• Sejauh Mata Memandang Konsisten Dukung Jakarta Bebas Plastik

    Fashion / News


    Sejauh Mata Memandang Konsisten Dukung Jakarta Bebas Plastik

    Sepanjang bulan Juli 2020 ini, Sejauh Mata Memandang akan mengedukasi masyarakat untuk berhenti menggunakan plastik.


    Menjaga kelestarian alam telah lama menjadi akar identitas label Sejauh Mata Memandang, kali ini dalam rangka menyambut keputusan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat, label Sejauh Mata Memandang akan bergerak untuk mendukung keputusan tersebut dengan mengedukasi masyarakat.

    Keputusan yang efektik pada tanggal 1 Juli 2020 tersebut, menandai dimulainya perjuangan label Sejauh Mata Memandang untuk mulai melaksanakan kampanye mereka untuk menghentikan pemakaian plastik yang akan dilangsung selama bulan Juli 2020 berlangsung.

    Menggunakan hashtag #SejauhManaKamuPeduli, Sejauh Mata Memandang akan melakukan serangkaian program edukasi yang seluruhnya berkonsentrasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mengurangi pemakaian kantong plastik sekali pakai.




    Program yang diinisiasikan oleh Sejauh Mata Memandang ini bukan kali pertama menjadi program yang berhubungan dengan edukasi masyarakat terhadap bahaya plastik sekali pakai untuk lingkungan alam terutama laut.

    Sebelumnya, Sejauh Mata Memandang juga pernah mendirikan instalasi di beberapa pusat perbelanjaan yang menampilkan kerusakan-kerusakan yang disebabkan penyebaran sampah plastik sekali pakai di laut.



    “Mendukung berbagai aksi pelestarian lingkungan sudah menjadi bagian dari kegiatan Sejauh Mata Memandang. Sejak beberapa waktu terakhir, kami sudah meluncurkan koleksi mode Sejauh Mata Memandang di waktu yang berbeda dengan mengusung pelestarian lingkungan hidup sebagai tema utama. Kami menyambut baik aksi Jakarta Bebas Kantong Plastik Sekali Pakai dengan menjadi kolaborator untuk berbagai kegiatan di bulan Juli 2020 ini. Kedepannya kami mengharapkan ada perubahan perilaku yang signifikan oleh kita semua untuk menjadi lebih bertanggung jawab dalam melakukan waste management masing-masing,” ungkap, Chitra Subyakto selaku pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang.

    Rangkaian program yang akan dilakukan oleh sang label diantaranya adalah program diskusi bersama organisasi Greenpeace tentang peraturan Jakarta tanpa penggunaan plastik sekali pakai, Instagram live bersama organisasi Diet Kantong Plastik untuk meningkatkan kesadaran agar mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, Instagram live bersama Magnifique Indonesia seputar slow fashion dan lingkungan hidup, serta menjadi kolaborator pada Pawai Bebas Plastik 2020.



    Kegiatan kemanusiaan juga turut menjadi bagian dari rangkaian program ini, yang mana tim Sejauh Mata Memandang akan memberikan donasi berupa sumbangan makanan untuk disampaikan kepada para pemulung. Aktivitas tersebut merupakan hasil kolaborasi sang label dengan komunitas The Kingdom of BGBJ, selain itu Sejauh Mata Memandang juga akan menyumbangkan hasil penjualannya untuk para pemulung di Bantar Gebang yang mana donasi awal sudah terlaksanakan pada tanggal 2 Juli 2020.

    “Produsen pakaian juga turut andil dalam menciptakan limbah produksi dan terbukti menjadi salah satu penyumbang terbesar di dunia. Bentuk kegiatan Sejauh Mata Memandang merupakan bagian dari aksi kepedulian kami terhadap keseimbangan lingkungan hidup. Besar harapan kami, untuk kedepannya akan ada lebih banyak lagi brand mode lainnya yang melakukan aksi serupa”, tutup Chitra.

    Tunggu juga, hasil karya fotografer Davy Linggar yang akan memamerkan hasil bidikannya terhadap Bantar Gebang sebagai salah satu wajah vitai kota Jakarta dan koleksi masker kain edisi khusus yang dijual demi mengumpulkan hasilnya untuk disalurkan sebagai donasi yang dapat mengakomodir makanan kepada satu pemulung selama satu bulan lamanya.


    (FOTO: Courtesy of Sejauh Mata Memandang)









- RELATED ARTICLE -