• Apa Benar Alat Pemijat Kepala Bisa Cepat Tumbuhkan Rambut?

    Beauty / Tips


    Apa Benar Alat Pemijat Kepala Bisa Cepat Tumbuhkan Rambut?

    Mari selami mitos ini!


    Kita selalu mencari cara untuk menumbuhkan dan memelihara rambut sehat. Lalu begitu mendengar sesuatu tentang alat pemijat kulit kepala atau scalp massager bisa membantu menumbuhkan rambut lebih cepat, kita tergelitik. Tapi apakah benar itu bisa terjadi? Bazaar bertanya langsung kepada Francesca Fusco dan Morgan Rabach selaku ahli dermatologi untuk menjawabnya!

    Apakah itu scalp massager atau alat pemijat kulit kepala?

    Sesuai namanya, scalp massager adalah sebuah alat untuk memijat scalp (kulit kepala). Benda ini dibuat dengan beragam bentuk dan ukuran (bahkan ada yang elektrik), namun kebanyakan bentuknya portable dan sesuai genggaman. Menurut Francesca, alat itu dapat mengeksfoliasi, meluruhkan sisa kotoran dan ketombe, serta meningkatkan sirkulasi folikel rambut. Ia juga mengatakan jika scalp massager juga membuat serum dan produk rambut bekerja lebih maksimal.

    Morgan sendiri menyetujuinya dan mengatakan bila menggunakan scalp massager akan meningkatkan sirkulasi darah dan juga merilis stres juga ketegangan.





    Lalu Bagaimana cara kerjanya?

    Umumnya, Anda dapat menyisir atau menyikat rambut secara lembut menggunakan scalp massager secara berlawanan ke arah kulit kepala. Beberapa alat dapat digunakan saat mandi dan rambut dalam keadaan basah, sedangkan yang elektrik tentu hanya digunakan pada saat rambut kering.

    Morgan mengatakan cara terbaik saat menggunakan alat tersebut adalah dipakai dengan gerakan memutar (circular), gunanya untuk membantu meluruhkan sisa-sisa kulit mati.

    Tidak ada batasan seberapa sering Anda baiknya menggunakan scalp massager. Morgan mengatakan jika memakainya saat mandi, akan lebih baik bila Anda memang sedang ingin menyingkirkan ketombe atau dapat membantu kalau Anda punya psoriasis. Karena sel-sel kulit mati itu akan jadi lunak ketika terkena air.

    Francesca senang merekomendasikan untuk pakai scalp massager kepada para pasiennya yang punya masalah helaian rambut tipis (thinning hair), dan menyarankan mereka untuk menggunakan sebelum mengaplikasikan serum kulit kepala. Ia menjelaskan jika pembuluh darah akan melebar saat sirkulasinya performa, sehingga membantu kulit menyerap produk lebih efisien.


    Apakah memijat membuat rambut jadi lebih cepat tumbuh?

    Jawaban singkatnya: tidak. "Tidak ada bukti spesifik yang mendukung peningkatan pertumbuhan rambut," ujar Morgan. "Namun bagaimanapun pemijatan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah," tambahnya.


    Francesca setuju, dan ia mengatakan jika ada orang yang mengalami kerontokan rambut karena buruknya sirkulasi darah, akan mendapat keuntungan saat memakai scalp massager. Ia merekomendasikan agar menggunakan serum penumbuh rambut dengan alat pemijat kulit kepala itu, supaya produknya dapat menyerap lebih baik.

    Di samping alat ini bukanlah sebuah terobosan di bidang pertumbuhan rambut, ia mengatakan jika siapa pun yang mengalami ketombe atau seborrheic dermatitis dapat keuntungan juga jika secara rutin meluruhkan minyak, kulit mati, dan sisa kotoran.

    Jadi, dikarenakan tidak ada garansi untuk menumbuhkan rambut lebih cepat, scalp massager ternyata cukup berguna jika Anda memang bertujuan untuk membuat rambut menjadi lebih sehat.


    (Penulis: Audrey Noble; Alih bahasa: Erica Arifianda; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Foto: Courtesy of Bazaar US)



    Tags : rambut







- RELATED ARTICLE -