• Pergelaran Milan Fashion Week Akan Tetap Digelar Tahun Ini

    Fashion / News


    Pergelaran Milan Fashion Week Akan Tetap Digelar Tahun Ini
    Courtesy of Harper's Bazaar UK

    Di bulan September nanti, Milan Fashion Week akan tetap digelar dalam format fisik dan digital.


    Pandemi Covid-19 telah menghantam banyak acara tahunan terutama acara yang selama ini sudah lama bertandang di dalam agenda mode. Dari mulai Met Gala sampai pekan mode dunia terpengaruh dengan adanya pandemi yang kini terjadi ini.

    Namun, ada kabar baik setelah melalui berbagai macam pembahasan dan keraguan, akhirnya Milan Fashion Week dikabarkan akan terus berlangsung di bulan September ini. Tentunya dengan berbagai macam perubahan dan improvisasi termasuk format yang terbagi menjadi format show secara fisik dan digital.

    Hal ini dikabarkan oleh Camera Nazionale della Moda Italiana (CNMI) yang menyampaikan rencana mereka bersamaan dengan dirilisnya kalender jadwal Men's Fashion Week nanti yang akan dilakukan dalam format digital.




    Kabar ini mengikuti kabar yang disampaikan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode yang mengumukan rencana Paris Fashion Week juga akan tetap berjalan secara fisik.

    "Peran pekan mode dalam format digital di sini hanya diciptakan sebagai bentuk respon terhadap prosedur social distancing dan kesulitan untuk bepergian di tengah pandemi seperti ini, sehingga diciptakan pekan model digital sebagai penunjang dan solusi yang efektif dalam keadaan seperti sekarang," ungkap ketua CNMI yaitu Carolo Capasa kepada Harper's Bazaar UK.


    Pernyataan sang ketua semakin menguatkan bahwa digital fashion week tak akan menggantikan peran pekan mode tradisional namun hanya berperan sebagai penunjang. Bentuk dukungan format digital diyakini dapat membantu para tamu dan insan mode agar tetap dapat menyaksikan presentasi dan menjadi saksi terhadap craftmanship karya para rumah mode yang berbasis di Italia.

    Agenda pekan mode Milan akan dilaksanakan pada bulan September 2020 dan dikabarkan akan dibuka oleh presentasi persembahan rumah mode Fendi yang digelar dalam bentuk show fisik.

    Fendi direncanakan akan menggelar presentasinya di lokasi outdoor dan memilih Palazzo della Civiltà Italiana, Roma sebagai lokasi pergelarannya, di presentasinya kali ini Fendi juga mengumumkan bahwa mereka akan tetap mengundang sejumlah tamu. Walau begitu, Fendi juga akan merilis sebuah link eksklusif yang dapat diakses oleh semua orang agar dapat menyaksikan presentasi koleksi musim panas 2021 mereka.




    Selain Fendi, brand yang juga akan berpartisipasi adalah Dolce & Gabbana yang sebelumnya memilih untuk menggelar presentasi di luar kalender resmi Milan Fashion Week. Brand tersebut dikabarkan akan kembali mengikuti kalender Milan Fashion Week kali ini dan memperbolehkan jurnalis kembali menyaksikan presentasi mereka.

    Sejumlah brand lainnya yang dikonfirmasi akan bergerak sesuai dengan kalender resmi Milan Fashion Week saat ini adalah Etro, Bottega Veneta, dan Dsquared. Sementara itu brand lainnya masih belum mengabarkan langkah selanjutnya kecuali rumah mode Gucci yang memutuskan untuk memilih metode seasonless dan tidak mengadakan presentasi bersamaan dengan pekan mode Milan seperti biasanya.


    (FOTO: Courtesy of instagram.com/@prada, @fendi, @dolcegabbana, & @bottegaveneta)












- RELATED ARTICLE -