• 10 Judul Buku Biografi yang Mampu Mengubah Hidup Anda

    Culture / News


    10 Judul Buku Biografi yang Mampu Mengubah Hidup Anda

    Resapi setiap kata dan kisah.


    Inspirasi dapat datang darimana saja, beberapa cenderung mendapatkanya dari sisi visual di saat yang lain lebih menikmati audio. Namun, kali ini yang kita bahas adalah inspirasi yang datang dari kata-kata. Rangkaian kalimat yang menceritakan ulang sejumlah kisah deretan tokoh inspiratif yang sosoknya membawa pengaruh kepada dunia.

    Bidangnya beragam, tetapi keragaman tersebut dipersatukan oleh sebuah persamaan. Persamaan yang bercerita mengenai tokoh-tokoh berani yang tidak takut menyuarakan suaranya. Di manapun mereka berada, baik yang berasal dari dunia politik, musik, hingga akademis, seluruh kisah hidup dari para tokoh terpilih yang diulas di sejumlah judul buku berikut tidak hanya berujung sebagai sebuah makna karya literatur.

    Cerita mereka realita, bukan fiktif apalagi omongan belaka yang dituangkan si pengarang melalui tulisannya. Seluruh alur cerita buku telah terjadi di kehidupan nyata, inspirasi yang ingin mereka bagikan kepada dunia lewat cerita hidupnya masing-masing. Mari simak 10 judul buku biografi terbaik kurasi Bazaar.


    1. Becoming - Michelle Obama


    Dapat dihitung dengan jari, seorang ibu negara yang juga membawa perubahan pada masa kepemimpinan pasangannya sebagai presiden. Salah satunya tentu Michelle Obama. Melalui buku berjudul Becoming, Anda dapat menyelami lebih lagi pemikiran seorang mantan ibu negara yang selamanya mendapat tempat di hati rakyat Amerika Serikat.


    2. Steve Jobs – Walter Isaac


    Jenius mungkin terlalu biasa, tetapi karakterlah yang menjadikan seorang Steve Jobs tidak akan pernah dilupakan. Walter Issac, penulis asal Amerika mengulas lengkap kisah kehidupan tokoh berjasa dalam kemajuan teknologi saat ini.


    3. Just Kids – Patti Smith


    Anda termasuk salah satu fan fanatik Patti Smith? Jangan hanya nikmati karya musiknya, tetapi telisik juga karya sastra dari tokoh legenda dalam dunia permusikan ini. Buku berjudul Just Kids oleh Patti Smith akan membuat Anda menyelami kehidupan pribadinya yang tidak pernah terungkap publik.


    4. Educated – Tara Westover


    Tara Westover adalah seorang petualang sejati. Kisahnya bertahan hidup saat melakukan pendakian di pegunungan Idaho telah menginspirasi jutaan pembaca di seluruh dunia. Bagi Anda yang belum sempat membaca, Educated oleh Tara Westover dijamin membuka pandangan baru mengenai kehidupan.


    5. I Know Why The Caged Bird Sings – Maya Angelou


    Nama Maya Angelou tentunya tak asing lagi di telinga Anda. Ia adalah seorang penulis serta penyair ternama asal Amerika. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemikiran seorang Maya Angelou? Maka buku bertitel I Know Why The Caged Bird Sings wajib Anda baca.


    6. My Thoughts Exactly - Lily Allen


    Lily Allen mengikut jejak sejumlah rekan musisinya untuk menulis buku. Dirilis di bulan September 2018, banyak yang memuji buku berjudul My Thoughts Exactly yang merupakan karangannya sendiri. Buku ini berkisah mengenai feminism dan pro kontra kehidupan wanita dari pandangan seorang Lily Allen.


    7. Churchill: A Life – Martin Gilbert


    Bagi Anda yang tertarik dengan konflik politik, terutama di saat perang dunia kedua, wajib membaca biografi dari Winston Churchill. Perjuangannya di masa kelam tersebut diceritakan dengan lugas oleh pengarangnya yang bernama Martin Gilbert melalui buku berjudul Churchill: A Life.


    8. I am Malala: The Girl Who Stood Up For – Christina Lamb & Malala Yousafazai


    Ditulis oleh tokoh utama sendiri dan seorang rekan penulis lainnya, saat membaca I am Malala: The Girl Who Stood Up For, seketika jiwa feminis akan muncul di hati. Resapi dan biarkan kisah hidup wanita inspiratif ini juga menginspirasi Anda yang membaca.


    9. Swans: Three Daughters of China – Jung Chang


    Membahas mengenai topik utama berupa kehidupan tiga generasi wanita di Tiongkok, buku berjudul Wild Swans: Three Daughters of China jelas merupakan bacaan berisi. Buku karangan Jung Chang ini telah meraih penghargaan bergengsi, di antaranya NCR Book Award di tahun 1992 dan British Book of The Year di tahun 1993.


    10. Biografi Gus Dur – Greg Barton


    Terakhir, sekaligus juga terbaik, berasal dari dalam negeri sendiri. Buku biografi mengenai mantan tokoh pemimpin negara, Abdurrahman Wahid atau kita kenal dengan nama Gus Dur akan membuat Anda terinspirasi. Buku ini menjadi salah satu international best-seller dan tersedia dalam dua bahasa.


    (Foto: Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com, goodreads.com, amazon.com, amazon.co.uk)









- RELATED ARTICLE -