• 25 Fakta Kim Soo Hyun, Aktor Korea dengan Bayaran Tertinggi

    People / News


    25 Fakta Kim Soo Hyun, Aktor Korea dengan Bayaran Tertinggi
    Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea

    Simak fakta-fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya dari sosok Kim Soo Hyun.


    Rupawan, bertalenta, dan penuh kharisma, mungkin itu adalah tiga kata yang paling tepat untuk menggambarkan sosok aktor kelahiran tahun 1988 ini.

    Ya, Kim Soo Hyun yang namanya telah eksis di jagat hiburan Korea sejak berperan sebagai Song Sam Dong di drama Dream High memang seolah tak kunjung bosan menunjukkan talentanya. Kini serialnya bersama aktris Seo Yae Ji sedang dalam perbincangan setiap minggunya dab tayang di Netflix, yakni It's Okay to Not Be Okay.

    Dinobatkan juga sebagai “Four new Hallyu Kings” bersama aktor Lee Min Ho, Kim Woo Bin, dan Lee Jong Suk, simak 25 fakta yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya dari sosok Kim Soo Hyun:






    1. Kim Soo Hyun lahir di Seoul pada 16 Februari 1988.

    2. Soo Hyun merupakan anak tunggal di keluarganya, dan ia tinggal dan dibersarkan oleh ibu tunggal. 

    3. Kim Soo Hyun memiliki latar belakang keluarga yang rumit. Ayahnya, Chung Hoon, adalah penyanyi utama dari band yang terkenal di era tahun ‘80-an bernama Seven Dolphins. Ayahnya meninggalkan dirinya dan ibunya ketika Kim Soo Hyun masih sangat kecil. 



    4. Kim Soo Hyun juga memiliki sepupu yang merupakan seorang sutradara film bernama Lee Sa Rang. Ia bahkan pernah bermain dalam film yang disutradarai oleh Lee Sa Rang berjudul Real yang dirilis pada tahun 2017.


    5. Pada tahun 2015, secara mengejutkan beredar berita bahwa Kim Soo Hyun memiliki saudara tiri yang juga merupakan seorang artis. Kim Joo Na yang disebut-sebut sebagai adik tirinya itu memulai debut sebagai seorang penyanyi lewat lagu OST dari drama High Society.

    Melalui agensinya, The KeyEast, Kim Soo-hyun memberikan pernyataan, menjelaskan bahwa ia sendiri juga terkejut dengan berita tersebut, namun ia mendoakan yang terbaik untuk saudara tirinya tersebut. 



    6. Soo Hyun memulai debut televisinya dengan menjadi peran pendukung dalam sitkom keluarga yang terkenal pada tahun 2007 berjudul Kimchi Cheese Smile.



    7. Namanya mulai dikenal publik setelah ia berperan dalam sebuah drama Dream High yang tayang pada tahun 2011. Beradu akting dengan nama-nama terkenal dari industri musik Korea seperti Bae Suzy Miss A, Taecyeon dan Wooyoung 2PM, Ham Eun Jung T-ara, dan IU. Berkat perannya sebagai Song Sam Dong, Kim Soo Hyun berhasil membawa pulang sederet penghargaan mulai dari Best New Actor, Popularity Actor Award, hingga Best Couple Award bersama Bae Suzy.



    8. Tidak hanya kemampuan aktingnya saja yang patut diacungi jempol, Kim Soo Hyun juga memiliki kemampuan olah vokal yang baik. Hal ini terbukti ketika ia menyumbangkan suaranya untuk original soundtrack drama Dream High berjudul Dreaming.



    Pada salah satu adegan di drama Dream High, terlihat juga Kim Soo Hyun berduet dengan IU yang berhasil memukau para penonton.


    9. Kim Soo Hyun terus menorehkan prestasi cemerlang di industri hiburan. Hampir semua serial drama yang ia bintangi ditunggu-ditunggu dan sukses di pasaran. Berikut adalah drama yang pernah Kim Soo Hyun bintangi:

    The Moon Embracing The Sun

     

    Pada tahun 2012, beradu peran dengan Han Ga In dan Jung Il Woo, Kim Soo Hyun yang berperan sebagai Raja Lee Hwon, sukses mencuri hati para penonton. Bahkan berkat perannya ini, ia berhasil meraih salah satu penghargaan paling bergengsi di Korea yaitu 48th BaekSang Arts Awards untuk kategori Best Actor.


    My Love From The Star


    Terus menantang diri dengan peran-peran yang lebih beragam, kali ini Kim Soo Hyun memilih proyek dari penulis naskah Park Ji Eun berjudul My Love From The Star. Berperan sebagai seorang alien yang telah menetap di bumi selama lebih dari 400 tahun, akhirnya ia jatuh hati dengan sosok aktris terkenal Korea Cheon Song Yi (diperankan oleh aktris kawakan Jun Ji Hyun)


    The Producers


    Berlanjut ke tahun 2015, menjadi proyek drama terakhir Soo Hyun sebelum hiatus untuk menjalani wajib militer, Soo Hyun kembali dipertemukan dengan IU dan penulis Park Ji Eun dalam sebuah drama berjudul The Producer. Drama ini sendiri berhasil mendapat respons positif dari penonton. Bahkan berakhir dengan rating yang sangat memuaskan.




    10. Kim Soo Hyun mengaku bahwa ia sangat suka dengan olahraga bowling. Ketika menjadi tamu di acara Infinite Challenge pada tahun 2017, Soo Hyun sempat memamerkan kemampuannya. Ia juga sempat bercerita bahwa di tahun 2016, bersama dengan vokalis FT Island, Lee Hongki, Soo Hyun pernah mengikuti ajang Korea Pro Bowler 22nd Prematch.

    Ia berhasil duduk di peringkat ke-33 dari total 114 kontestan. Namun sayangnya ia gagal melaju ke babak selanjutnya saat berlaga di pertandingan kedua dari laga prematch.




    11. Kim Soo Hyun resmi menjalani wajib militernya pada 23 Oktober 2017 dan berhasil menyelesaikan kewajibannya sebagai anggota dari Batalyon Pengintaian pertama pada pada 1 Juli 2019. Di upacara pelepasannya, Kim Soo Hyun disambut oleh lebih dari 300 penggemar dan 70 reporter yang telah menantikan pembebasannya di Imjingak Peace Bell, Kota Paju.


    Kim Soo Hyun terlihat menyapa para penggemar setianya dengan raut wajah bahagia.

    Pada konferensi pers yang digelar, Soo Hyun juga mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan hangat para penggemar, "Terima kasih telah datang jauh-jauh untuk menemui saya, terima kasih banyak karena telah menunggu saya."


    12. Selama menjalani masa wajib militernya, Kim Soo Hyun dikenal sebagai prajurit yang sangat giat dan disiplin. Ia bahkan berhasil meraih gelar “Special Class Soldier”.


    13. Setelah menyelesaikan wajib militer, Soo Hyun sempat tampil menjadi cameo di drama Hotel Del Luna dan Crash Landing on You, berperan sebagai CEO dari Hotel Blue Moon dan seorang agen mata-mata asal Korea Utara di Korea Selatan, kedua penampilan cameonya ini mendapat respons yang sangat positif dari pencinta drama Korea.


     14. Kim Soo Hyun menjalani sesi pemotretan bersama dengan majalah Harper's Bazaar Korea dan dirilis pada edisi Mei 2012. Dengan konsep tegas dan berwibawa, Soo Hyun berhasil menampilkan sisi lain yang belum pernah dilihat sebelumnya.



    15. Dalam sebuah wawancara, Kim Soo Hyun mengaku bahwa ia memiliki kepribadian yang sensitif dan mudah stres. Ia pun kemudian berbagi cara bagaimana ia menghilangkan stres tersebut adalah dengan banyak tidur.


    16. So Hyun juga memiliki hobi fotografi. Pada sebuah kesempatan So Hyun menyatakan kecintaannya pada dunia fotografi “Pada awalnya, saya tertarik pada dunia fotografi karena saya dapat “bersembunyi” di balik kamera, namun tanpa saya sadari akhirnya saya jatuh cinta dengan hasil foto yang saya bidik. Saya pikir hasil foto itu akan bertahan lebih lama dari apa yang Anda lihat dengan mata Anda.”

    17. Walaupun sekarang menjadi figur sukses di industri hiburan, rupanya sosok Kim Soo Hyun pernah gagal ujian masuk perguruan tinggi selama dua tahun berturut-turut.

    18. Berkat popularitas dan prestasinya, Kim Soo Hyun kerap kali didaulat sebagai brand ambassador dari perusahaan maupun organisasi bergengsi. Sebut saja ketika Kim Soo Hyun resmi ditunjuk sebagai duta besar "16th Goyang Korea Flower Show" untuk provinsi Gyeonggi bersama dengan Bae Suzy, atau ketika ia ia diangkat sebagai Duta Promosi untuk pariwisata Korea oleh Organisasi Pariwisata Korea (KTO) pada tahun 2012. Pada 24 Maret 2015, Soo Hyun juga resmi diangkat sebagai duta besar kehormatan untuk Bandara Internasional Incheon. 



    19. Selain itu sederet iklan juga pernah ia bintangi, mulai dari produk minuman, tas, hingga bank mendapuk Kim Soo Hyun sebagai bintang untuk promosi iklan mereka. 



    20. Lewat akun Instagramnya @soohyun_k216, Soo Hyun kerap kali menyapa para penggemarnya dan membagikan aktivitas kesehariannya. 



    21. Bukan suatu rahasia lagi jika sosok Kim Soo Hyun dan IU adalah sahabat dekat. Walaupun telah sembilan tahun berlalu sejak mereka pertama kali bertemu dalam drama Dream High, Kim Soo Hyun dan penyanyi serta artis cantik IU tetap membina hubungan pertemanan yang baik. Hal ini terbukti ketika pada tahun 2017 Soo Hyun sempat membintangi musik video milik IU.


    Dan baru-baru ini lewat unggahan foto di Instagramnya, Soo Hyun mengucapkan terima kasih kepada IU yang telah mengirimkan coffee truck kepada Soo Hyun di lokasi syuting drama terbarunya bertajuk It’s Okay not to be Okay.


    22. Saat ini Kim Soo Hyun sedang membintangi drama berjudul It’s Okay not to be Okay sebagai seorang asisten psikiater bersama dengan Seo Ye Ji. Ini menandai penampilan pertamanya dalam lima tahun sejak keluar dari wajib militer.



    23. Kolaborasi Kim Soo Hyun dan Seo Ye Jin dalam drama It’s Okay not to be Okay bukanlah proyek pertama yang mempertemukan kedua artis bertalenta tersebut. Faktanya, kedua artis ini sudah pernah bertemu dalam proyek iklan di tahun 2014. 


    24. Kim Soo Hyun menjadi salah satu artis Korea Selatan yang ikut berpartisipasi dalam parade donasi yang dimulai oleh banyak selebriti Korea lainnya guna melawan Covid-19 yang sedang melanda Korea Selatan dan juga dunia. Menurut pernyataaan dari Walikota Daegu, Kwon Young-jin, So Hyun telah menyumbangkan 100 juta won (sekitar satu miliar rupiah) kepada badan amal nirlaba Korea untuk menghibur dan membantu warga Daegu yang berjuang keras menghadapi dampak pandemi coronavirus. 


    25. Dikabarkan di tahun 2020, Kim Soo Hyun memegang rekor menjadi aktor dengan bayaran termahal di Korea Selatan. 200 juta won, atau sekitar dua miliar rupiah adalah jumlah bayaran yang diterima Soo Hyun untuk setiap episode penayangan drama It's Okay to Not be Okay.


    Berikut adalah 25 fakta menarik dari aktor Kim Soo Hyun, adakah fakta yang baru Anda ketahui dari sosok pria berusia 32 tahun ini?


    (Foto: Courtesy of Harper’s Bazaar Korea, AsianWiki, Soompi, Twitter @thekpopfighting, @weluvKimSoohyun, Instagram @soohyun_k216)










- RELATED ARTICLE -