenis sepatu yang akan mengkomplementasi tampilan Anda sekaligus menunjang penampilan para pemilik kaki atau paha yang tampak besar.


    Jenis-jenis sepatu yang dapat Anda kenakan adalah model chunky shoes, pointed toes, stiletto, dan sandals dengan hak tinggi. Lalu, kenakan juga sepatu boots yang berhenti di bagian lutut atau di atas lutut sebagai imbuhan yang memberi kesan jenjang di tampilan.



    - Ikat Pinggang

    Ikat pinggang dapat berperan penting saat ingin membuat bagian kaki dan paha tampak lebih kecil, pilih ikat pinggang berdiameter kecil dengan desain minimalis dan tidak over the top. Karena dengan mengenakan ikat pinggang berukuran kecil, Anda akan mengaksentuasi lekukan tubuh sehingga bagian paha dan kaki juga tampak lebih jenjang dan langsing.


    5. Benda fashion yang perlu dihindari untuk pemilik kaki besar

    - Ankle Strap

    Sepatu dengan ankle strap patut sekali dihindari untuk para pemilik kaki besar, ankle strap akan menciptakan kaki dan paha kecil menjadi tampak lebih besar. Biarkan tampilan kaki bebas dari strap maupun tali-tali dan pilih sepatu yang terbuka di bagian mata kaki.


    - Flat Shoes

    Memang flat shoes akan nyaman saat dikenakan, namun jika Anda sedang ingin menciptakan tampilan yang lebih membuat kaki tampak jenjang sebaiknya hindari penggunaan sepatu tanpa hak. Karena sepatu tanpa hak akan membuat kaki tampak lebih besar dan lebar. Sebaiknya, jika Anda sedang tidak ingin mengenakan hak tinggi, kenakan saja sepasang sepatu kitten heels atau medium heels agar ilusi jenjang dapat tetap tercipta. Miliki juga sepatu dengan hak chunky sebagai bentuk distraksi dari ukuran kaki yang besar dan mengimbangi bentuk tubuh.


    - Motif Horizontal

    Jauhi motif yang tersebar dalam format horizontal, terutama motif garis horizontal yang akan menciptakan kesan tubuh tampak lebih lebar.


    - Skinny Jeans

    Skinny jeans memang tampak seakan memberi kesan jenjang, namun perlu diketahui jika Anda memiliki kaki besar sebaiknya hindar model celana denim seperti ini. Dengan mengenakan bawahan yang tampak terlalu ketat, bentuk tubuh Anda akan tampak kurang seimbang dan akan menciptakan fokus berlebih di bagian kaki dan paha.


    - Ikat Pinggang Besar

    Mengenakan oversized belt atau ikat pinggang dekoratif yang tampak terlalu ramai, hanya akan membuat seluruh pandangan tertuju kepada ukuran kaki Anda. Hindari penggunaan ikat pinggang besar demi menyeimbangkan seluruh penampilan dari atas hingga ke bawah.


    (FOTO: Courtesy of Szymon Brzoska/IMAXtree.com, Valentina Valdinoci/IMAXtree.com, Vincenzo Grillo/IMAXtree.com)












- RELATED ARTICLE -