• 7 Cara Membuat Bibir Berwarna Merah Secara Alami

    Beauty / Tips


    7 Cara Membuat Bibir Berwarna Merah Secara Alami

    Langkah berikut membantu mencerahkan warna bibir yang mulai kusam.


    Sebagai salah satu aset kecantikan Anda, bibir membutuhkan perhatian khusus. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin menemukan warna bibir tak seindah dulu. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari usia, paparan sinar matahari, hingga kebiasaan yang dijalani. 

    Cara memerahkan bibir bukanlah hal yang mudah, namun bisa dilakukan secara alami. Ada juga cara memerahkan bibir yang instan seperti sulam bibir. Tetapi sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya simak dulu tujuh cara memerahkan bibir secara alami dari Bazaar berikut ini.

    1. Hindari rokok, kopi, soda, dan alkohol

    Empat hal yang disebutkan di atas bisa membuat bibir kering. Zat seperti nikotin dan senyawa lainnya yang terkandung dalam rokok, kopi, soda, dan alkohol meninggalkan bekas atau residu tak kasat mata di permukaan bibir.

    Hal ini menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang bisa membuat bibir terlihat kusam hingga menghitam. Sebaiknya Anda menghindari keempat hal tersebut untuk mendapatkan tampilan bibir merona yang alami. 


    2. Eksfoliasi bibir secara teratur

    Lakukan eksfoliasi rutin demi mendapatkan rona segar pada bibir Anda. Sel kulit mati pada permukaaan bibir bisa membuatnya terlihat tidak segar. Maka dari itu, pengelupasan secara lembut perlu dilakukan untuk mengembalikan kesegarannya.

    Anda bisa menggunakan scrub bibir yang dilansir dari berbagai merek produk kecantikan atau membuat scrub alami sendiri. Cara paling mudah membuat scrub bibir adalah mencampurkan gula dan madu lalu oleskan pada bibir dengan gerakan memutar untuk eksfoliasi ringan.

    Ini dia scrub bibir lansiran merek kecantikan ternama yang bisa dijadikan opsi.

    Lush Mint Julips Lip Scrub

    Scrub bibir satu ini dibuat dari bahan alami seperti peppermint dan ekstrak vanila yang dikombinasikan dengan kristal gula asli. Segera setelah Anda menggosok Mint Julips dengan lebut di bibir, Anda akan merasakan sensasi minyak peppermint yang membantu membersihkan kulit terkelupas.

    Ilia Balmy Nights Lip Exfoliator

    Tak perlu khawatir akan formula yang keras dengan scrub bibir alami ini. Formula bahan organik seperti beeswax, minyak biji bunga matahari, minyak wijen, bubuk biji jojoba, minyak biji jarak, minyak sayur, shea butter dan masih banyak lagi memperkaya kandungan produk eksfoliator bibir ini. Bentuknya yang menyerupai lipstik membuat aplikasi kian mudah. 

    3. Selalu bersihkan sisa lipstik

    Jika Anda suka pergi tidur tanpa membersihkan riasan, kebiasaan ini tak hanya akan berdampak buruk pada kulit wajah, tapi juga bibir. Pigmen pada lipstik terkadang terlalu kuat atau keras sehingga bisa merubah rona bibir secara perlahan.

    Bagi pengguna lipstik berwarna pekat, membersihkan lipstik sebelum tidur adalah hal wajib demi memberi ruang pada kulit bibir untuk beregenerasi saat Anda istirahat sehingga ronanya terjaga secara alami.


    4. Oleskan madu

    Saat Anda sedang santai di akhir pekan, mengoleskan madu pada bibir membantu membuat ronanya kembali segar. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu secara alami merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Jika Anda rajin melakukan kebiasaan ini, kulit bibir akan terasa lebih plumpy dan terlihat lebih merona.


    5. Hindari menjilat bibir

    Kebiasaan menjilat bibir sering dilakukan tanpa sadar saat haus atau bibir terasa kering. Namun kebiasaan ini ternyata bisa membuat bibir semakin kering dari biasanya. Kandungan yang terdapat dalam saliva kurang baik bagi kesehatan dan kelembapan bibir. Jika Anda merasa haus atau bibir terasa kering, minumlah segelas air putih untuk meredakannya.


    6. Gunakan lip balm secara teratur

    Kelembapan pada bibir menjadi salah satu faktor agar ia terlihat merah merona dan segar. Pasalnya, jika bibir kering, ia cenderung terlihat kusam dan pecah-pecah. Jangan lupa untuk selalu mengantongi lip balm favorit ke manapun Anda pergi. Bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari, pastikan pelembap bibir Anda disenjatai oleh perlindungan dari sinar UV.

    Berikut adalah pilihan lip balm yang diformulasi dari bahan alami.

    L'Occitane Shea Butter Lip Balm


    Kaya akan kandungan shea butter yang diperoleh melalui perdagangan adil, lip balm satu ini telah memiliki sertifikasi organik. Produk ini secara nyata mampu membantu melembapkan, menutirisi, dan melindungi bibir kering.

    Burt’s Bees Cucumber Mint Lip Balm


    Lip balm ini mengombinasikan mentimun, minyak peppermint, dan beeswax alami untuk memberi sensasi dingin di bibir Anda. 

    7. Asupan vitamin C yang cukup

    Tak hanya mampu mencerahkan kulit wajah, kandungan vitamin C yang cukup pun bisa membantu mencerahkan rona bibir. Pilih asupan makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah stroberi dan jeruk. Selain dari buah, vitamin C juga bisa didapatkan dari sayuran. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa memilih pelembap bibir dengan kandungan vitamin C.


    (Foto: Courtesy of puhhha©123RF.com)













- RELATED ARTICLE -